mengatasi black screen komputer
mengatasi black screen komputer| Gambar: Pixabay

5 Cara Jitu Mengatasi Masalah Black Screen Komputer

Mochamad Ikhwana

Butuh cara mengatasi black screen komputer? Bagi pengguna komputer, black screen adalah salah satu masalah yang paling menantang karena tidak akan memberikan kode atau pesan kesalahan yang dapat kita gunakan untuk menentukan penyebabnya. Karena itu, kita akan sulit untuk mencari cara mengatasi black screen komputer. 

Black screen bisa membuat komputer macet dan hanya menampilkan layar hitam. Hal ini juga bisa membuat perintah atau petunjuk tombol tidak berfungsi, dan PC menjadi tidak responsif.

Penyebab black screen sebenarnya beragam. Namun, hal ini biasanya terjadi karena kesalahan sistem yang bertentangan dengan protokol sistem operasi (OS) komputer sehingga menyebabkan kegagalan fungsi. Hal ini memaksa PC mati secara keras, yang dapat mempengaruhi kondisi komputer jika terlalu sering terjadi.

Dalam skenario terburuk, memaksa komputer untuk mati secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan file atau kerusakan perangkat keras. Akibatnya, komputer tidak bisa digunakan dan kita terpaksa harus membeli baru. 

Penyebab Black Screen Pada Komputer

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya black screen pada komputer, berikut di antaranya:

1. Masalah koneksi dengan monitor

Terkadang, black screen terjadi karena koneksi terputus antara komputer dan monitor layarnya. Hal ini sering terjadi pada pengguna desktop yang secara tidak sengaja mencabut kabel dari port yang sesuai, baik di casing komputer, monitor itu sendiri, atau keduanya. Ini juga bisa terjadi saat menggunakan monitor eksternal untuk laptop, terutama jika kabelnya rusak.

2. Menampilkan masalah perangkat/adaptor

Perangkat tampilan atau adaptor video yang rusak juga dapat mencegah komputer menampilkan gambar, yang memicu layar hitam. Ini sering terjadi ketika PC menghasilkan suara secara normal tetapi tidak dapat memproyeksikan visual apa pun.

Perangkat layar adalah peralatan eksternal yang menghasilkan keluaran visual, seperti monitor LCD. Di sisi lain, adaptor video adalah perangkat keras khusus – seperti kartu grafis – yang membuat gambar tersebut sebelum mengirimkannya ke perangkat layar.

3. Pembaruan sistem atau penginstalan aplikasi yang salah

Pembaruan sistem lengkap atau penginstalan perangkat lunak baru juga dapat menyebabkan kesalahan layar hitam. Ini biasanya terjadi karena perintah atau pengkodean yang bertentangan yang mungkin mengganggu pemrograman utama komputer, akibatnya mengganggu beberapa proses penting.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Virus di Komputer

Bagaimana Mengatasi Masalah Black Screen Komputer?

Mengatasi masalah black screen komputer sebenarnya mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Berikut cara mengatasi masalah black screen komputer:

  • Periksa masalah koneksi

Jika masalah terjadi sebelum masuk ke Windows 10, kemungkinan ada masalah dengan sambungan antara komputer dan layar. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan memeriksa ulang sambungan fisik, memastikan kedua ujung kabel sinyal video tersambung dengan benar di port masuk dan keluar yang benar.

Melepaskan dan menyambungkan kembali kabel video dan menggoyangkan mouse juga dapat membantu menghidupkan layar. Kamu juga harus memeriksa kembali monitor untuk memastikannya menerima daya. 

Jika perangkat memiliki kartu grafis diskret dan terintegrasi, kamu dapat mencoba beralih ke kartu video terintegrasi untuk menentukan apakah masalahnya adalah kartu diskrit. Jika kamu baru saja memperbarui UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) atau BIOS (Basic Input/Output System), ini terkadang dapat menonaktifkan kartu grafis diskrit, yang hanya dapat kamu aktifkan lagi dari firmware motherboard.

Saat kamu menyambungkan ke monitor eksternal, buka panel kontrol di layar untuk meningkatkan kecerahan guna mengatasi masalah black screen. Sebaiknya periksa apakah monitor menggunakan input yang benar. Jika masalah terjadi pada laptop, gunakan tombol fungsi pada keyboard untuk menambah kecerahan layar.

Biasanya, kamu perlu menekan tombol Fungsi (Fn) dan salah satu tombol fungsi seperti F8 atau F10. Kamu juga dapat mencoba menyambungkan monitor ke komputer lain atau menggunakan kabel video lain untuk menentukan apakah ada layar, kartu grafis, atau kabel rusak.

  • Mendeteksi tampilan

Mengatasi black screen komputer juga bisa dilakukan dengan mendeteksi tampilan. Black screen juga bisa terjadi karena sistem operasi komputer kehilangan koneksinya dengan layar. Kamu bisa mencoba menekan tombol Windows + Ctrl + Shift + B untuk memulai ulang driver video dan menyegarkan koneksi dengan monitor.

Pada perangkat tertentu, kamu dapat membangunkan layar dengan menekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan sebanyak tiga kali (dengan cepat). Lalu akan muncul  aktivitas di layar yang menunjukkan bahwa sistem operasi komputer dapat merespons perintah dan sedang mencoba membuat koneksi baru. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan pintasan keyboard “tombol Windows + P” untuk membuka menu flyout “Proyek”. 

Kemudian tekan tombol P lagi dan tombol Enter untuk menggilir mode tampilan yang berbeda untuk melihat apakah layar hitam menghilang. (Kamu perlu mengulangi langkah-langkah tersebut empat kali untuk memungkinkan melewati semua mode yang memungkinkan).

Jika black screen masih muncul, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 10 detik untuk mematikan perangkat. Kemudian tekan tombol daya lagi untuk memulai kembali.

  • Roll back driver/adaptor tampilan melalui Safe Mode

Kamu bisa mengatasi black screen komputer dengan restart komputer dalam Safe Mode. Hal ini diperlukan untuk mengembalikan (roll back) driver adapter display ke versi sebelumnya dengan aman. Setelah mem-boot PC dalam Safe Mode, buka Search bar dan ketik Device Manager. Lalu pilih program Device Manager, dan temukan Display Adapters.

Di bawah tab Adaptor Tampilan, semua adaptor tampilan PC saat ini akan ditampilkan (mis., Intel HD 4000, Nvidia RTX 3060). Kemudian klik kanan adaptor tampilan yang diduga menyebabkan masalah layar hitam, lalu buka Properti. Setelah itu, temukan tab Driver, pilih Roll Back Driver, dan tekan “Yes” untuk menjalankan proses. Setelah proses selesai, kamu bisa hidupkan ulang komputer.

Baca juga: 6 Tips Cara Memperbaiki USB yang Tidak Terdeteksi

  • Restart Komputer

Cara paling mudah mengatasi black screen komputer adalah melakukan restart komputer. Terkadang, restart komputer bisa menjadi solusi sederhana untuk semua error yang terjadi di perangkat. Jika Anda tidak dapat me-restart komputer dengan cara biasa, coba akses tombol power dengan menekan Ctrl + Alt + Delete.

Cara ini akan memunculkan sebagian besar layar kosong yang menampilkan daftar opsi, dengan tombol daya di pojok kanan bawah. Jika cara ini tidak berhasil, tekan dan tahan tombol daya hingga komputer mati. Setelah itu, coba boot komputer secara normal. 

  • Update, reset, atau hapus aplikasi

Dalam beberapa kasus, aplikasi bisa menjadi penyebab black screen komputer. File Explorer di Windows juga dapat menyebabkan masalah layar hitam. Jika itu terjadi, kamu harus mencoba me-restart Explorer, terutama jika black screen muncul setelah login. Jadi, kamu harus membuka Pengelola Tugas, yang mungkin dapat kamu akses dengan menekan Ctrl + Alt + Hapus.

Kamu juga bisa mengakses Task Manager untuk me-restart Explorer dengan memilih Windows Explorer di jendela Task Manager dan mengklik Restart. Jika restart Explorer tidak berfungsi atau tidak memungkinkan, kamu harus mengonfirmasi bahwa Explorer disertakan dengan benar dalam pengaturan Winlogon di registry. Kamu dapat melakukan ini dalam Safe Mode, jika perlu. Buka Registry Editor dan arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon.

Dari sana, pastikan bahwa data Nilai untuk nilai Shell di bawah subkunci Winlogon diatur ke explorer.exe. Jika black screen muncul setelah penginstalan aplikasi baru, kamu mungkin perlu menghapus instalan aplikasi tersebut dalam Safe Mode.

Setelah mengakses safe mode, gunakan opsi Aplikasi & fitur untuk menghapus aplikasi. Jika black screen mencegah akses ke Safe Mode, kamu dapat mengakses command prompt melalui WinRE. Untuk menghapus instalan aplikasi dengan cara ini, kamu dapat menggunakan utilitas Windows Management Instrumentation Command line (WMIC).

Cara mengatasi black screen komputer tersebut sekilas terlihat rumit. Namun jika kamu mempraktekannya langsung, kamu akan merasa mudah. 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment