Cara Memulihkan Data yang Hilang di Komputer via Aplikasi

10 Cara Memulihkan Data yang Hilang di Komputer via Aplikasi

Techs Bright

Siapa yang tidak panik ketika data-data penting di komputer hilang. Padahal ada cara memulihkan data hilang dengan cukup mudah.

Panik, tentunya menjadi reaksi pertama ketika data-data penting di komputer hilang. Terlebih bila data tersebut juga tidak tersimpan di recovery bin. Siapapun pastinya akan merasa panik dan ketakutan file-file dan data penting tersebut tidak bisa kembali.

Padahal tidak perlu panik. Ada beberapa cara berbeda yang bisa dilakukan untuk memulihkan data-data yang hilang dan terhapus di komputer. Cara ini bisa melalui memulihkan cache data yang mungkin masih tersimpan.

Namun tentu saja, cara tersebut tidak mudah. Belum tentu juga cache yang tersimpan akan bisa memulihkan kembali file dan data yang terhapus. Anda bisa mencoba cara memulihkan data hilang di komputer dengan menggunakan aplikasi.

Di bawah ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus. Langsung simak saja ya!

10 Cara Memulihkan Data yang Hilang di Komputer via Aplikasi

Sebelum menggunakan aplikasi maupun software berikut untuk memulihkan data yang terhapus, pastikan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini dulu:

  1. Tidak menambahkan data atau file baru pada drive yang akan dipulihkan.
  2. Tidak menginstal aplikasi maupun program apapun pada drive tersebut.
  3. Tidak menyimpan file yang sudah dipulihkan kembali di drive yang sama.

Bila sudah, di bawah ini aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara memulihkan data hilang.

1. EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard merupakan jawaban terbaik untuk kebingungan Anda bila data-data penting terhapus. Aplikasi ini bisa digunakan di komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, hingga Windows 7 sampai Windows 10. EaseUS Data Recovery Wizard juga memiliki kapasitas pemulihan data hingga 2 GB. Sehingga bisa memulihkan data berukuran besar sekalipun.

Selain kapasitas yang besar, EaseUS Data Recovery Wizard juga bisa memulihkan data dengan berbagai format. Ada lebih dari 1000 format data dan file yang bisa dipulihkan aplikasi ini. Tentunya termasuk juga file dokumen, foto, video, audio, aplikasi, program, dan sebagainya.

2. Recuva

Recuva menjadi aplikasi paling populer yang digunakan untuk memulihkan data. Cara kerja untuk aplikasi ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu melakukan pemindaian pada drive dimana data yang terhapus sebelumnya tersimpan. Setelah Recuva menemukan data tersebut, Anda bisa langsung memulihkannya kembali.

Aplikasi satu ini bisa digunakan di berbagai drive berbeda. Bahkan Recuva juga memiliki versi portable. Sehingga Anda tidak perlu menginstall aplikasi ini lebih dulu di komputer maupun laptop.

Untuk pencarian lebih menyeluruh atau file berukuran besar, Anda bisa menggunakan Recuva Mode Advance. Mode ini akan melakukan pencarian data yang hilang maupun tersembunyi.

3. Disk Drill

Bila Anda mencari aplikasi untuk memulihkan file di hard disk eksternal, Disk Drill bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya berbeda dengan aplikasi recovery lain, Disk Drill bisa memulihkan data dan file yang terhapus dari perangkat eksternal. Mulai dari di hard disk, SD card, hingga flashdisk.

Selain itu Disk Drill juga akan bisa mengembalikan file yang hilang maupun rusak karena sebab-sebab lain. Bukan hanya karena terhapus melainkan juga karena sistem dan partisi rusak, virus dan malware. Sampai file yang belum sempat tersimpan karena listrik mati.

Fitur unggulan lain dari aplikasi ini adalah Recovery Vault. Dengan fitur ini, Anda bisa menyimpan database dari file-file yang terhapus. Sehingga nantinya bila ada data penting yang tanpa sengaja hilang, Recovery Vault akan dengan mudah memulihkannya.

4. Stellar Phoenix

Aplikasi recovery unggulan berikutnya adalah Stellar Phoenix. Aplikasi ini bisa memulihkan data yang hilang dari berbagai perangkat. Termasuk juga dari SD Card maupun file di CD dan DVD.

Salah satu perbedaan mencolok dari Stellar Phoenix dibandingkan aplikasi recovery lain adalah adanya fitur untuk mengembalikan data dalam satu folder. Anda tidak perlu repot mencari satu per satu data bila yang hilang berada di dalam folder yang sama. Cukup gunakan Stellar Phoenix maka seluruh data di folder tersebut akan bisa dipulihkan.

Stellar Phoenix bisa memulihkan file dokumen, foto, audio, audio, hingga ZIP.

5. R-studio

Selintas, fitu R-studio tidak jauh berbeda dengan aplikasi recovery lain. Aplikasi ini bisa digunakan hampir di semua perangkat. Termasuk perangkat eksternal. Selain itu R-studio juga mendukung berbagai format file dan jenis data.

Namun poin utama dari aplikasi ini justru penggunaan yang mudah. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk memulihkan kembali data yang terhapus atau hilang. Tidak perlu repot juga melakukan berbagai tahapan demi tahapan. Cukup beberapa kali klik saja, data yang semula terhapus dan hilang akan terpulihkan kembali. Cara penggunannya sangat mudah dan cepat.

6. Data Rescue PC

Memiliki komputer atau penyimpanan jadul dan ingin mengembalikan data di dalamnya? Bisa! Caranya cukup menggunakan aplikasi recovery Data Rescue PC.

Data Rescue PC bisa bekerja hampir di semua perangkat komputer. Aplikasi ini tetap akan bisa berjalan lancar bahkan pada komputer dengan sistem operasi Windows 3.1 sekalipun. Bahkan bila file di Windows tersebut tidak bisa berjalan, Data Rescue PC bisa memulihkan data melalui sistem MS-DOS.

Menariknya lagi, Data Rescue PC juga bisa bekerja untuk memulihkan data di penyimpanan lawas. Aplikasi ini bisa mengembalikan data bahkan di floppy disk! Nantinya Data Rescue PC akan membuat kloning dari data di komponen komputer lawas tersebut dan memulihkannya dalam versi yang lebih baru.

Cara kerja yang sangat canggih ini membuat Data Rescue PC sebagai penyelamat data-data di komputer lawas. Aplikasi ini bahkan sudah diakui oleh berbagai pihak bisa bekerja dengan sangat lancar dan hasil maksimal.

7. MiniTool Partition Recovery

Bagi pemula, mengoperasikan sederet aplikasi di atas bisa jadi sangat membingungkan. Anda harus bisa memisahkan partisi, melakukan rangkaian pemulihan, dan sebagainya. Tidak jarang tahapan demi tahapan yang harus dilakukan pun sangat panjang dan rumit.

MiniTool Partition Recovery menjadi solusi bagi pemula yang ingin memulihkan data yang terhapus dan hilang. Aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi untuk membuat partisi di hard drive. Namun selain itu, MiniTool Partition Recovery juga bisa mengembalikan data-data yang terhapus di hard drive tersebut.

Menariknya, cara pengoperasian MiniTool Partition Recovery sangat mudah. Aplikasi ini memiliki user interface sederhana yang sangat ramah bagi pemula. Selain itu juga ada panduan yang dengan mudah diikuti.

Cara yang mudah ini juga didukung dengan proses yang terbilang cepat. Bila Anda memerlukan file yang hilang tersebut untuk segera kembali, maka aplikasi MiniTool Partition Recovery bisa menjadi pilihan terbaik.

Satu lagi, MiniTool Partition Recovery juga bisa mengembalikan data yang hilang dari email dan beberapa penyimpanan cloud!

Di atas merupakan pilihan cara memulihkan data hilang dan terhapus di komputer dengan menggunakan aplikasi. Tidak perlu panik lagi bila data penting hilang!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment