Suara tidak keluar di Windows

8 Solusi untuk Masalah Suara Tidak Keluar di Windows

Techs Bright

Suara tidak keluar di Windows mungkin terjadi karena speaker yang rusak. Namun jangan buru-buru menyimpulkan demikian. Pasalnya masih banyak alasan mengapa suara tidak bisa keluar di Windows. Anda bisa mencoba berbagai cara sebelum mengganti atau memperbaiki speaker-nya. Jadi biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat. 

Penyebab Suara Tidak Keluar di Windows

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan suara tidak keluar ketika membuka musik atau video, berikut di antaranya:

1. Mode Senyap atau Mute Sedang Aktif

Penyebab suara tidak keluar di Windows yang pertama yaitu mengaktifkan mode senyap atau mute secara tidak sadar. Anda mungkin tidak sadar bahwa mode senyap sedang diaktifkan. Mode senyap membuat semua aplikasi, notifikasi, dan lain sebagainya tidak aktif. Fungsinya memang membuat suasana senyap sehingga tidak ada yang terganggu oleh bunyi laptop atau PC Anda.

2. Speaker Sedang Disable atau Nonaktif

Selain model senyap, terkadang speaker laptop memang sedang tidak dinonaktifkan. Pada mode senyap terkadang masih ada notifikasi atau aplikasi yang bisa berbunyi. Oleh sebab itu beberapa orang menonaktifkan speaker. Selain itu, speaker juga bisa disable atau tidak aktif secara tidak sengaja. Jadi Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu sebelum memperbaiki.

3. Sistem Bermasalah

Sistem operasi Windows juga bisa bermasalah sehingga menyebabkan beberapa komponennya tidak berfungsi. Masalah pada sistem operasi bisa disebabkan oleh instalasi yang bermasalah, virus atau malware, atau update Windows kurang lengkap sehingga tidak semuanya berhasil. Jika sistem yang bermasalah, Anda hanya perlu update sistem saja sehingga hemat budget

4. Driver Speaker Rusak

Driver adalah komponen yang sangat penting dari sebuah laptop atau PC. Fungsi utamanya untuk menghubungkan sistem dengan perangkat keras komputer seperti speaker. Apabila ada masalah pada driver, maka bisa saja speaker menjadi tidak berbunyi. Harus segera diperbaiki agar kembali seperti semula.

5. Komponen Speaker Rusak

Penyebab suara tidak keluar yang paling berbahaya yaitu komponen speaker rusak. Komponen rusak bisa terjadi karena kabel putus, debu, speaker sudah lama, dan lain-lain. Jalan satu-satunya agar kembali bagus adalah memperbaikinya.

Cara Mengatasi Suara Tidak Keluar di Windows

Setelah mengetahui penyebab suara tidak keluar di Windows, selanjutnya atasi dengan beberapa cara berikut ini:

1. Cek Bagian Volume

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek bagian volume speaker laptop. Jika speaker atau sound berada pada pengaturan mute (volume 0%), maka suara tidak akan keluar. Cek berapa volume suara speaker laptop atau PC Anda, siapa tau memang 0%.

Berikut ini adalah memastikan bahwa bagian volume tidak mute:

  • Langkah 1: Posisikan kursor pada bagian “Sound”, lalu klik kanan.
  • Langkah 2: Pilih opsi “Open Volume Mixer”.
  • Langkah 3: Lihat apakah “Sound” dalam kondisi mute atau tidak. Biasanya ada tanda merah apabila berada di kondisi mute.
  • Langkah 4: Tingkatkan volume sesuai kebutuhan Anda.
  • Selesai.

2. Pastikan Speaker Sudah Aktif atau Enable

Selain volume mute, mungkin speaker di laptop Anda sedang berada di kondisi nonaktif atau disable. Langkah-langkah untuk mengecek pengaturan speaker yaitu:

  • Langkah 1: Masuk ke “Settings”, kemudian pilih “System”.
  • Langkah 2: Pilih opsi “Sound”, selanjutnya klik “Manage Sound Device”.
  • Langkah 3: Pastikan speaker dalam keadaan aktif atau enable.
  • Langkah 4: Pada Windows 10 ke atas, Anda bisa melakukan pengujian suara dengan menekan “Test”. Apabila muncul bunyi artinya speaker tidak rusak.
  • Selesai.

3. Cek dengan Fitur Troubleshoot

Fitur Troubleshoot adalah fitur yang dipakai untuk mengecek driver dan komponen terhubung. Jadi Anda bisa mengetahui apakah speaker sedang rusak atau tidak. Langkah-langkah mengecek speaker dengan fitur Troubleshoot cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke “Settings”, lalu pilih “System”.
  • Langkah 2: Selanjutnya pilih opsi “Sound”, kemudian “Troubleshoot”.
  • Langkah 3: Tunggu proses detect problem untuk mengetahui apakah audio bermasalah atau tidak. 
  • Langkah 4: Ikuti petunjuk untuk mengatasi error atau masalah yang mungkin muncul.
  • Selesai.

4. Install Ulang atau Update Bagian Driver Speaker

Masih belum normal juga? Cara mengatasi suara tidak keluar di Windows selanjutnya yaitu dengan install ulang atau update driver. Sebagian besar laptop sekarang tidak perlu install driver speaker lagi. Akan tetapi mungkin laptop Anda membutuhkannya. Adapun cara install ulang yaitu sebagai berikut:

  • Langkah 1: Masuk ke “Control Panel”, lalu cari opsi “Device Manager”.
  • Langkah 2: Pilih bagian “Sound, video and game controllers”.
  • Langkah 3: Ada tulisan Intel(R) Display Audio yang merupakan driver bawaan. Sedangkan Realtek High Definition Audio merupakan driver tambahan.
  • Langkah 4: Lihat apakah ada tanda seru pada kedua driver tersebut. Jika iya, maka diver bermasalah.
  • Langkah 5: Untuk mengatasi masalah, klik kanan lalu pilih “Update Driver”.
  • Langkah 6: Ikuti semua panduannya.
  • Selesai. 

5. Update Sistem Operasi

Sistem operasi Windows selalu berkembang dari tahun ke tahun. Update sistem operasi membuat sistem dan komponen yang terhubung menjadi lebih stabil. Cek terlebih dahulu apa ada Windows versi terbaru yang bisa Anda update, berikut caranya:

  • Langkah 1: Masuk ke menu “Settings”, lalu pilih “Update & Security”.
  • Langkah 2: Pilih opsi “Windows Update”.
  • Langkah 3: Tekan bagian “Check for Updates” untuk mengetahui apakah ada Windows versi terbaru di laptop atau PC Anda.
  • Langkah 4: Apabila ada, Anda bisa langsung melakukan update. Jika tidak ada, lakukan solusi lain.
  • Selesai.

6. Restart PC atau Laptop

Solusi mengatasi masalah suara tidak keluar di Windows yang paling simple yaitu restart PC atau laptop. Pada beberapa kasus, update ke Windows yang lebih tinggi bisa menyebabkan speaker bermasalah. Akibatnya suara tidak keluar. Cobalah cara paling simple yaitu restart laptop atau PC. Jika tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara lainnya.

7. Install .Net Framework

Apakah Anda tahu apa itu .Net Framework? .Net Framework sendiri adalah software yang berguna menghubungkan aplikasi dan sistem operasi di Windows. Apabila software satu ini, perangkat keras termasuk speaker tidak bisa bekerja sesuai fungsi utamanya. Kunjungi situs Microsoft atau klik di sini untuk mendapatkan .Net Framework. 

8. Bawa ke Tempat Service

Semua cara dicoba tapi tetap tidak ada yang berhasil? Jalan terakhir yang bisa Anda tempuh yaitu membawa ke tempat service. Namun pastikan memilih tempat service terpercaya agar hasilnya memuaskan. Selain itu, tempat service terpercaya bisa membantu memperbaiki masalah dengan cepat. Jadi laptop atau PC Anda bisa segera dipakai lagi.

Cukup banyak alasan yang bisa membuat speaker rusak seperti kabel putus, sambungan bermasalah, komponen rusak, dan lain sebagainya. Tukang service akan mengecek lalu menginformasikan biayanya pada Anda. Harganya tergantung dari kerusakan speaker Anda. Semakin banyak kerusakannya, maka harganya pun akan semakin tinggi. 

Penutup

Itulah berbagai solusi untuk masalah suara tidak keluar di Windows. Cek semua bagian sebelum membawanya ke tukang service. Sangat rugi bukan jika masalahnya sederhana dan bisa diatasi sendiri? Semoga pembahasan yang diberikan mudah dipahami dan bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment