Aplikasi musik streaming gratis

6 Aplikasi Musik Streaming Gratis Terbaik untuk Android

Techs Bright

Mendengarkan musik melalui aplikasi streaming sudah bukan hal aneh maupun baru lagi. Bahkan bisa dikatakan, saat ini hampir semua orang tidak lagi mendengarkan musik melalui CD player maupun tape. Melainkan melalui berbagai aplikasi musik streaming gratis di smartphone masing-masing.

Teknologi dan era digital mengubah hampir keseluruhan gaya hidup masyarakat dalam dua dekade terakhir. Bila sebelumnya mereka menikmati musik melalui radio, CD player, dan juga tape. Saat ini mendengarkan musik dan lagu-lagu sudah bisa dilakukan di ponsel Android.

Tidak itu saja. Untuk mendengarkan musik pun tidak perlu lagi harus mengunduh dan menyimpan file .mp3 seperti sebelumnya. Mendengarkan musik dengan cara online streaming menjadi pilihan paling mudah.

6 Aplikasi Musik Streaming Gratis Terbaik Untuk Android

Berikut ini merupakan deretan aplikasi musik streaming gratis terbaik yang bisa digunakan untuk menikmati lagu kesayangan melalui ponsel Android.

1. Spotify

Berbicara mengenai aplikasi streaming musik, yang terbayang dan diingat pertama kali tentunya adalah Spotify. Spotify merupakan aplikasi paling populer untuk mendengarkan musik. Bukan hanya di Indonesia saja, aplikasi streaming musik ini sudah terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Ada beberapa poin penting yang menjadi keunggulan Spotify dibandingkan dengan aplikasi streaming musik lain. Spotify memiliki fitur paling lengkap. Pengguna bisa membuat playlist hingga mendengarkan playlist milik orang lain. Bahkan juga playlist-playlist khusus gubahan Spotify yang dikurasi berdasarkan minat pengguna sampai lagu-lagu terpopuler saat itu.

Fitur unggulan Spotify:

  • Koleksi lagu terlengkap dan paling up-to-date. Memiliki koleksi lagu dari musisi di seluruh dunia.
  • Podcast
  • Playlist
  • Lirik lagu dan terjemahan
  • Shuffle dan repeat
  • Kualitas musik terbaik

Pengguna bisa mendengarkan lagu secara gratis maupun berbayar di Spotify. Untuk fitur berbayar, biaya langganan sangat terjangkau. Dimulai dari Rp 2500 saja!

2. YouTube Music

Seperti juga Spotify, YouTube menjadi aplikasi streaming paling populer di seluruh dunia. Kali ini YouTube menghadirkan kanal baru, YouTube Music yang didedikasikan khusus untuk mendengarkan musik saja.

Secara fitur, YouTube Music memiliki banyak kemiripan dengan Spotify. Mulai dari fitur playlist yang memungkinkan pengguna membuat dan mendengarkan playlist milik pengguna lain. Hingga adanya fitur lirik dan terjemahan.

Namun satu fitur menarik di YouTube Music yang tidak ada di Spotify adalah Live Performance. Melalui fitur ini pengguna bisa menikmati performa live dari para artis sekaligus cover-cover lagu yang tidak kalah menarik.

Fitur berlangganan YouTube Music sudah termasuk dalam YouTube. Jadi bila Anda sudah berlangganan YouTube Premium, maka secara otomatis akan mendapat fitur premium di YouTube Music pula. Namun selain itu Anda juga bisa streaming musik gratis di aplikasi ini.

3. JOOX Music

Saat pertama kali dirilis, JOOX Music digadamg-gadang akan menjadi pesaing Spotify. Terlebih kedua aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mirip.

Seperti juga aplikasi musik streaming gratis di atas, pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu dari musisi kesayangan. JOOX Music menawarkan sistem berlangganan dengan harga paling terjangkau. Anda juga bisa mendengarkan lagu-lagu secara gratis tanpa adanya limit.

Beberapa fitur menarik lain JOOX Music diantaranya:

  • Playlist
  • Download lagu untuk mendengarkan secara offline
  • Live Streaming
  • Customisasi tampilan
  • Sistem poin
  • Komentar

Di aplikasi ini, pengguna bisa mengganti tampilan dengan berbagai tema. Pengguna juga dapat mengkustomisasi tampilan aplikasi JOOX Music dengan wallpaper mereka sendiri.

JOOX Music juga memiliki sistem poin. Dimana pengguna akan mendapatkan poin sejumlah tertentu setiap kali login dan mendengarkan lagu di aplikasi. Nantinya poin tersebut dapat ditukarkan tema-tema menarik maupun digunakan untuk membeli paket berlangganan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur komentar di setiap lagu. Pengguna bisa meninggalkan komentar di lagu-lagu yang mereka sukai. Sekaligus juga berinteraksi dengan pengguna lain.

4. RESSO

Pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 2020, popularitas RESSO semakin meningkat. Dalam satu tahun saja RESSO sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android di Google Play Store.

Sekilas, RESSO mengusung fitur yang hampir sama dengan berbagai aplikasi musik streaming gratis lain. Di aplikasi ini pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu rilisan terbaru, membuat playlist, dan juga melihat lirik lagu yang sedang didengarkan.

Namun keistimewaan RESSO justru terletak pada fitur Karaoke. Di fitur ini pengguna bisa langsung menyanyikan lagu-lagu favorit dan juga merekamnya. RESSO juga kerap menggelar kompetisi karaoke yang bisa diikuti.

Tidak hanya keunggulan itu saja, RESSO juga memiliki satu kelebihan tersendiri. Dibandingkan aplikasi lain, RESSO memberikan kebebasan paling banyak bagi pengguna untuk streaming musik gratis. Hampir tidak ada batasan untuk lagu yang bisa didengarkan secara gratis. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan semua fitur walau tidak berlangganan.

5. Musixmatch

Tidak semua aplikasi streaming menyediakan fitur lirik lagu. Hampir semua aplikasi juga tidak menyediakan terjemahan untuk lirik-lirik lagu tersebut. Padahal kerap kali pengguna ingin mengetahui lirik dari lagu kesayangan yang mereka dengarkan.

Bila Anda salah satu yang mengalami kerisauan yang sama, tidak perlu khawatir. Musixmatch merupakan aplikasi streaming yang langsung menyediakan lirik dan terjemahan dari semua lagu. Aplikasi ini termasuk salah satu paling cepat dalam merilis lirik untuk lagu-lagu terbaru.

Menariknya lagi,Musixmatch memiliki fitur sinkronisasi dengan berbagai aplikasi lain. Sehingga Anda bisa mendengarkan lagu di Spotify dan melihat lirik dari lagu tersebut di Musixmatch! Tidak hanya Spotify saja, Musixmatch bisa tersinkronisasi dengan YouTube Music, Google Play Music, Soundcloud, sampai Apple Music.

6. Shazam

Satu lagi aplikasi untuk streaming musik dengan fitur menarik. Bila dibandingkan dengan deretan aplikasi di atas, Shazam mungkin kalah populer. Meski aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur unggulan yang tidak kalah menarik.

Shazam memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu secara online maupun offline. Aplikasi ini juga menghadirkan fitur yang memastikan pengalaman mendengar lagu terbaik. Seperti adanya fitur untuk repeat dan shuffle lagu-lagu untuk didengarkan. Hingga fitur rekomendasi lagu dari aplikasi.

Fitur satu ini menjadi keunggulan tersendiri dari aplikasi ini. Shazam akan memberikan rekomendasi lagu-lagu terbaru maupun lawas yang dinilai akan cocok dengan pengguna. Menariknya, rekomendasi lagu dari aplikasi ini diakui hampir selalu cocok dengan selera musik pengguna!

Selain bisa mendapatkan rekomendasi lagu terbaru, Shazam juga memiliki fitur dimana pengguna bisa mencari lagu berdasarkan irama musik. Fitur ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang sering kali penasaran judul sebuah lagu yang sekilas didengarkan!

Penutup

Saat ini, mendengarkan lagu-lagu kesayangan memang sangat mudah. Ada banyak aplikasi musik streaming gratis yang bisa digunakan untuk mendengarkan lagu. Baik itu secara online maupun offline.

Aplikasi streaming juga memberikan berbagai fitur unggulan menarik. Masing-masing memastikan pengguna mendapatkan pengalaman mendengarkan musik terbaik dan paling berkesan. Fitur seperti playlist, live performance dan live streaming, bahkan juga karaoke bisa dinikmati.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment