Resmi Dibuka, Ketahui Cara dan Ketentuan Pendaftaran Prakerja Gelombang 35

Resmi Dibuka, Ketahui Cara dan Ketentuan Pendaftaran Prakerja Gelombang 35

Mochamad Ikhwana

Kabar gembira untuk Anda yang lagi galau menunggu program Kartu Prakerja. Karena kemarin, Minggu, 3 Juli 2022, pendaftaran Kartu Prakerja 35 resmi dibuka.

Informasi pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 35 dikirimkan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id. Untuk mengetahui cara daftarnya dan persyaratan dengan lengkap mengenai kartu Prakerja, lihat penjelasan ini.

“Gelombang 35 sudah dibuka lho… Udah pada klik untuk ‘Join Gelombang’ belum? Yang belum daftar, daftar sekarang biar bisa ikut gelombang,” begitu pengumuman yang ditulis oleh admin @prakerja.go.id.

Bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki akun dan telah memperbaharui data diri Anda di website Kartu Prakerja, cukup klik gabung di dashboard. Jika Anda belum memiliki akun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan ketentuan yang ditentukan.

Persyaratan untuk mendaftarkan kartu Prakerja Gelombang 35 sangat penting. Karena kalau tidak memenuhi pada semua persyaratannya  yang telah ditentukan, kemungkinan Anda tidak akan lolos semakin besar.

Momen ini juga menjadi peluang bagi Anda yang belum pernah berkesempatan untuk lulus program Kartu Prakerja. Bagi anda yang tertarik, silahkan segera untuk mendaftar agar tidak ketinggalan. Sebelum mendaftar, pelajari dulu persyaratan daftar Gelombang 35 Prakerja berikut ini.

Gelombang 35 Persyaratan Pendaftaran Prakerja

1. WNI berusia atau berumur di atas 18 tahun

2. Pada saat ini tidak sedang menempuh pendidikan formal

3. Sedang mencari pekerjaan, buruh atau pekerja yang diberhentikan, atau buruh atau pekerja yang perlu ditingkatkan keterampilan kerjanya, seperti buruh/pekerja yang diberhentikan dan pekerja non-gaji, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

4. Non-penerima bantuan sosial lainnya, selama pandemi COVID-19

5. Bukan menjadi pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa serta Direksi/Komisaris/Badan Pengawas di BUMN atau BUMD

6. Mendaftarkan paling banyak 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang merupakan penerima Kartu Prakerja

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 35

Setelah mengetahui persyaratan yang diperlukan, berikut adalah cara mengajukan Kartu Prakerja Gelombang 35:

1. Buat akun Kartu Prakerja, caranya :

  • Masuk melalui laman resmi prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id/
  • Masukkan alamat email Anda dan kata sandi 6 karakter, lalu konfirmasi kata sandi
  • Selanjutnya, klik kotak centang pada halaman pernyataan di bawah “ulangi kata sandi”
  • Kemudian klik Daftar
  • Buka email notifikasi yang telah dikirimkan melalui email yang terdaftar di situs Prakerja
  • Lakukan verifikasi
  • Jika sudah menyelesaikan verifikasi, maka pendaftaran Kartu Prakerja berhasil dan Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka kembali situs di www.prakerja.go.id atau dengan login ke Akun Prakerja.

3. Verifikasi KTP Anda dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda, klik ‘Lanjut’ Isi data pribadi yang diperlukan. Pastikan data yang Anda telah dimasukkan sudah sesuai dan benar.

4. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tertera agar proses verifikasi e-KTP bisa berjalan lancar.

5. Upload foto diri Anda yang diambil langsung dari kamera HP.

6. Verifikasi nomor ponsel Anda dengan mengklik “Kirim”.

7. Masukkan kode OTP yang sebelumnya dikirim melalui SMS ke nomor ponsel Anda, lalu klik “Verifikasi”.

8. Lengkapi “Pernyataan Pendaftaran” sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Selesaikan sampai selesai, jika sudah klik “OK”.

9. Setelah itu, Anda harus melakukan tahap tes keterampilan dasar dan motivasi. Setelah selesai tes, hasil tes akan dievaluasi oleh tim seleksi kartu prakerja.

10. Langkah selanjutnya, ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dengan mengklik “Mulai Tes”

11. Setelah menyelesaikan tes, pendaftaran akan segera selesai dan Anda hanya perlu mengikuti gelombang seleksi. Pilih gelombang yang sesuai dengan alamat Anda saat ini, lalu klik “Join”

12. Selanjutnya akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi berbagai pernyataan

Itu tadi informasi cara dan syarat mendaftar Prakerja Gelombang 35. Jika berminat segera gabung atau jika belum punya akun segera daftar. Semoga berhasil!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment