Caption Instagram Tidak Muncul

5 Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul Saat Upload

Techs Bright

Meskipun tidak selalu dialami, namun caption Instagram tidak muncul tentu saja menjengkelkan. Terlebih bila sebelumnya Anda sudah menuliskan caption terbaik untuk foto atau video yang diunggah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Siapa sih yang tidak mengenal atau bahkan pernah menggunakan sosial media satu ini? Sejak dirilis pada tahun 2010 silam, popularitas Instagram memang terus meroket.

Bagaimana tidak, sejak pertama kali dirilis saja, Instagram sudah mencatatkan satu juta pengguna hanya dalam waktu dua bulan. Sedangkan hingga bulan Januari 2023, total pengguna Instagram disebutkan sekitar 1,32 miliar. Angka yang pastinya sangat luar biasa.

Memiliki jumlah pengguna yang sangat besar, rupanya tidak membuat Instagram bebas dari permasalahan. Para pengguna justru kerap kali mengeluhkan masalah-masalah dan eror ketika menggunakan aplikasi sosial media ini. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah caption Instagram tidak muncul.

Ketika mengunggah foto maupun video, pengguna Instagram memang disarankan menyertakan caption atau keterangan. Isi dari caption ini pun bisa beragam. Pengguna bisa menuliskan perasaan dan pengalaman mengenai foto dan video yang diunggah. Bisa juga menceritakan hal lain dalam postingan mereka.

Caption juga menjadi salah satu cara agar postingan mendapatkan engagement lebih. Salah satunya dengan cara menyertakan tagar pada caption.

Penting dan krusialnya caption dalam postingan yang diunggah, membuat pengguna cukup terkejut ketika caption yang sudah ditulis tiba-tiba menghilang. Kira-kira apa yang jadi penyebabnya?

Penyebab Caption Tidak Muncul Ketika Upload Instagram

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan caption Instagram tidak muncul ketika mengunggah postingan baru.

1. Terlalu Panjang

Penyebab pertama adalah isi caption terlalu panjang. Instagram memiliki aturan panjang caption maksimal 1000 karakter. Sehingga bila lebih dari itu, caption tidak akan muncul dalam postingan.

2. Terlalu Banyak Tagar

Tagar atau hashtag merupakan bagian penting ketika mengunggah konten di sosial media. Hashtag membantu pengguna lain menemukan postingan Anda. Sehingga akan memberikan engagement lebih.

Namun sebaliknya, bila menggunakan terlalu banyak tagar, caption Anda justru akan dihapus oleh Instagram. Sayangnya hingga saat ini belum ada ketentuan pasti berapa jumlah maksimal tagar yang bisa digunakan.

3. Menggunakan Tagar Terlarang

Bukan hanya jumlahnya saja, isi tagar pun rupanya tidak boleh sembarangan. Pasalnya Instagram memiliki daftar sendiri untuk tagar yang tidak boleh digunakan.

Bisa ditebak. Bila Anda nekat menggunakan tagar tersebut, maka caption akan dihapus otomatis. Bahkan bukan tidak mungkin postingan yang akan dihapus oleh Instagram.

4. Akun Dibatasi

Penyebab lain dari caption tidak muncul adalah permasalahan pada akun Instagram. Bila akun Instagram yang Anda gunakan dibatasi penggunaannya, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa mengunggah foto dan video dengan caption.

5. Postingan Dilaporkan

Penyebab satu ini terjadi ketika postingan sudah diunggah beberapa lama, dan tiba-tiba saja postingan menghilang. Walau tidak bisa dikonfirmasi secara langsung, namun ketika postingan Instagram dilaporkan oleh pengguna lain, maka caption di postingan tersebut akan terhapus.

5 Cara Mengatasi Caption Instagram Tidak Muncul Saat Upload

Setelah memahami apa saja penyebanya di atas, tentu saja selanjutnya bisa mengetahui bagaimana cara terbaik mengatasi caption Instagram tidak muncul.

1. Perhatikan Isi dan Panjang Caption

Seperti disebutkan di atas, salah satu penyebab dari caption dihapus oleh Instagram karena melebihi jumlah karakter yang diizinkan. Untuk mengatasi penyebab ini, tentunya cara paling mudah adalah dengan memastikan caption yang disertakan dalam postingan tidak terlalu panjang.

Anda bisa menggunakan aplikasi khusus untuk menghitung jumlah karakter. Nantinya bila panjang caption lebih dari 1000 karakter, Anda mungkin bisa mengurangi beberapa kata-kata.

Pilihan lain agar caption tidak terlalu panjang adalah dengan melanjutkan isi caption di kolom komentar. Trik satu ini cukup sering digunakan oleh influencer media sosial bila ingin menuliskan caption lebih dari jumlah karakter yang diizinkan Instagram.

Selain mengenai panjang caption, isi dari keterangan dan juga postingan juga wajib diperhatikan. Hal ini agar postingan dan caption yang Anda gunakan tidak dilaporkan oleh pengguna lain.

Sebaiknya perhatikan agar isi caption dan juga postingan tidak melanggar aturan serta ketentuan Instagram. Dengan begini, postingan dan juga caption yang Anda unggah akan aman.

2. Gunakan Tagar yang Sesuai

Penggunaan tagar tidak kalah wajib menjadi perhatian. Sebaiknya, tagar harus sesuai dengan isi postingan dan caption. Anda juga tidak perlu menyertakan banyak tagar yang sedang trending hanya demi mendapatkan engagement. Pasalnya seperti ditakutkan lagi, caption Anda justru akan hilang.

Pastikan juga untuk tidak menggunakan tagar yang dilarang oleh Instagram. Tagar yang dilarang ini biasanya memiliki unsur pornografi dan bisa memancing tindakan kejahatan. Seperti misalnya saja, pengguna Instagram tidak dianjurkan mengunggah foto dengan tagar #ALONE karena ditakutkan akan memancing terjadinya kejahatan.

3. Logout Dari Akun

Namun bila Anda sudah memastikan isi caption dan tagar sesuai dan caption masih terus tidak muncul, masalah bisa jadi pada akun Instagram Anda. Bila hal ini terjadi, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan.

Pilihan pertama dalah logout dari akun. Anda bisa keluar dari akun Instagram untuk sementara waktu. Usahakan ketika itu Anda tidak login dengan akun lain.

Setelah beberapa waktu, coba untuk login kembali dan ulangi lagi mengupload foto dengan caption yang digunakan. Bila caption tidak hilang, maka masalah terjadi karena bug pada akun.

Sebaliknya bila masalah masih berlanjut, coba untuk keluar dari akun dan tidak menggunakan akun tersebut selama beberapa waktu. Beberapa sumber menyebut setidaknya diamkan akun Instagram selama 48 jam sebelum mencoba login kembali.

4. Update Aplikasi Instagram

Bagaimana bila sudah melakukan cara di atas namun caption Instagram tetap tidak muncul? Permasalahn selanjutnya disinyalir karena aplikasi Instagram itu sendiri.

Masalah bisa saja terjadi karena ada perubahan di aplikasi Instagram. Sehingga Anda perlu melaukkan update. Bisa juga masalah muncul karena ada pembaharuan di aplikasi Instagram.

Jadi ketika Anda terus gagal mencoba upload Instagram dengan caption, coba untuk memperbarui aplikasi. Anda bisa pergi ke Google Play Store kemudian pilih aplikasi Instagram. Selanjutnya tekan tombol Update.

Tunggu hingga proses download dan install update selesai. Kemudian coba untuk kembali login dan ulangi mengupload foto dan caption yang sama.

5. Restart Smartphone

Cara terakhir untuk mengatasi caption Instagram tidak muncul adalah dengan melakukan restart smartphone. Masalah pada smartphone, seperti bug atau gangguan di sistem akan menyebabkan eror di aplikasi. Termasuk juga di Instagram.

Error ini lah yang nantinya menyebabkan aplikasi Instagram tidak bisa digunakan. Bisa juga menyebabkan caption tiba-tiba tidak muncul ketika mengunggah konten.

Jika sudah mencoba semua cara di atas, Anda bisa langsung mencoba untuk restart smartphone. Matikan smartphone dan biarkan selama 3 hingga 5 menit. Kemudian hidupkan kembali ponsel dan coba untuk akses Instagram kembali.

Permasalahan caption tidak muncul di Instagram memang menyebalkan. Semoga cara di atas membantu untuk mengatasi!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment