Mengenal Teknologi Blockchain dan Cara Penggunaannya

Techs Bright

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan blockchain. Padahal dunia blockchain tengah populer di Indonesia. Tahu tidak, rasa keingintahuan masyarakat pada seluk beluk dunia cryptocurrency semakin tinggi belakangan tinggi. Tidak heran rasa penasaran masyarakat untuk mengenal teknologi blockchain juga semakin tinggi.

Teknologi blockchain ini tiidak hanya dikenal oleh kalangan kelompok IT saja, tetapi juga masyarakat umum. Hal ini disebabkan zaman ini sudah era digital dan serba internet. Jadi masyarakat umum pun semakin berbondong-bondong untuk mengikuti perkembangan teknologi ini.

Sebenarnya apa sih teknologi blockchain itu? Apa ada hubungannya dengan cryptocurrency? Apakah teknologi blockchain ini bisa mengubah kehidupan dan dunia? Semua pertanyaan ini akan dijabarkan satu per satu. Mari disimak penjelasannya.

Mengenal Teknologi Blockchain Mendetail

Blockchain yaitu teknologi yang berperan sebagai sistem penyimpanan yang terkoneksi kriptografi. Teknologi tersebut dikenal juga sebagai bank data digital. . Pemakaian teknologi ini memang tidak pernah lepas dari Bitcoin maupun cryptocurrency lainnya.

Selain itu, ada banyak sektor lainnya untuk memanfaatkan teknologi Blockchain ini. Untuk mengenal teknologi Blockchain lebih mendalam, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Dari segi penamaannya, block berarti kelompok sedangkan chain memiliki arti rantai. Maksud dari penamaan ini adalah teknologi tersebut bekerja dengan memanfaatkan resource komputer dalam menciptakan blok-blok yang saling terhubung.

Nantinya blok-blok yang sudah tersebut dapat mengimplementasi suatu transaksi. Teknologi ini sangat menarik karena tidak terpusat dan mampu berjalan sendiri. Ini terjadi karena menggunakan algoritma komputer dan tidak diatur sistem manapun.

Bedanya Blockchain dengan Cryptocurrency

Lalu apa yang membedakan teknologi blockchain dengan cryptocurrency lainnya? Perlu Anda ketahui bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital di mana mata uang ini diamankan dengan kriptografi. Jadi mata uang tidak bisa dipalsukan sama sekali.

Aset kripto ini memakai teknologi yang dikenal dengan blockchain. Artinya, blockchain adalah sebuah database yang tidak bisa diganti ataupun diubah sama sekali dan hanya menyimpan data digital saja. Itupun selama berkaitan dengan kriptografi.

Antara blockchain dan cryptocurrency memang berbeda tapi masih berkaitan. Crypto berperan sebagai mata uang digital, sedangkan blockchain menjadi teknologi dan menjadi penyimpanan data digital dalam transaksi cryptocurrency.

Cara Pemakaian Teknologi Blockchain

Untuk mengenal teknologi blockchain, ada sejumlah peluang untuk menggunakan teknologi blockchain selain cryptocurrency. Ialah bidang finansial atau keuangan yang dianggap bisa memanfaatkan teknologi tersebut.

Dalam sektor finansial saja, teknologi blockchain seperti buku kas digital yang bisa diakses siapapun, di manapun, dan kapanpun dengan mudahnya. Selain mudah, teknologi ini juga tidak harus mendpatkan persetujuan dari Lembaga keuangan apapun termasuk bank.

Teknologi ini menyebabkan seluruh transaksi berjalan lebih aman dan transparan. Dengan adanya blockchain, hal ini bisa meminimalisisr adanya korupsi dan suap.

Pada tahun 2018 saja, McKinsey pernah membuat tabel blockchain di bidang medis, property, media, pertanian, hingga telekomunikasi.

Bagaimana Sistem Kerja Teknologi Blockchain

Blockchain memiliki sistem kerja di mana itu dimulai saat suatu blok menyimpan data-data baru. Sistemnya sendiri berupa transaksi dan blok. Uniknya, tiap blok berisi hash kriptografi yang nantinya menimbulkan sebuah jaringan.

Dengan hash kriptografi, Anda dapat mengambil sejumlah data dari blok dan mengubah blok-blok tersebut menjadi compact string. Lalu string dipakai sebagai alarm pendeteksi di mana di dalam data tersebut terjadi sabotase.

Oleh karena teknologi ini memliki sifat desentralisasi, pada akhirnya teknologi tersebut tidak memiliki kendali penuh. Artinya itu bakal terpecah ke tiap laptop atau komputer yang sudah mengunduh software tertentu.

Ada sebutan penambang bitcoin di mana orang-orang tersebut yang menyiapkan komputer atau laptop khusus agar bisa melakukan perhitunga sistematis. Merekalah yang bakal menghitung nilai hash kriptografi yang berasal dari kombinasi hash sebelumnya.

Saat ada transaksi yang dilakukan toko online yang menerapkan Wallet Bitcoin dengan customer, maka transaksi bakal dikirim pada penambang bitcoin. Dari situ muncul blok baru yang menyimpan bitcoin dalam transaksi itu.

Keunggulan Teknologi Blockchain

Setelah mulai mengenal teknologi blockchain, Anda juga harus tahu keunggulan dari teknologi ini. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini. Keunggulan-keunggulan ini bisa didapat para penggunanya, antara lain:

1. Data Transaksi Transparan

Teknologi ini menyimpan data transaksi yang transparan dan juga aman. Saat transaksi, ada public access yang bisa diakses semua orang tanpa harus login.

2. Proteksi Data Terjamin Baik

Adanya sistem verifikasi para penambang bitcoin sebelum diproses pada banyak laptop maupun komputer. Struktur database hanya bisa menambahkan dan tidak ada perintah edit sama sekali. Hacker pun juga tidak bisa melakukan hack dan mengubah data.

3. Lebih Cepat dan Efisien

Anda harus tahu bahwa proses transaksi mata uang konvensional memerlukan waktu yang banyak dan terkadang juga ada kesalahan manusia. Melalui teknologi blockchain, segala transaksi menjadi lebih mudah, cepat, aman, dan juga efisien.

4. Keamanan Menjadi Terjamin

Teknologi Blockchain dilengkapi dengan enkripsi dan kriptografi. Pada akhirnya keamanan transaksi ini tidak akan menjadi masalah. Dengan kriptografi, histori transaksi tidak akan bisa diubah karena telah terenkripsi. Itu bisa meminimalisir adanya penipuan.

5. Sistem Audit Lebih Baik

Terpenting, teknologi blockchain berfungsi untuk melakukan audit. Jadi setiap orang dapat memeriksa tracking data transaksi apapun termasuk aset. Selain itu, tidak ada potensi dalam penggelapan dana korupsi. Sebab, data transaksi tersebut bersifat immutable, append only, dan secara publik.

Blockchain Bisa Mengubah Dunia

Bahkan teknologi blockchain dianggap bisa menggubah dunia. Sebab, ada daya tarik tersendiri dari teknologi ini. Ada berbagai cara blockchain dapat mengubahnya, yakni:

· Meningkatkan Interaksi P2P

Interaksi peer-to-peer (P2P) bisa ditingkatkan tanpa perantara. Pertukaran mata uang digital juga tidak perlu broker profesional lagi.

 

· Memberikan Kontrol Penuh terhadap Aset

Tidak ada aturan dalam pengendalian aset yang sudah tersimpan di blockchain. Jika aset diletakkan di bank dan bank tersebut bangkrut maka aset yang sudah disimpan di sana tidak akan kembali lagi.

Bila aset Anda disimpan dengan teknologi blockchain maka Anda bisa mengendalikan penuh aset Anda tanpa kebijakan bank atau pemerintah setempat.

· Memajukan Penelitian Ilmiah

Ternyata teknologi blockchain juga bisa memajukan penelitian ilmuah. Hal ini dengan cara memberikan akses melalui data real-time agar bisa menguasai informasi penting.

Semua data yang sudah disimpan di blockchain dapat diakses untuk kepentingan penelitian.

· Menyediakan Kestabilan

Ketidakstabilan dan inflasi selalu dialami mata yang fiat di sejumlah negara. Inflasi terjadi karena bank sentral mencetak uang sebanyak-banyaknya.

Akan tetapi, aset kripto dengan teknologi blockchain bisa menghindari inflasi. Apalagi bitcoin tidak bisa diproduksi terus menerus dan selamanya. Hanya ada 21 juta bitcoin saja di seluruh dunia.

· Meningkatkan Crowdfunding

Crowdfunding adalah cara yang biasa dilakukan pengusaha agar bisa mengumpulkan uang dari hasil produk atau usaha mereka. Para investor pun menginvestasi agar bisa mengurangi risiko saat proses pengumpulan uang.

Oleh karena itu, aset kripto dijadikan alat agar bisa melakukan crowdfunding secara sistematis, cepat, dan efisien. Hal ini dilakukan melalui jaringan blockchain yang sangat kuat.

Itulah beberapa panduan agar Anda bisa mengenal teknologi blockchain lebih mendalam. Apalagi sekarang orang-orang mulai berbondong-bondong untuk melakukan investasi uang kripto. Lantas apakah kamu tertarik dengan dunia blockchain dan cryptocurrency?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment