5 Trik Rahasia Android yang Harus Kamu Ketahui

Indonesia berada di posisi keempat sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Di atasnya ada China, India, dan Amerika Serikat. Sebanyak 192,15 juta pengguna ponsel pintar sepanjang tahun lalu.

Dari jumlah itu, sebagian besar adalah pengguna Android. Jadi bisa dibilang Android jauh lebih populer di kalangan masyarakat saat ini. Namun apa Anda tahu bahwa ada trik rahasia Android yang belum diketahui?

Berbagai fitur dari Android tentu mempunyai banyak keuntungan bagi para penggunanya itu sendiri. Bila dulu masyarakat hanya bisa mendengar suara saja melalui ponsel, namun sekarang sudah bisa melihat wajah juga melalui berbagai macam fitur.

Semakin canggih ponsel yang digunakan, maka ada semakin banyak hal yang dapat dilakukan. Apalagi jika ponsel sudah didukung Android dan memunculkan fitur-fitur baru yang seru dan juga menarik.

Trik Rahasia Android yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang merupakan pengguna Android, ternyata ada beberapa trik rahasia Android yang mungkin Anda belum ketahui sebelumnya.

Pada dasarnya memang setiap tipe Android memiliki fitur tersendiri dan juga cara penamaannya yang berbeda-beda. Inilah trik rahasia Android yang harus Anda ketahui.

1. Mengembalikan Notifikasi atau Pemberitahuan yang Sudah Hilang

Notifikasi selalu muncul di ponsel Anda bila ada mengaktifkan mode notifikasi. Ketika notifikasi tersebut muncul, beberapa orang biasanya tidak langsung menggeser notifikasi tersebut untuk hilang ataupun terhapus di ponsel Anda.

Bahkan terkadang notifikasi yang muncul di layar ponsel mengganggu dan dirasa tidak penting. Jadi harus dihilangkan agar tidak mengganggu aktivitas. Kalau notifikasi tersebut memang penting namun sudah dinonaktiifkan, bagaimana cara mengembalikannya? Teryata ada trik mudahnya.

Anda hanya perlu mengetuk dan menahan layar ponsel Anda di beranda kosong. Setelah itu pilihlah menu widget dan mencari menu shortcut di dalamnya. Kemudian Anda memilih Notification Log pada menu yang muncul. Notifikasi yang hilang tersebut muncul kembali di layar ponsel Anda.

2. Nonton Video YouTube di Background atau Dilakukan secara Minimize

Aplikasi video YouTube masih sangat populer hingga saat ini. Di sisi lain, para penggunanya belum bisa menonton video melalui background atau minimize video. Hal ini dilakukan ketika Anda sambil melakukan aktivitas lainnya seperti scrolling fitur lainnya di ponsel atau juga multitasking.

Ternyata untuk melakukan itu semua bisa kok. Caranya menggunakan aplikasi Autobeat Player. Aplikasi ini bisa membuat video YouTube tetap berputar meskipun dalam minimize. Selaitu itu juga, ada fitur untuk memodifikasi ukuran video lalu bisa meletakkan di layar ponsel Anda. Dengan begitu Anda masih bisa melakukan multitasking.

3. Game atau Permainan Rahasia Android

Seperti yang diketahui, game-game sekarang yang tersedia di Google Play Store semakin keren dan canggih. Baik itu game gratis maupun game berbayar sudah bisa Anda mainkan pada ponsel dan smartphone Android.

Ternyata dalam ponsel dan juga smartphone berbasis Android terdapat game rahasia yang berada di dalamnya. Untuk memainkannya, Anda membuka menu Settings lalu pilih menu About. Setelah itu, Anda harus klik cepat pada Android Version.

Ketika ada lambing kecil yang sudah terlihat, maka Anda harus mengklik kembali dengan cepat. Mini-game pun muncul pada layar ponsel Anda. Selamat mencoba dan memainkannya!

Baca Juga :  Google Merilis Fitur Peringatan Serangan Udara Untuk Pengguna Android Di Ukraina

4. Kontrol Android dengan Smartphone Lain Tanpa Kuota Internet

Trik rahasia Android berikutnya adalah Anda bisa mengontrol smartphone Anda sendiri dari smartphone lainnya atau ponsel biasa saja. Hebatnya, Anda bisa mengontrolnya tanpa harus melalui koneksi maupun kuota internet.

Dengan aplikasi Memote, Anda bisa mengendalikan dan mengontrol smartphone dari smartphone lainnya. Namun harus diingat nomor handphone atau smartphone sudah terverifikasi dengan aplikasi tersebut.

Cara mengendalikannya sangat mudah dan simpel. Anda hanya menggunakan SMS yang isi pesannya sudah diatur dari aplikasi Memote.

5. Menemukan Ponsel atau Smartphone yang Hilang

Beberapa orang sudah tidak asing dengan fitur satu ini, namun masih ada juga yang belum tahu mengenai fitur ini. Barangkali termasuk Anda yang juga belum tahu. Fitur ini sangat berguna ketika Anda kehilangan ponsel atau smartphone Anda.

Untuk mengaktifkan fitur Android ini sangat mudah dan sederhana. Caranya Anda harus membuka menu Settings kemudian memilih Security dan juga Device Administrator.

Setelah itu, Anda harus mengklik kotak Android Device Manager, Allow remote lock and erase, serta Remotely locate this device. Kalah sudah selesai, fitur ini sudah aktif.

Masih Banyak Trik Rahasia Android Lainnya yang Patut Dicoba

Sebenarnya selain lima trik rahasia Android yang dibahas sebelumnya, masih banyak trik-trik lainnya yang bisa Anda coba melalui smartphone Android.

Ada juga cara mengunci otomatis pada layar pada suatu aplikasi tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang sebuah password di aplikasi yang menurut Anda itu sangat penting dan tidak boleh dibuka siapa pun selain diri Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar privasi Anda tetap terjaga.

Selain itu Anda juga bisa memperbesar layar smartphone Android. Fitur ini ternyata belum banyak diketahui para pengguna Android. Padahal fitur tidak kalah penting. Kalo bagi usia produktif, pembesaran layar tidak jadi masalah, namun untuk para pengguna yang berusia lanjut, fitur ini sangat penting.

Terakhir, ada juga fitur yang membuat para pengguna Android bisa mengetahui berbagai macam informasi tanpa harus mengetahuinya. Apalagi masyarakat Indonesia rata-rata masih malas untuk membaca apalagi jika materi tersebut sangat panjang dan tulisannya kecil-kecil. Sayangnya fitur ini tidak ada di setiap handphone atau smartphone berbasis Android.

Fitur Rahasia Android

Selain trik rahasia, Android juga mempunyai banyak fitur rahasia yang jarang para penggunanya ketahui. Apalagi Android menjadi sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan masyarakat dibandingkan dengan iOS.

Maka tidak heran ada beberapa fitur yang jarang diketahui karena memang tersembunyi dan kurang familier di telinga para pengguna Android. Lalu apa saja fiturnya?

1. Transfer data atau file melalui Wi-Fi Direct

Jika mendengar kata Wi-Fi pasti itu WiFi hotspot pada umumnya. Namun tidak demikian untuk Wi-Fi Direct. Seperti Bluetooth, Wi-Fi Direct berguna untuk mentransfer segala macam file tanpa harus terkoneksi dengan internet.

2. Screen Prinning

Jika Screen Prining diaktifkan, maka layar ponsel yang Anda gunakan sedang terkunci meskipun Anda mengklik tombol Back atau Home sekalipun.

3. Split Screen

Split Screen digunakan ketika Anda sedang melakukan video call dan di sisi lainnya Anda juga bisa membalas pesan maupun chat pengguna lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa trik rahasia Android yang wajib Anda ketahui dan coba terutama para pengguna smartphone maupun handphone biasa berbasis Android.

Fitur-fitur ini sebenarnya ada dalam ponsel Anda namun Anda pasti tidak sadar dan tidak tahu cara mengaktifkannya. Ada fitur mengenai mengembalikan notifikasi hilang, game rahasia Android, hingga bisa menemukan ponsel yang hilang tentunya.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di Android

Selamat mencoba dan mengaktifkan trik-trik rahasianya!

Leave a Comment