Tanda-Tanda BSU Cair Mei 2022: Menteri Tenaga Kerja Buka Suara, Begini Cara Cek BLT Melalui SMS BPJS Ketenagakerjaan

Tanda-Tanda BSU Cair Mei 2022: Menteri Tenaga Kerja Buka Suara, Begini Cara Cek BLT Melalui SMS BPJS Ketenagakerjaan

Saat ini banyak yang mencari informasi tentang BSU di link BPJS Ketenagakerjaan, kapan Bantuan Subsidi Upah untuk Tenaga Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dibayarkan dan bagaimana cara mendaftar BLT Subsidi Upah 2022 tersebut.

Mengetahui tanda-tanda BSU cair pada Mei 2022, Kementerian Tenaga Kerja buka suara. Cari tahu cara verifikasi penerima BLT Subsidi Upah melalui SMS BPJS Ketenagakerjaan.

Tahun ini pemerintah memastikan bantuan subsidi upah akan kembali disalurkan pada tahun 2022, setelah tahun 2020 dan 2021 subsidi upah BLT dialihkan kepada pekerja.

BSU atau Bantuan Subsidi Upah adalah program subsidi upah BLT Dinas Tenaga Kerja yang disalurkan kepada pekerja dengan tujuan membantu mereka bertahan hidup di tengah pandemi.

Selama ini untuk mengecek daftar penerima manfaat, pada 2020 dan 2021, pekerja bisa mengecek website BSU Subsidi Upah yang disediakan Kementerian Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan.

Subsidi upah BLT nominal yang dibayarkan kepada pekerja pada tahun 2020 mencapai Rp 2,4 juta per orang. Sedangkan pada tahun 2021 dan 2022 nominal BSU turun menjadi Rp 1 juta.

Berikut syarat mendapatkan BSU 2022:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berstatus pegawai yang menerima upah/gaji
  3. Mempunya gaji kurang dari 3,5 juta per bulan
  4. Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan
  5. Memiliki rekening Bank Himbara

Cari tahu cara verifikasi untuk mendapatkan BSU 2022 berikut:

  1. Kunjungi link bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id (klik DI SINI) atau melalui Disnaker BSU untuk bantuan subsidi upah (klik DI SINI).
  2. Lengkapi NIK dan KTP
  3. Ketik nama yang lengkap
  4. Ketik tanggal lahir

Setelah itu, sistem akan memberikan notifikasi mengenai status penerima BSU. Jika mengacu pada tahun lalu, pegawai yang memiliki rekening Bank Himbara otomatis akan menerima transfer sebesar Rp 1 juta.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Pangan dan Minyak Goreng, Cair Langsung Rp 900 Ribu

Bagi pekerja yang tidak memiliki rekening Bank Himbara, tetap akan mendapatkan BSU selama memenuhi syarat karena Kementerian Tenaga Kerja membuka rekening bersama.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menjelaskan, pada 2022, kriteria penerima sementara BSU diperuntukkan bagi pekerja yang gajinya di bawah Rp 3,5 juta.

Database Penerima Subsidi Upah BSU juga masih menggunakan data peserta BPJS Ketenagakerjaan. Artinya syarat untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan adalah mutlak.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran BSU 2022 sebesar Rp8,8 triliun dengan alokasi bantuan per BLT penerima subsidi upah sebesar Rp1 juta.

Pada Mei 2022, ada kabar gembira bahwa BSU Kementerian Tenaga Kerja sudah mulai dicairkan. Demikian kata salah satu penerima subsidi upah BLT.

Menanggapi status yang telah beredar tersebut, melalui situs Kementrian Tenaga Kerja mengonfirmasi hal tersebut dijelaskan, BSU sedang dipersiapkan.

Artinya, meski telah muncul pesan yang menyatakan bahwa BSU 2022 telah didistribusikan, itu tidak benar. Jadi pekerja tidak perlu khawatir jika menerima notifikasi, tetapi belum ditransfer.

Kemenaker juga menyampaikan bahwa jika proses pencairan sudah masuk, pihaknya akan memberikan update di media sosial resmi untuk menginformasikan perkembangan pencairan.

Cara untuk cek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS sebagai berikut:

  1. SMS ke nomor 2757
  2. Gunakan format berikut: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta
  3. Untuk tanggal lahir, gunakan format dd-mm-yy.

Demikian penjelasan tentang tanda bahwa BSU cair pada Mei 2022, Kementerian Tenaga Kerja akhirnya buka suara. Cari tahu cara verifikasi penerima BLT Subsidi Upah melalui SMS BPJS Ketenagakerjaan.