10 Aplikasi yang Dapat Menghubungkan Android dengan Laptop

Mochamad Ikhwana

Handphone (HP) dan Smartphone sudah menjadi peralatan wajib dan penting yang dimiliki masyarakat sekarang ini. Apalagi sekarang sudah banyak fitur-fitur yang canggih dan mumpuni di dalam HP tersebut dan hebatnya juga bisa terkoneksi langsung dengan laptop. Jadi tidak heran jika banyak aplikasi menghubungkan Android dengan laptop selain iOS tentunya.

Aplikasi-aplikasi Android pastinya sangat menunjang untuk tugas, pekerjaan, bisnis, dan aktivitas-aktivitas harian lainnya. Akan lebih bagus lagi jika sudah dihubungkan langsung dari HP ke komputer (PC) atau laptop Anda. Dari layar yang dilihat kecil menjadi besar karena berada di laptop. Kemudian pemakaian juga jauh lebih praktis dan mudah.

Namun, tidak semua aplikasi Android bisa terkoneksi langsung dengan PC atau laptop Anda. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang software dan sistem operasinya tidak sesuai dengan laptop. Jadi harus Anda pastikan apakah aplikasi yang ingin Anda install itu cocok dengan sistem operasi yang ada di laptop atau tidak.

Rekomendasi Aplikasi Menghubungkan Android dengan Laptop

Menghubungkan Android dari HP ke PC biasanya dilakukan untuk presentasi, memperlihatkan berbagai macam foto, menonton film, hingga bermain game.

Berikut ini ada rekomendasi beberapa aplikasi menghubungkan Android dengan laptop yang bisa Anda coba dan praktekkan. Apa saja itu?

1. Pushbullet

Pushbullet merupakan aplikasi berkaitan tentang transfer file. Nantinya Anda dapat mengakses segala pemberitahuan atau notifikasi dari smatphone Android dan muncul di laptop. Jadi Anda tidak perlu memeriksa HP lagi untuk melihat notifikasi ketika alert notifikasi berbunyi.

Selain itu, Anda juga bisa mengirim gambar, file, link, hingga alamat Google Maps melalui aplikasi Pushbullet. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mentransfer file dengan cepat dan mudah. Anda juga tidak perlu repot-repot lagi colokin kabel data penghubung HP dengan laptop. Bila dalam keadaan jarak jauh, Anda cukup mengaktifkan Remote File saja.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Pushbullet dapat diunduh secara gratis via browser laptop atau PC Anda. Sayangnya, jika Anda tidak membeli yang versi Premium, Pushbullet hanya bisa membatasi Anda untuk mengirim 100 pesan saja per bulan. Kalau Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa membayar tarif sebesar Rp60 ribuan per bulan dan juga Rp500 ribuan per tahunnya.

2. Cortana

Untuk menggunakan aplikasi Cortana, laptop Anda harus memiliki sistem operasi Windows 10 Anniversary dan harus diupdate terlebih dahulu.

Cortana merupakan aplikasi di mana segala notifikasi HP berbasis Android Anda bakal muncul di laptop. Jadi ini harus mengandalkan asisten virtual suara yang dipoles Microsoft yaitu Cortana. Anda juga bisa mengontrol smartphone dari laptop atau komputer hanya dengan memerintahkan suara saja.

3. Chrome Remote Desktop

Bila sedang berada di luar kantor tapi ada hal yang sangat urgent buat diurus, Anda bisa melakukan remote akses ke laptop. Ialah Chrome Remote Desktop yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses HP Android dari jarak jauh. Namun, ada Batasan tersendiri untuk mengaksesnya dari jarak jauh.

Jika Anda mengupdate Chrome Remote Desktop dengan versi terbaru, Anda bisa melakukan streaming audio. Sayangnya, aplikasi ini mengalami keterlambatan atau latency. Melalui aplikasi ini, Anda bisa bekerja secara parallel dan bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di laptop Anda. Sebut saja jika ada sebuah video, Anda bisa mendengarkannya melalui perangkat yang terhubung langsung.

4. Microsoft Remote Desktop

Lain lagi dengan Microsoft Remote Desktop. Di sini Anda juga bisa mengakses laptop yang berbasis dari jarak jauh hanya dengan menggunakan mobile Android maupun iOS.

Jangan lupa untuk selalu memastikan laptop yang akan di-remote dan terhubung langsung dengan HP. Begitu juga dengan sebaliknya asalkan dalam satu jaringan yang sama. Tidak lupa untuk mengaktifkan fitur akses remote desktop di laptop atau PC Anda.

5. Spacedesk Remote Display

Kalau Anda ingin menggunakan desktop lebih namun tidak mempunyai monitor tambahan lagi, Anda bisa menghubungkannya dengan HP Android. Dengan perangkat Android yang dijadikan sebagai monitor di laptop atau PC, Anda bisa mengerjakan berbagai macam hal sekaligus atau multitasking.

Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mempunyai aplikasi yang bernama Spacedesk. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengunduh aplikasi ini baik itu di perangkat Android Anda yakni HP dan juga laptop atau komputer Anda.

6. AirDroid

Aplikasi AirDroid sangat terkenal di kalangan pengguna Android dan juga laptop atau komputer. AirDroid yang diproduksi SAND STUDIO adalah salah satu aplikasi multifungsi di mana ini bisa menyambungkan smartphone Android Anda agar bisa terkoneksi dengan laptop. Banyak fitur yang ditawarkan sangat berguna.

Anda dapat menerima semua notifikasi smartphone di komputer Anda dengan mengirim serta menerima segala macam file dan pesan. Salah satu fitur yang harus Anda coba ialah screen mirroring. Fitur ini bisa membuat Anda untuk membagikan tampilan layar kepada teman, rekan, hingga keluarga.

7. Vysor

Vysor sangat berperan penting untuk para programmer maupun developer. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetes aplikasi-aplikasi yang Anda punya.

Yang membedakan aplikais Vysor dengan aplikasi lainnya adalah Vysor lebih menekankan dan mengembangkan fungsi screen mirroring. Namun itu semua bisa diakses, jika Anda menggunakan Vysor dengan versi berbayar. Dalam versi berbayar, Anda bisa menggunakan konektivitas nirkabel screen mirroring dengan full screen dan resolusi tinggi.

8. Scrcpy

Jika Ada ingin mengontrol penuh mobile dan smartphone Android Anda dari laptop ataupun PC, Scrcpy adalah jawabannya. Anda harus menginstall Scrcpy dari situs GitHub sebab aplikasi ini berkarakter open source. Jadi Anda  sendiri harus mengutak-atik untuk mendapatkan hasil yang Anda mau. Ini berlaku untuk laptop yang memiliki sistem operasi Linux.

Bila sudah mengunduh Scrcpy, Anda bisa memakai koneksi WiFi dan USB untuk menyambungkan smartphone Anda dengan laptop atau komputer. Oleh karena itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur screen mirroring agar bisa mengelola notifikasi yang ada di smartphone dari laptop atau komputer.

9. DeskDock

Aplikasi ini merupakan keluaran dari Florian Draschbacher yang berguna untuk mengontrol smartphone dan mobile Android dari laptop atau PC. Anda bisa mengontrolnya secara penuh dengan mouse atau tetikus melalui kabel USB dan clipboard. Jadi aplikasi DeskDock sangat direkomendasikan bagi para developer.

DeskDock terbagi menjadi dua mode yakni Pro dan biasa. Untuk versi Pro (berbayar), Anda bisa memakai fitur-fitur canggih seperti keyboard yang tersambung dengan perangkat Android serta fitur drag-and-drop link URL dan tautan lainnya tanpa hambatan termasuk iklan.

10. TeamViewer QuickSupport

TeamViewer QuickSupport digunakan berbagai perusahaan untuk membantu para karyawan yang mengalami kesulitan. Aplikasi ini dipakai untuk memberikan dukungan teknis secara langsung dari laptop atau PC terhadap mobile dan smartphone Android.

Bila ingin mencobanya, Anda bisa menginstall aplikasi beserta software TeamViewer QuickSupport di HP maupun PC atau laptop. Kalau sudah terkoneksi, Anda bisa mengontrol pesan serta file dari jarak jauh sekalipun kepada seluruh perangkat Android yang telah terhubung dengan PC atau laptop Anda.

Jangan khawatir, TeamViewer bisa diuduh secara gratis meskipun layanan ini berbayar dari Rp360 ribu per bulan untuk perorangan hingga Rp1,5 juta untuk per tahunnya bagi satu perusahaan. Walaupun berbayar, TeamViewer sangat berperan penting dalam melancarkan roda produksi perusahaan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment