cara merawat laptop
cara merawat laptop| Gambar: Pixabay

10 Cara Merawat Laptop Kamu Agar Tetap Awet

Mochamad Ikhwana

Cara merawat laptop agar tetap awet penting kamu ketahui agar perangkat kerja yang kamu miliki bisa bertahan lama. Seperti yang kita ketahui, laptop telah menjadi perangkat kerja harian yang sangat penting. Saat laptop rusak, pekerjaan kita bisa terhambat. Oleh karena itu, merawat laptop wajib kamu lakukan.

Dengan perawatan yang tepat, laptop milikmu bisa awet sampai bertahun-tahun, loh. Cara merawat laptop agar tetap awet juga tidak sulit dilakukan. Yah, dibandingkan dengan merawat komputer, merawat laptop tergolong lebih mudah karena komponen pada laptop semuanya sudah jadi satu. 

Namun, laptop jauh lebih sensitif dibandingkan komputer. Jika tidak dirawat dengan baik, maka laptop milikmu akan sering berurusan dengan tukang service. Hal ini tentu akan mengeluarkan lebih banyak biaya.

Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar Awet?

Nah, apakah kamu ingin laptopmu awet dan bisa digunakan untuk waktu lama? Sebenarnya, caranya sangat mudah, loh. Berikut cara merawat laptop agar awet:

1. Jauhkan Makanan, Minuman, dan Cairan

Cairan atau remah roti juga bisa membuat keyboard laptop rusak. Nah, salah satu cara merawat laptop agar awet adalah menjauhkannya dari makanan dan minuman. Jika kamu ingin minum atau makan sembari bekerja, pastikan untuk menyimpan cangkir minum cukup jauh dari laptop sehingga jika terjadi tumpahan, cairan tidak langsung masuk ke keyboard laptop.

Kamu bisa mengatur jarak makanan dan minuman sejauh 20 hingga 30 centimeter dari laptop. Cara lainnya adalah menggunakan dudukan laptop agar mesin terangkat sehingga menjauhkannya dari cairan dan makanan. Dengan cara ini remah-remah atau cairan tidak akan langsung jatuh ke keyboard.

2. Siapkan alat pembersih laptop

Sangat penting untuk membersihkan laptop secara teratur. Pastikan untuk memberi perhatian khusus pada keyboard, panel sentuh, permukaan layar, dan ventilasi. Kamu bisa menyiapkan kain microfiber lembut untuk membersihkan layar laptop, dan selalu sediakan wadah berisi alkohol 75%, sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai desinfektan saat menyeka layar atau keyboard.

Kamu juga disarankan menyiapkan sikat kecil yang lembut dan penyeka kapas untuk membersihkan keyboard. Kuncinya adalah memastikan semua produk sesuai untuk perawatan laptop, karena menggunakan produk yang salah dapat menggores permukaan laptopmu. Jika kamu kebingungan, kamu bisa membeli kit pembersih laptop yag banyak tersedia di toko.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Baterai Android Kamu Agar Awet dan Tahan Lama

3. Pastikan bagian dalam laptop bersih

Jika laptop Windows memiliki hard drive dan bukan solid state drive (SSD), pertahankan kinerjanya yang paling efisien dengan mendefragmentasi sebulan sekali menggunakan alat pengoptimalan disk. Secara default, Windows 10 bisa mendefrag otomatis setiap minggu. 

Namun, kamu dapat melakukannya sendiri jika merasa performa laptopmu berjalan lambat. Kamu juga bisa membersihkan bagian dalam laptop dengan menghapus file dan folder yang tidak diinginkan dan hapus instalan aplikasi yang tidak kamu gunakan. Kamu juga bisa menambahkan RAM. 

Ketika komputer kamu memiliki lebih sedikit item untuk dicari dan lebih banyak RAM untuk digunakan, beban pada bagian-bagiannya berkurang dan itu akan membuat laptop bertahan lebih lama.

4. Selalu Perbarui Software

Pastikan untuk selalu memperbaiki software laptop milikmu. Aplikasi dan sistem yang kedaluwarsa dapat membuat laptop berjalan lebih lambat dan menyebabkan masalah kompatibilitas. Kamu juga bisa terkena masalah keamanan dan menghambat kinerja laptop

Oleh karena itu, kamu perlu mengaktifkan pembaruan otomatis atau memeriksa sendiri pembaruan secara berkala. Untuk memastikan sistem Windows yang ada di laptopmu mutakhir, buka Pengaturan, lalu Perbarui & Keamanan, kemudian pilih Pembaruan Windows; lalu klik Periksa Pembaruan.

Untuk memperbarui aplikasi laptop secara otomatis, kunjungi Microsoft Store. Di sudut kanan atas antarmuka, pilih menu akun (tiga titik) lalu pilih Pengaturan. Di bawah Pembaruan aplikasi, atur Perbarui aplikasi secara otomatis ke posisi Nyala.

5. Hapus Aplikasi dan File yang Tidak Digunakan

Banyak orang mengeluhkan laptop mereka menjadi lebih lambat dari waktu ke waktu. Salah satu penyebab utama yang menyebabkan laptop melambat adalah kelebihan muatan yang dihasilkan dari terlalu banyak aplikasi di perangkat.

Untuk menghindari masalah umum ini, kamu perlu menyortir aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan dan hapus saja aplikasi yang tidak digunakan. Tinjau secara teratur daftar aplikasi yang terinstal di laptop milikmu. Jika kamu mengidentifikasi aplikasi yang tidak digunakan, segera hapus instalannya. 

6. Jaga laptop agar tidak sampai jatuh

Jangan membenturkannya atau menjatuhkannya laptop ke lantai atau meletakkan benda-benda di atasnya. Meski laptop milikmu punya desain yang kuat, bagian kecil di bawah casing tidak terlalu kokoh. Hindari juga membawa laptop dengan layar terbuka karena engselnya bisa rusak. Sebab, engsel laptop tidak dibuat untuk menahan banyak beban.

7. Gunakan charger laptop original

Pengisi daya baterai laptop yang dibuat oleh pabrikan asli harus melewati pemeriksaan kualitas yang ketat untuk memastikan bahwa listrik yang disediakan tidak merusak laptop. Jika kamu menggunakan charger laptop palsu, hal itu berpotensi besar merusak laptopmu.

Pengisi daya yang tidak diproduksi oleh pabrikan aslinya biasanya tidak melalui pemeriksaan ketat dan bisa memasok voltase yang dapat membahayakan laptop.

Baca juga: Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

8. Gunakan cooling pad

Semakin dingin suhu laptop, maka semakin baik performanya. Jadi, jangan biarkan suhu laptop terlalu pasar karena bisa merusak prosesornya dan membuat laptop tidak bisa berfungsi optimal. Untuk mengantisipasinya, gunakan cooling pang.

Alat ini bisa mentransfer panas secara efisien dari permukaan laptop dan  menjaganya tetap dingin. Kamu juga disarankan untuk menyimpan laptop di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari langsung.

9. Gunakan antivirus

Tak hanya berpengaruh positif pada software, penggunaan antivirus juga penting untuk menjaga hardware laptop. Jika laptop memiliki banyak virus tentu akan membuat kinerjanya semakin melambat.

Sebab, ada jenis virus yang membuat beban kerja prosesor bertambah besar dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan, Jika ini terus terjadi, bisa bisa dapat menyebabkan kerusakan pada processor laptopmu.

10. Hindari meletakan laptop diatas permukaan empuk seperti kasur

Saat laptop dalam kondisi menyala, hindari meletakkannya di bawah permukaan yang empuk seperti kasur. Sebab, hal itu akan membuat hawa panas dari laptop sulit ke luar.

Dalam kondisi menyala laptop akan terus mengalirkan hawa panas dari berbagai komponen di dalamnya. Oleh karena itu, kamu sebaiknya meletakan laptop yang sedang menyala di atas permukaan keras seperti meja.

Nah, itulah 10 cara merawat laptop yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Merawat laptop dengan baik merupakan hal penting yang harus dilakukan agar laptopmu tidak selalu berurusan dengan tukang service. Jika kamu bisa merawat laptop dengan baik, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk sering-sering membeli laptop baru.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment