kamus bahasa Inggris

Arti Kata Literally dalam Bahasa Gaul di Kamus Bahasa Inggris

Mochamad Ikhwana

Di era milenial, kamu pasti sering mendengar ucapan yang disisipkan dengan kata literally. Terlebih kata yang berasal dari kamus bahasa Inggris ini sudah menjadi kata serapan dalam bahasa gaul ala anak Jaksel.

Akan tetapi pernahkah kamu benar-benar mencari tahu apa arti dari kata literally dalam berbagai konteks? Agar kamu tidak ketinggalan jaman dan bisa menggunakan kata gaul yang satu ini tanpa malu, pelajari arti-artinya berikut ini ya.

Berbagai Arti Kata Literally dalam Kamus Bahasa Inggris

kamus bahasa Inggris

Seperti bahasa lain pada umumnya, sebuah kata bisa memiliki banyak makna tergantung dengan konteks penggunaan. Begitu juga dengan kata literally yang sering kamu  dengar menjadi bahasa oleh para gen Z dan milenial di media sosial belakangan ini.

Ada banyak arti dan konteks yang perlu kamu tahu agar tidak salah arti. Ini beberapa arti kata literally dalam kamus bahasa Inggris yang perlu kamu tahu.

1. Menerangkan secara Harfiah

Ketika kamu menggunakan kata literally, itu artinya kamu berusaha menyampaikan jika apa yang kamu sampaikan itu bukan kiasan, melainkan fakta yang sebenarnya.

Contoh:

Harga sebuah ponsel flagship literally bisa mencapai 25 juta.

Penggunaan arti kata literally di kalimat tersebut menunjukkan jika memang benar sebuah ponsel bisa berharga Rp25 juta dan bukan pengandaian saja.

2. Menunjukkan Sesuatu yang Mengejutkan atau di Luar Ekspektasi

Arti kedua penggunaan kata literally dalam Bahasa Inggris adalah menunjukkan sesuatu yang ‘wah’. Orang tidak akan mengira kamu melakukan kegiatan yang kamu terangkan dengan kata literally karena di luar dugaan.

Contoh: 

Aku tuh literally sampai belajar 20 jam demi bisa lulus ujian.

Pada contoh di atas, kata literally menekankan aksi belajar 20 jam yang orang pada umumnya tidak akan menyangka ada yang akan benar-benar melakukannya.

3. Menunjukkan Akurasi Sesuatu atau Seseorang

Mirip dengan tafsir pertama, arti kata literally juga bisa menunjukkan bahwa apa yang kamu ucapkan itu akurat. Akurat di sini artinya tidak kurang atau lebih. Biasanya kamu menggunakan angka untuk menunjukkan akurasi dari data yang kamu ucapkan atau tulis.

Contoh:

Seorang manusia dewasa literally membutuhkan tidur 6-8 jam sehari untuk hidup sehat.

Dalam contoh di atas, kamu bisa melihat penggunaan kata literally adalah untuk menunjukkan akurasi seorang manusia dewasa masuk kategori hidup sehat jika tidur 6-8 jam.

Meskipun menunjukkan akurasi, ini tidak berarti kamu bisa menggunakan kata ini dalam bahasa tertulis dalam bahasa Indonesia untuk konteks formal.

Hal ini karena kata literal merupakan bagian dari kamus bahasa Inggris serapan dan tidak masuk bahasa baku jika kamu campur dengan bahasa Indonesia yang formal. 

4. Menunjukkan Ekspresi Berlebihan atau Hampir Tidak Mungkin

Jika dalam arti kedua menunjukkan arti yang tidak disangka namun benar-benar terjadi, maka dalam konteks lain, bisa menunjukkan makna berbeda. 

Perbedaannya adalah konteks ini menunjukkan sesuatu yang tidak mungkin atau di lebih-lebihkan. Biasanya untuk menunjukkan kesungguhan, keseriusan, dan juga suatu hal yang orang anggap tidak masuk akal.

Contoh:

Andi literally sampai bilang dia mau menggapai bulan kalau itu bisa membuat istrinya bahagia.

Dalam kalimat pada contoh, literally artinya apa bisa kamu lihat bahwa Andi tidak benar-benar akan menggapai bulan karena hal itu tidak masuk akal.

Namun arti sebenarnya adalah Andi mau berkorban banyak demi membahagiakan istirnya.

5. Memberikan Keterangan pada Objek

Seperti halnya fungsi kata literally dalam bahasa Inggris, kata ini juga memberikan keterangan pada objek. Keterangan pada objek menunjukkan bahwa keterangan berikutnya benar adanya.

Contoh:

Jarak rumah Andi dan Bagas hanya 5 meter, literally.

Dari contoh di atas, kata literally menjelaskan objek jarak rumah yang hanya 5 meter itu benar apa adanya. Jadi kamu bisa menggunakan kata ini jika ingin menjelaskan suatu objek dalam percakapanmu.

Apa Beda Kata Literally dalam Pemakaian Bahasa Gaul dan Bahasa Inggris?

kamus bahasa Inggris

Dalam kamus, kata literally memiliki arti ‘secara harfiah’ dan beberapa makna dalam konteks lainnya. Penggunaannya sebagai kata serapan dalam bahasa gaul Jaksel tidak berbeda jauh fungsinya.

Hanya saja penggunaannya dalam setiap kata pada bahasa gaul menjadi lebih luas  Anak muda zaman sekarang juga suka menyelipkan kata ini dalam kalimat apa pun. Banyak juga yang justru menggunakan kata ini untuk menunjukkan makna kiasan, yang bertolak belakang dengan arti kata harfiah yang sebenarnya.

Tidak hanya itu, penggunaan kata literally yang bercampur di dalam kamus Inggris gaul sifatnya informal. Dalam penulisan baku tidak diperbolehkan.

Akan tetapi dalam bahasa Inggris sepenuhnya, kata literally tetap bisa diterima dalam bahasa tertulis resmi.

Kapan Bisa Menggunakan Kata Literally dalam Percakapan?

kamus bahasa Inggris

Jika dalam konteks berbahasa gaul ala anak Jaksel, kamu bisa menggunakan kata ini kapan saja, sebab bahasa tutur beda dengan bahasa tulisan. Selama kamu ingin menggunakan fungsi-fungsi dari kata literally, kamu bisa menyisipkan ini dalam percakapan.

Tentu saja hal ini perlu kamu sesuaikan dengan intonasi dan penyusunan kalimat yang sesuai. Jika dalam percakapan kamu selalu menggunakan kata ini, maka kalimat kamu jadi terkesan berlebihan dan tidak memiliki fakta di dalamnya.

Apa Saja Kata Bahasa Gaul Lainnya?

Selain literally, ada juga kata-kata serapan lainnya yang sering orang pakai ala bahasa Jaksel.

Kata-katanya ada dalam daftar berikut.

1. Which Is

Pasti kamu familirr dengan penggunaan frasa ini. Dalam bahasa Inggris, frasa ini berfungsi menyambungkan dua kalimat. Satu kalimat sebagai penerang dan satunya lagi adalah kalimat sebagai yang diterangkan.

Artinya adalah ‘yang mana’

Contoh:

Aku literally suka banget es krim goreng, which is es krim yang dibalut roti dan di goreng.

Contoh “which is” di sini menjelaskan seperti apa es krim goreng itu dan terbuat dari apa.

2. FYI

Kata bahasa Inggris yang sering didipkan dalam bahasa gaul kekinian adalah FYI, yang merupakan singkatan dari For Your Information. Kata ini merujuk untuk menunjukkan informasi pada kalimat yang kamu ucapkan selanjutnya.

Contoh:

FYI, mulai tanggal 31 Januari, film terbaru akan rilis di bioskop, lho.

Dari contoh di atas, FYI bersifat memberi tahu bahwa kalimat selanjutnya mengandung informasi yaitu informasi mengenai tanggal 31 Januari akan rilis film terbaru.

3. TBH

Ada yang pernah mendengar kata TBH? Kata yang satu ini merupakan singkatan dari to be honest.

Kata ini merujuk bahwa kamu ingin mengatakan suatu hal yang sebenarnya kamu rasakan. Selain itu ini juga menunjukkan bahwa pikiran kamu yang sebenarnya tidak sama dengan yang orang lain pertama lihat dan tahu.

Contoh:

Tbh, meskipun aku suka bola, aku tidak terlalu tahu mengenai nama-nama pemain sepak bola.

Di sini kamu bisa mengetahui bahwa pembicara secara jujur mengakui dia tidak terlalu tahu dengan nama-nama pemain bola. Hal ini bertentangan dengan fakta pertama bahwa ia seorang yang menyukai olahraga sepak bola.

Itu dia arti kata literally dalam bahasa gaul dan berdasarkan kamus bahasa Inggris. Ada juga kata-kata lain yang kamu bisa gunakan jika ingin terdengar gaul ala anak Jaksel. Selamat mencoba.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment