Cara Investasi Saham BRI Bagi Pemula

Cara Investasi Saham BRI Bagi Pemula

Mochamad Ikhwana

Apakah Anda ingin berinvestasi untuk masa depan? Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati saat ini. Salah satunya dengan berinvestasi di saham BRI. Namun, tidak semua orang tahu cara berinvestasi di bidang ini, terutama bagi pemula.

Beragam Cara Berinvestasi di Saham BRI

Perlu Anda ketahui, berinvestasi di saham bank BRI kini semakin mudah. Tak heran jika dari waktu ke waktu kebanyakan orang mulai belajar tentang dunia investasi. Lalu bagaimana cara berinvestasi di BRI? Simak beberapa langkahnya di bawah ini:

1. Buka Akun Rekening

Jika Anda ingin memulai investasi saham, maka wajib bagi seseorang untuk membuat akun saham terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa rekening saham merupakan rekening khusus untuk semua klien yang ingin menyimpan dana saham. Termasuk saham bank BRI.

Jadi apa tujuan membuka rekening saham? Tujuannya adalah untuk membagi dividen yang diperoleh dari perusahaan sehingga dikirim melalui rekening. Dengan begitu, seseorang lebih mudah untuk berinvestasi di saham bank BRI sesuai keinginannya.

2. Siapkan Dana atau Uang

Selanjutnya, pastikan untuk menentukan jumlah nominal dana yang ingin Anda investasikan. Karena itu, cobalah untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. Sehingga nantinya mereka bisa langsung melakukan proses investasi. Dengan nominal/jumlah dana sendiri cukup beragam.

Yang paling penting adalah menghitung pengeluaran dan kebutuhan pendapatan per bulan. Cara ini cukup efektif untuk menghindari penggunaan uang di saham untuk keperluan sehari-hari. Tidak ada salahnya menyimpan dana khusus untuk investasi tersebut.

3. Tentukan Jenis Pada Sahamnya

Tidak banyak yang tahu bahwa pada dasarnya ada beberapa jenis saham yang bisa Anda pilih. Seperti saham preferen dan saham biasa. Dari situ tentunya kedua jenis saham tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan cara ini, Anda sebagai investor dapat memilihnya sesuai dengan tipe ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih dalam tentang kedua jenis saham tersebut. Pasalnya, langkah ini dilakukan untuk mengecek apa saja kelebihan masing-masing sehingga bisa dijadikan pilihan.

4. Tabungan Reguler atau Rutin Menabung

Seperti diketahui, investasi merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati saat ini. Jika Anda ingin berinvestasi di saham BRI sendiri, seseorang perlu menabung secara teratur. Setidaknya usahakan untuk menyetor uang secara rutin setiap bulannya.

Dengan cara ini, hasil investasi yang diperoleh dapat diperoleh dengan leverage yang lebih tinggi. Menabung secara rutin juga dapat memudahkan seseorang untuk menyisihkan uang khusus untuk investasi. Tentu saja, kebutuhan sehari-hari tidak akan tercampur dengan uang.

Beberapa Tips Membeli Saham BRI

Bagi seorang pemula tentunya perlu lebih memahami seperti apa investasi saham itu. Apalagi jika Anda ingin membeli saham. Jika Anda ingin membeli saham BRI, ada baiknya menyimak beberapa tips pada penjelasan di bawah ini:

1. Temukan Informasi

Seorang investor saham tentunya perlu mempelajari lebih dalam tentang kegiatan investasi tersebut. Sumber utama pembelajaran itu sendiri dapat berupa website resmi di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Selain itu, ada banyak sekali informasi mengenai tentang perusahaan atau penerbit bursa.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari tindakan ini satu per satu. Seperti Indeks Saham, Laporan Keuangan Perusahaan, Kinerja IHSG, Keterbukaan Informasi, Tren Pasar Saham, Mekanisme Perdagangan Saham dan masih banyak lainnya.

2. Bergabunglah Dengan Komunitas Saham

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang membeli saham, tentu sangat penting bagi Anda untuk bergabung dengan komunitas atau seminar saham. Cara ini cukup efektif untuk menambah pengetahuan tentang dunia investasi saham.

Adanya komunitas tentunya akan membuat seseorang semakin aktif dan rajin untuk bersama-sama mencari informasi saham. Tak hanya itu, tak ada salahnya jika Anda mengikuti Sekolah Pasar Modal. Sekolah ini diselenggarakan langsung oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia.

3. Lakukan Perhitungan

Yang tidak kalah penting untuk investasi saham adalah melakukan perhitungan. Investasi saham ini sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan agar seseorang tidak mudah terbawa arus. Pasalnya, jika Anda melakukan hal ini, tentu Anda bisa melukai atau meugikan pada diri sendiri.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membeli saham yang pemiliknya lebih dikenal. Pastikan juga saham tersebut memiliki kredibilitas dan track record yang baik. Yang terpenting adalah tentang perspektif, valuasi dan proyeksi ke depan.

4. Pahami Resikonya

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa pada dasarnya kegiatan investasi saham juga cukup berisiko. Artinya, tingginya keuntungan saham akan sebanding dengan tingginya risiko. Pertimbangkan risiko ini dengan baik agar uang dapat diinvestasikan dalam saham dan tidak merugi.

Selain itu, pastikan juga untuk memikirkan harga saham yang akan naik atau turun. Oleh karena itu, ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli/menjual saham. Cara ini harus diperhatikan dengan matang agar tidak mengalami kerugian.

5. Manfaatkan Dana Lain

Terakhir, cobalah untuk menghindari kerugian di masa depan dengan berinvestasi di saham. Misalnya, jika Anda memiliki dana tidak aktif di akun Anda. Jika dana darurat sudah terpenuhi dengan baik, maka tentunya tidak ada salahnya menggunakan dana tersebut untuk kegiatan investasi.

Usahakan juga untuk tidak melakukan pinjaman, termasuk pinjaman online. Pasalnya, utang tersebut tentunya akan memiliki pokok dan bunga yang harus dibayar secara berkala. Sedangkan berinvestasi saham dapat memberikan keuntungan tersendiri.

Itulah beberapa cara berinvestasi di saham BRI. Hari ini, siapa pun dapat dengan mudah berinvestasi. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tentunya investasi dapat dilakukan dengan efektif. Untuk itu, coba pahami lebih dalam tentang beberapa tips membeli saham di atas.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment