Motor Scoopy Terbaru 2022 Harga dan Spesifikasi

Motor Scoopy Terbaru 2022 Harga dan Spesifikasi

Mochamad Ikhwana

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, Honda Scoopy langsung menarik perhatian masyarakat khususnya anak muda yang menginginkan skuter matik dengan desain yang elegan atau stylish.

Peluncuran resmi model terbaru Honda Scoopy 2020 oleh PT Astra Honda Motor (AHM), semakin memanaskan persaingan skutik retro. Honda sebagai pemimpin pasar di segmen ini jelas tidak mau pindah tahta atau tahtanya digeser.

Pada Scoopy generasi kelima ini, tampilannya tidak jauh berbeda dengan generasi keempat yang pertama kali diperkenalkan pada 2017 lalu. Hal ini dikarenakan desain yang ditawarkan sudah menarik sehingga pihak pabrikan hanya melakukan perbaikan kecil-kecilan saja (touch up minor).

Desain Honda Scoopy 2022

Meski demikian, semua bagian motor ini benar-benar baru, mulai dari rangka, mesin, kaki-kaki hingga teknologi dan fitur pelengkapnya. Desain mangkuk atau bulat dengan bentuk S semakin menambah kesan retro dan chunky pada skutik ini.

Desain serba tetap dipertahankan sebagai ciri khasnya. Fasia depan semakin unik dengan bentuk lampu depan lonjong dengan pancaran teknologi cahaya sudah menggunakan LED.

Lampu kedip dibuat terpisah dari lampu depan, dengan bentuk seperti bulan sabit. Bentuk sinyal kedip yang sama juga terlihat di bagian belakang sepeda motor.

Mesin atau Engine Honda Scoopy 2022

Honda juga membekali Scoopy terbaru ini dengan sederet fitur kekinian, seperti dashboard yang menggunakan tangan digital dan analog. Informasi yang ditampilkan adalah jam digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real-time, tripmeter, voltmeter hingga indikator Smart Key System.

Honda Scoopy 2022 dibangun di atas rangka eSAF (Enhanced Architecture Frame), yang sebelumnya digunakan untuk Honda Beat dan Honda Genio. Jenis rangka ini terbuat dari pelat baja lembaran, yang dicetak dan kemudian dihubungkan dengan pengelasan laser.

Rangka eSAF ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan rangka yang digunakan sebelumnya, seperti bobot yang lebih ringan, kekakuan yang lebih baik, ketahanan guncangan dan dapat memberikan ruang lebih untuk tangki bahan bakar dan barang bawaan di belakang jok.

Mesin yang digunakan masih 110 cc, namun kini dengan kombinasi ukuran piston 47 mm dan langkah piston 63,1 mm. Dengan karakter mesin jungkir balik (overstroke), sepertinya Honda menginginkan akselerasi yang baik dari skuter entry-levelnya, tetapi juga ingin menghemat bahan bakar.

All New Honda Scoopy ditenagai oleh mesin 1 silinder berkapasitas 110cc, eSP, PGM-FI, SOHC 2-valve, berpendingin udara dan tentunya dilengkapi dengan gearbox otomatis. Sepeda motor Honda Scoopy mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,1 PS pada 7.500 RPM dan torsi 9,4 Nm (0,96 kgf.m) pada 6.000 RPM. Mesin eSP 110cc dilengkapi dengan starter ACG, yang terdengar halus saat digunakan. Skuter populer Honda merespons atau responsif dengan akselerasi 12,73 detik hingga 200 m dan bertenaga dengan kecepatan tertinggi 91,3 km/jam (menggunakan alat uji kinerja).

Honda Scoopy mampu menawarkan penghematan bahan bakar di kelasnya yang mencapai 59 km/liter dengan mengaktifkan fungsi ISS (metode ECE R40) dengan metode uji EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/liter).

Desain dan Penampilan Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy 2022 menggunakan desain bodi yang memiliki bentuk S, atau lekuk bodi seperti huruf S, yang membuat tampilan motor ini bergaya retro namun juga terlihat elegan.

Dengan Honda Scoopy 2022 terlihat lebih imut dan chunky, lekuk bodinya membulat namun terlihat kokoh. Hal itu tak lepas dari penggunaan lingkar kulit 12 inci yang dibalut ban dengan profil tebal.

Penggunaan lampu LED dengan proyektor masih dipertahankan pada model baru, hanya saja bentuknya dibuat lebih lonjong. Indikator berkedip vertikal di setiap sisi.

Desain handle tanpa tutup sudah dipertahankan sejak pertama kali motor ini diperkenalkan pada 2010. Namun kini didekorasi dengan panel instrumen model baru, dengan kombinasi digital dengan jangkauan informasi yang lebih lengkap.

Area dek datar memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk membawa barang. Sepintas bodi belakang masih terlihat mirip dengan generasi sebelumnya, namun dihiasi dengan lampu belakang bentuk baru yang terlihat mewah.

Sejak generasi keempat, Honda membuat tampilan Scoopy semakin imut berkat penggunaan velg 12 inci dan ban berprofil tebal. Inilah yang dipegang Honda untuk Scoopy 2022 yang disukai banyak orang.

Penggerak, Dimensi, dan Pengamanan Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy ini memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm dan tinggi 1.075 mm sesuai postur konsumen Indonesia pada umumnya, dan dengan tinggi jok hanya 746 mm dari permukaan tanah, Anda dapat mudah menggunakan motor ini dengan sempurna.

Mesin honda scoopy 2022 ini mampu memberikan kelincahan saat bermanuver. Jalan pendek yang penuh belokan dapat dengan mudah dilalui. Bermanuver di setiap tikungan dengan motor ini cukup meyakinkan, dengan ban lebar, suspensi depan teleskopik dan swingarm, serta peredam kejut tunggal juga menambah kepercayaan diri.

Mesin tetap stabil saat diminta berbelok di tikungan sempit yang sering ditemui di kondisi jalan dan minim gejala rolling atau limbung saat berkendara.

Fitur Pengereman dan Keselamatan Honda Scoopy 2022

Fitur penting pada motor Honda Scoopy 2022 ini dari segi sisi keselamatan adalah dengan fiturnya yang Combi Brake System (CBS). Sistem pengereman seperti ini merupakan kombinasi atau campuran dari rem depan dan belakang. Pengendara cukup menarik tuas kiri, maka rem belakang akan bekerja secara bersamaan. Dengan cara ini Anda bisa menghasilkan pengereman yang optimal.

Penumpang juga menikmati kenyamanan dan keamanan berkat fungsi kunci rem parkir. Pada dasarnya ia bekerja seperti rem parkir pada mobil. Membantu mengunci posisi mobil, terutama saat berhenti di kondisi jalan menanjak atau menurun. Dan karena sistem mengunci rem belakang.

Harga Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy 2022 menawarkan dengan 4 varian dan 8 pilihan pada warna. Varian Sporty hadir dalam warna Sporty Red dan Sporty Black. Sedangkan untuk varian Fashion menawarkan warna Fashion Blue dan juga Fashion Black. Kedua varian tersebut dijual dengan harga Rp 20.475 juta. Kemudian untuk varian Elegant dan Prestige yang dilengkapi Smart Key System memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red. Dan Prestige White dan Prestige Black dengan harga Rp 21.275 juta OTR Jakarta.

Kesimpulan Honda Scoopy 2022

Dengan bentuk yang unik dan sejumlah fitur imut yang dimiliki Honda Scoopy 2022, lumayan lah jika dibanderol dengan harga Rp20.475 juta hingga Rp21.275 juta, layak untuk dikendarai kemana saja. Tidak hanya itu saja, beragam warna yang menarik juga menjadi nilai plus atau tambah untuk menarik calon konsumen (pembeli). Ada dua varian, sporty dan elegan. Jika Anda menginginkan grafik animasi, Anda dapat memilih sporty. Jika ingin tampil secara elegan atau stylish, Anda bisa memilih gaya Anda sesuai dengan selera. Tentunya semua tergantung selera masing-masing konsumen.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment