Bank Digital

8 Aplikasi Perbankan Digital untuk Mengelola Keuangan di Android

Techs Bright

Bila sebelumnya sudah membahas mengenai aplikasi kebugaran mental dan meditasi terbaik di Android, maka selanjutnya mengenai perbankan digital. Beberapa dari Anda mungkin memiliki aplikasi perbankan digital di ponsel atau smartphone Anda. Perbankan digital biasanya digunakan untuk mengelola keuangan Anda.

Seperti yang kita tahu bila Anda mendapatkan penghasilan atau gaji biasanya langsung dikeluarkan begitu saja. Maksudnya gaji yang diterima langsung untuk membayar kebutuhan, baik itu keperluan rumah tangga, listrik, telepon, air, hingga pulsa dan internet. Hingga pada akhirnya tidak lagi uang yang tersisa untuk disimpan. Terkadang malah pengeluaran jauh lebih besar dari hasil pendapatan yang Anda terima.

Maka dari itu, beberapa orang mulai mengunduh beberapa aplikasi perbankan digital. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih mengatur neraca keuangan dan tidak langsung dihabiskan sebelum gaji selanjutnya akan diterima.

Kalau sudah begini, aplikasi apa saja yang berguna untuk mengelola neraca keuangan? Simak penjabarannya di bawah ini.

Pentingnya Menggunakan Aplikasi Pengaturan Keuangan

Mempunyai aplikasi perbankan digital pada ponsel Anda memang sangat penting. Jika biasanya Anda mengatur keuangan secara manual melalui buku catatan, dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur secara praktis dan lebih mudah lagi.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memasukkan berbagai macam keperluan hingga pengeluaran serta pendapatan dalam satu periode. Anda pun bisa menghitungnya dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu bingung dan kaget lagi melihat jumlah uang yang dikeluarkan. Malah Anda semakin aware mengenai saldo keuangan yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki aplikasi pengatur keuangan ini, Anda bisa mengatur dan mengelolanya secara transparan lagi. Kemudian Anda pun tidak repot lagi untuk mengumpulkan bon belanjaan. Tinggal memasukkan jumlah pengeluaran belanja ke dalam aplikasi ini.

Dengan adanya aplikasi pengarur keuangan ini membuat neraca keuangan Anda menjadi stabil kembali. Jangan sampai Anda mengalami kerugian dan tidak bisa menyimpan dana cadangan atau tabungan untuk keperluan penting lainnya. Untuk itu, Anda harus mengenal dan mengetahui beberapa aplikasi perbankan digital khususnya untuk pengguna Android.

Aplikasi Perbankan Digital Terbaik pada Android

Melihat perkembangan teknologi saat ini dan sudah masuk ke dalam era digital, ada beberapa aplikasi perbankan digital yang bisa dicoba. Aplikasi-aplikasi bisa diunduh melalui Android dan tentunya aplikasi ini berguna untuk kehidupan Anda.

Dalam hal ini, terutama pengguna Android bisa mengunduh aplikasi ini untuk mengatur keuangan rumah tangga ataupun pribadi Anda. Aplikasi apa saja yang bisa Anda unduh itu?

1. Money Manager

Money Manager mempunyai fitur pencatatan keuangan di mana ini sangat membantu pengelolaan pengeluaran Anda selama harian hingga bulanan.

Aplikasi ini juga menawarkan laporan keuangan dari harian, bulanan, hingga tahunan. Nantinya laporan ini bakal dicatat Money Manager melalui ponsel Android Anda yang sudah dalam bentuk PDF.

2. UangKu – My Money Management

Aplikasi Uangku bisa diunduh di Google Play Store di mana aplikasi ini menyediakan fungsi pencatatan keuangan pribadi yang lebih sederhana.

Oleh karena lebih ringkas, Anda bisa menganalisis dan mengkategorikan pemasukan maupun pengeluaran ke dalam bentuk grafik. UangKu yang dibuat ODT Indonesia ini bisa menjadi rekomendasi aplikasi perbankan digital terbaik. Hal ini disebabkan adanya fitur, fungsi, maupun desain yang mumpuni.

3. Monefy

Monefy bisa menjadi aplikasi untuk mengatur keuangan selanjutnya di Android. Ada fitur sinkroniasi akun yang ditawarkan dengan memanfaatkan Dropbox. Melalui Dropbox, Anda bisa memantau seluruh pengeluaran keluarga maupun pribadi secara real time.

Tidak hanya itu saja, ada fitur antarmuka di mana fitur ini bisa memasukkan angka pemasukan serta pengeluaran. Nantinya itu semua dikelompokkan sesuai dengan pos yang ada secara otomatis.

Tampilan dalam aplikasi Monefy ini terdapat visualisasi yang bagus hingga Anda bisa menganalisa keuangan hanya dengan visual saja. Dengan adanya widget, Anda bisa mengatur keuangan dari home screen.

Monefy juga membuat Anda bisa mengklasifikasikan pengeluaran yang jauh lebih ringkas dan mudah. Anda pun juga bisa menyinkronkan data-data ke dalam Dropbox.

4. Spendee

Melalui Spendee, Anda bisa mengatur neraca keuangan Anda per bulannya. Para pengguna Android bisa mencatat dan mengkategorikan pengeluaran Anda ke dalam berbagai macam keperluan. Itu semua sudah termasuk liburan dan belanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Kemudian dalam aplikasi ini menyediakan fitur Joint Funding. Bersama fitur Joint Funding ini, Anda juga dapat mengatur segala keuangan bersama pasangan. Anda harus tahu bahwa Spendee juga terkoneksi langsung dengan rekening bank dan e-wallet milik Anda.

5. Money Lover

Aplikasi pengatur keuangan berikutnya adalah Money Lover. Uniknya, dalam aplikasi ini terdapat fitur perihal catatan utang piutang, transaksi, hingga tagihan. Lalu, di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan diagram yang dapat menganalisis keuangan milik Anda dalam periode tertentu.

Money Lover memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan. Maka dari itu, banyak orang menggunakan aplikasi ini terutama generasi milenial. Hebatnya, perangkat lunak ini bisa digunakan dalam 30 bahasa dan juga ada 100 macam mata uang.

6. TemanBisnis

Kemudian ada aplikasi Teman Bisnis yang bisa Anda coba dan terapkan. Terkhusus untuk Anda yang merupakan pemilik bisnis bahkan mau merintis bisnis. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mencatat semua pengeluaran serta pemasukan dari berbagai sumber dan dimasukkan ke dalam kategori tertentu.

Selain itu, Anda juga mencatat transaksi utang piutang atau kredit dan menghitungnya seperti utang/piutang, arus kas, dan laba/rugi secara otomatis.

Jadi aplikasi perbankan digital ini sangat membantu para pelaku UKM. Memang TemanBisnis dirancang sebagai jembatan para pengguna yang belum pernah memanfaatkan aplikasi mengenai layanan keuangan. Tentu aplikasi ini lebih user friendly dan didukung desain yang atraktir dan fitur yang lengkap seperti catatan piutang usaha dan juga pengingat cicilan.

7. Finansialku

Aplikasi Finansialku memiliki sertifikat CFP (Certified Financial Planner) sehingga dianggap aman untuk mengelola keuangan. Dengan adanya sertifikat ini, Anda bisa mengatur segala pemasukan maupun pengeluaran.

Anda juga bisa menetapkan anggaran sesuai dengan dana akun milik Anda dan bisa menghubungkan akun Finansialku dengan akun Anda sendiri. Bila Anda masih bingung, Finansialku bisa memberikan solusi dan sara mengenai pengaturan dan pengelolaan keuangan yang efektif.

Finansialku menawarkan fitur-fitur menarik seperti perencanaan keuangan, belajar keuangan dan produk-produknya, pencatatan keuangan, hingga konsultasi keuangan. Kemudian ada fitur tentang lokasi dan foto ketika Anda melakukan transaksi.

Versi aplikaso Finansialku ada yang gratis dan juga berbayar. Biaya yang dikenakan adalah Rp35.000 per bulan atau Rp350.000 per tahunnya. Bila Anda memilih Finansialku versi premium, Anda bisa berkonsultasi dengan penasehat keuangan Finansialku.

8. BukuWarung

Terakhir, aplikasi perbankan digital yang harus Anda coba adalah BukuWarung. BukuWarung dirancang untuk memberikan solusi mengenai manajemen keuangan yang gratis dan aman. Ada beberapa fitur yang tersedia guna mempermudah dalam mendeteksi dan mengelola arus kas.

Sebut saja Catat Hutang yang membantu Anda untuk mencatat serta melunasi hutang. Anda hanya klik nama Anda sendiri dan nantinya seluruh riwayat hutang beserta tunggakan akan ditampilkan.

Nantinya ketika Anda mempunyai utang akan tercatat di aplikasi ini dan mendapatkan reminder melalui SMS secara otomatis. SMS pun dikirim melalui nomor BukuWarung. Anda pun juga bisa mengetahui segala keuntungan maupun kerugian yang didapat.

Keuntungan dari aplikasi ini ialah perihal keamanan. Jadi, Anda bisa menyimpan data secara online dan tidak rawan hilang.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment