Panduan Lengkap Microsoft Excel untuk Pemula Wajib Diketahui

Techs Bright

Dalam mengoperasikan laptop maupun komputer, ada banyak program Microsoft Office yang sudah disediakan, yakni Microsoft Word, Excel hingga Power Point. Microsoft Word pastinya sudah dikenal banyak orang karena sering digunakan. Sementara Microsoft Excel dan juga Power Point mungkin masih ada yang belum mengerti, terutama Excel. Jangan khawatir, ada panduan lengkap Microsoft Excel untuk pemula.

Perlu diketahui Microsoft Excel juga sama pentingnya dengan Microsoft Word. Tidak heran, ada beberapa lowongan pekerjaan (loker) yang menganggap Excel sebagai syarat untuk bisa diterima bekerja di suatu perusahaan. Namun, itu biasanya tergantung posisi mana yang menggunakan Microsft Excel dalam pekerjaan.

Excel sendiri tidak hanya sekedar tabel dan angka saja, namun ada beberapa rumus yang harus dipelajari. Jadi Anda harus benar-benar belajar yang serius mengenai Excel agar bisa menunjang pekerjaan Anda.

Apa Itu Microsft Excel?

Microsof Excel adalah sebuah program yang dibuat Microsoft Corporation dan sudah menjadi bagian dari Microsoft Office. Aplikasi ini mulai diluncurkan pertama kali pada tahun 1985 silam.

Excel berguna dalam memasukkan data baik itu tulisan, angka, teks, hingga berbagai fungsi kompleks lainnya. Nantinya semua data tersebut dimasukkan ke dalam sebuah spreadsheet (lembar kerja elektronik). Jadi, Anda bisa menghitung, mengolah, menganalisis, dan juga mempresentasikan semua data yang sudah dikumpulkan di spreadsheet dalam bentuk tabel.

Ada beberapa fungsi dari Microsoft Excel, antara lain:

  • Membantu para pengguna untuk membuat, mengurutkan, mengolah, mengedit, meringkas, hingga menganalisis data
  • Dapat menghitung statistika dan juga aritmatika
  • Menyelesaikan soal matematika dan logika
  • Membantu para pengguna dalam pembuatan diagram dan grafik
  • Menghitung berbagai kurs mata uang
  • Membuat daftar hadir untuk sebuah acara atau event atau kegiatan
  • Menyajikan berbagai macam data secara rapi, tepat, serta akurat
  • Melakukan operasi hitung dalam matematika

Jika Anda sudah mengetahui pengertian sekaligus fungsi dari Microsoft Excel, saatnya Anda mengetahui panduan lengkap Microsoft Excel untuk pemula. Dengan adanya panduan, tentu para pengguna bisa belajar Excel secara mendasar guna mengikuti alur pekerjaann di suatu perusahaan dengan baik.

Panduan Lengkap Microsoft Excel untuk Pemula 

Dalam panduan lengkap Microsoft Excel untuk pemula, ada berbagai hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Mulai dari berbagai fitur dasar yang ada dalam Microsoft Excel. Kemudian ada berbagai macam rumus dasar yang berguna dalam pekerjaan Anda. Hingga ada berbagai macam tips-tips dalam menggunakan Microsoft Excel secara cepat.

Tunggu apalagi, langsung simak baik-baik panduannya.

Fitur Dasar dalam Microsoft Excel

Panduan lengkap Microsof Excel untuk pemula ini bisa dipelajari semua orang. Untuk bisa mengetahui Microsoft Excel secara maksimal, ada beberapa fitur dasar yang harus kalian ketahui. Fitur dasar tersebut yakni:

a. Pembuatan Spreadsheet dan Workbook

Beberapa dari Anda masih bingung dengan Spreadsheet dan Workbook. Spreadsheet merupakan dokumen dalam satu file, sedangkan Workbook adalah file Excel yang Anda buka.

Bila ingin membuat Workbook, Anda tinggal klik menu File dan pilih New dan Blank Workbook. Sementara untuk menambah Spreadsheet, Anda cukup menekan tombol “+” saja di bawah Excel.

b. Pemasukkan Data

Untuk memasukkan kata maupun angka dalam Excel, Anda memilih kotak kosong pada Spreadsheet. Usai memilihnya, Anda bisa mengetik kata maupun angka. Bila ingin berpindah kotak atau sel, Anda menekan tombol Enter atau juga bisa memilih tab yang ada di keyboard.

c. Pengaturan Tabel

Dalam Excel, Anda bisa mengatur jenis border maupun warna tabel. Untuk memilih jenis border, Anda tinggal klik tombol Borders pada bagian Font.

Bila ingin menggunakan warna pada tabel, Anda tinggal memilih sel, baris, atau kolom dan klik tombol Fill Color pada Font.

d. Penyusunan Data

Di sini Anda juga bisa menyusun data-data bisa berdasarkan angka maupun abjad dari terkecil ke terbesar maupun sebaliknya.

Agar bisa menyusunnya, Anda klik tombol Sort & Filter di bagian Data. Nantinya Anda bisa menyusun data-data yang sudah dikumpulkan dari angka terkecil maupun terbesar.

e. Penyaringan Data

Selain menyusun, Anda juga bisa menyating data dengan menggunakan Sort & Filter. Anda hanya memilih baris atau kolom yang mau disortir dan pilih Sort & Filter lalu klik Filter.

Rumus-rumus Dasar dalam Excel

Ada banyak rumus dalam Microsoft Excel yang mendasar dan sering digunakan dalam dunia kerja. Tidak sulit, Anda hanya perlu mengingat dan mengetik berbagai formula.

Sejumlah rumus dasar Excel ini rata-rata dipakai dalam mengalkulasi berbagai data, antara lain:

a. =SUM()

Digunakan untuk menjumlahkan sejumlah angka dalam satu baris atau kolom.

b. =COUNT()

Rumus ini dipakai untuk mengetahui sejumlah sel yang berisi angka pada satu kolom atau baris.

c.  =COUNTA()

Sementara =COUNTA() hanya menginformasikan seluruh jumlah sel dalam satu baris atau kolom. Bila ada sel yang berisi huruf ataupun simbol lainnya, tetap dihitung.

d. =AVERAGE()

Jika Anda ingin mencari angka rata-rata pada satu baris atau kolom, maka rumus ini jawabannya.

e. =MAX()

Ketika Anda ingin menemukan angka paling besar di suatu baris atau kolom, Anda bisa memakai rumus =MAX().

f.  =MIN()

Bila =MAX() untuk mencari angka terbesar, maka =MIN() untuk menemukan angka paling kecil pada baris atau kolom.

g. =IF()

Anda bisa memakai rumus ini untuk mengetahui baris atau kolom mana yang berisi data atau angka. Angka tersebut tentunya yang sudah sesuai dengan syarat maupun kriteria yang dibuat. Bila sesuai akan ada tulisan BENAR, sedangkan bila tidak akan ada tulisan SALAH.

h. TRIM()

Agar tidak ada spasi dalam satu sel, Anda bisa menggunakan TRIM(). Hal ini dilakukan agar perhitungan yang Anda buat tidak sampai error.

Tips Menggunakan Microsoft Excel dengan Cepat dan Tepat

Setelah mencari tahu berbagai macam fitur maupun formula dasar yang ada di Microsoft Excel, Anda juga bisa mencoba tips-tips ini.

Sejumlah tips ini juga termasuk dalam panduan lengkap Microsoft Excel untuk pemula. Melalui ini pula, Anda semakin mengetahui seluk beluk mengenai Excel. Tips-tips mudah ini ternyata bisa Anda lakukan sendiri, antara lain:

a. Melakukan Perhitungan Dasar

Untuk menghitung dalam Excel, Anda cukup mengetik “=” atau sama dengan pada satu kolom atau baris pada Microsoft Excel. Setelah tanda “=” ini, Anda mulai mengetik formula atau rumus yang Anda inginkan.

Misalnya saja, Anda mengetik “=20+20” maka hasil dari formula tersebut akan keluar. Namun, sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu simbol perhitungan dalam Excel.

  • “+” untuk pertambahan angka
  • “-“ untuk pengurangan angka
  • “*” (tanda bintang) untuk perkalian angka
  • “/” (garis miring) untuk pembagian angka

b.    Melakukan Kalkulasi Cepat melalui Autosum

Autosum digunakan untuk melakukan kalkulasi cepat. Misalnya ada 5 angka dalam 5 sel. Maka, Anda bisa menjumlahkannya dengan klik Home lalu Autosum.

Selain SUM, ada juga Average, Count Numbers, Max, maupun Min yang bisa Anda coba pada Excel. Untuk formulanya sendiri sudah ada di pembahasan di atas.

c.  Membuat Tabel

Dengan membuat tabel, maka data yang sudah Anda kumpulkan bosa terorganisir di Excel dengan baik dan lebih mudah.

Anda bisa membuatnya dengan mengklik Table. Kemudian Anda juga bisa menyortirnya berdasarkan huruf abjad dari A ke Z atau sebaliknya.

d. Membuat Grafik

Dengan Microsoft Excel, Anda bisa membuat grafik dengan mudah dan lengkap. Anda bisa membuatnya dengan visual yang menarik atau hanya sekedar data dan angka saja.

Untuk membuat grafik, Anda bisa pilih menu Insert dan klik Charts. Dalam menu tersebut, Anda bisa memilih opsi Recommended Charts. Dalam opsi ini, ada banyak jenis grafi yang sesuai dengan data yang Anda buat.

Itulah berbagai macam panduan lengkap Microsoft Excel untuk pemula. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar Excel secara maksimal.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment