jenis-jenis motor listrik

Mengenal Jenis-Jenis Motor Listrik dan Pemanfaatannya

Mochamad Ikhwana

Saat ini sudah banyah tipe dan model motor listrik yang beredar di tanah air hingga membuat orang-orang berlomba untuk memilikinya. Meskipun begitu, Anda tidak hanya bisa memiliki tetapi juga harus paham jenis-jenis motor listrik yang berbeda-beda.

Mungkin lebih mudah menggunakan ketimbang mengenal berbagai komponen atau cara merawat motor listrik dengan benar. Dengan mengetahui jenis dari motor listrik tentu bisa membantu penyelesaian masalah saat terjadi kendala.

Apa Itu Motor Listrik?

Apa saja jenis motor listrik? Tentu sebelumnya Anda perlu mengetahui pengertian dari motor listrik sendiri agar lebih paham. Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa banyak yang menilai motor listrik sebagai transportasi masa depan.

Lantas, apa itu motor listrik? Motor listrik adalah kendaraan roda dua yang menggunakan baterai sebagai sumber energi. Baterai yang terpasang dalam motor listrik nantinya akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan motor.

Motor listrik ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain akselerasi spontan, efisiensi tinggi, suara lebih halus, tidak menyebabkan pencemaran udara, dan lainnya. tentu sangat penting untuk mengetahui pengertian motor listrik sebelum mempelajari tentang jenis-jenis motor listrik.

Apa Saja Jenis-Jenis Motor Listrik?

Dengan melihat berbagai model atau tipe dari motro listrik bisa mmebuat orang langsung jatuh hati dan tidak sabar untuk membelinya. Terlebih saat ini tipe dan model motor listrik semakin beragam lengkap dengan menawarkan spesifikasi canggih.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis motor listrik dan pengertiannya agar lebih paham cara kerja motor tersebut. Pasalnya, motor listrik berbeda dengan motor konvensional dari segi bahan bakar, cara kerja, hingga perawatannya.

Pada motor memiliki dua bagian penting, yaitu rotor atau bagian yang bergerak dan stator atau bagian yang diam. Sedangkan untuk jenis dari motor listrik sendiri terbagi menjadi dua macam berdasarkan sumber ketegangannya.

1.      Motor DC

Tidak ada salahnya mengetahui jenis-jenis motor listrik yang sudah beredar di tanah air sehingga bisa memilih yang tepat. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memahami cara kerja atau mengatasi saat terjadi kendala pada motor eletrik.

Salah satunya motor DC atau motor eletrik arus searah, motor DC adalah jenis motor yang beroperasi menggunakan sumber tegangan arus searah. Motor listrik arus searah dibagi menjadi dua kategori yang berdasarkan sumber dayanya.

·         Motor DC Sumber Terpisah (Separately Excited)

Keberadaan motor listrik memang cukup mencuri perhatian masyarakat, bahkan banyak yang berlomba-lomba untuk membelinya. Meskipun begitu, masih jarang orang yang paham jenis dari motor listrik tersebut, seperti jenis motor listrik DC.

Yang pertama ada motor listrik DC dengan sumber terpisah (Separately Excited) karena suplai arus medan dari sumber terpisah. Stator dan rotor dapat melakukan koneksi menggunakan catu daya berbeda sehingga motor dapat terkontrol dari shunt dan amature winding.

·         Motor DC Sumber Sendiri (Self Excited)

Jenis-jenis motor listrik cukup beragam sehingga Anda perlu mengetahui cara emmbedakannya agar tidak salah. Seperti pada motor DC, pada klasifikasi jenis ini masih terbagi ke beberapa jenis lain yang berbeda-beda.

Selain DC sumber terpisah, juga ada motor DC sumber sendiri atau Self Excited dengan sumber yang sama. Suplai arus medan berasal dari sumber yang sama dengan kumparan pada motor listrik.

·         Motor DC Shunt

Pada jenis motor listrik self excited sendiri tidak hanya tersedia dalam satu jenis saja, melainkan terbagi dalam 3 jenis. Motor listrik DC ini tergolong memiliki berggaam jenis tidak seperti yang lain sehingga cukup populer penggunaannya.

Jenis yang pertama ada motor DC shunt, gulungan medan pada motor DC shunt tersambung dengan gulungan motor listrik secara paralel. Tidak heran jika total arus yang terdapat dalam jalur merupakan hasil penjumlahan dari arus medan dan aruh generator.

·         Motor DC Seri

Dari jenis-jenis motor listrik yang beredar di pasaran tentu ada menggunakan sumber daya berbeda untuk bisa beroperasi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengenal berbagai jenis motor listrik terutama yang sering dipergunakan.

Tidak hanya motor DC shunt, namun juga ada DC seri yang masih termasuk ke dalam klasifikasi motor DC. Motor DC seri ini, gulungan medan (medan shunt) dan gulungan kumparan motor saling terhubung secara seri dan arus medan sama dengan arus generator.

·         Motor DC Gabungan atau Kompon

Mungkin Anda tidak tahu bahwa ada berbagai macam jenis motor elektrik sehingga kesulitan ketika mengalami masalah. Padahal klasifikasi jenis motor listrik terbagi menjadi beberapa bagian termasuk motor listrik DC.

Selain motor DC shunt dan seri, juga ada jenis motor DC kompon atau gabungan yang termasuk dalam bagian motor DC sendiri. Jenis ini gabungan dari DC seri dan shunt yang memiliki gulungan medan terhubung secara seri serta paralel pada gulungan kumparan motor.

2.      Motor AC

Sebenarnya motor listrik hadir sejak lama dan semakin populer karena banyak anggapan bahwa motor listrik sebagai transportasi masa depan. Tidak heran jenis-jenis motor listrik yang hadir di tanah air semakin beragam sehingga lebih menarik.

Jenis motor elektrik ada dua, yaitu DC dan yang satu lagi adalah motor listrik AC atau motor listrik arus bolak balik. Berdasarkan sumber dayanya, motor listrik kembali terbagi menjadi dua jenis sebagai berikut:

·         Motor Sinkron

Motor listrik arus bolak balik (AC) sendiri terbagi menjadi dua jenis, salah satunya adalah motor sinkron. Jenis motor sinkron adalah motor AC yang bekerja pada kecepatan tetap dengan sistem frekuensi tertentu.

Meskipun termasuk bagian dari jenis motor listrik arus bilak balik, tetapi motor sinkron tetap membutuhkan arus searah (DC). Motor arus searah ini berfungsi untuk membangkitkan daya dan memiliki torque awal yang rendah sehingga cocok untuk motor dengan beban awal rendah.

·         Motor Induksi

Motor induksi termasuk ke dalam jenis-jenis motor listrik terutama masuk bagian motor listrik AC (Alternating Current). Motor jenis ini beroperasi sesuai dengan induksi medan magnet antara stator dan rotor

Sama seperti jenis motor listrik lain, motor listrik induaki maaih terbagi menjado beberapa jenis lagi. Mungkin Anda juga sering mendengar tentang motor induksi tetapi tentu belum tentu paham jenis lain yang termasuk motor induksi.

Induksi Satu Fase

Motor listrik induksi sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, salah satunya adalah motor induksi satu fase. Motor induksi jenis ini memiliki satu gulungan stator dan memiliki rotor kandang tupai serta membutuhkan alat untuk menghidupkan motor.

Induksi Tiga Fase

Jenis motor induksi yang lain adalah motor induksi tiga fase, jenis ini dapat memberi pasokan secara seimbang dan menghasilkan medan magnet. Motor induksi tiga fase ini memiliki kemampun daya yang tinggi serta bisa memiliki kandang tupai.

Demikian penjelasan dari techsbright.com tentang jenis-jenis motor listrik yang beredar di Indonesia dan sering masyarakat pergunakan. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menentukan tipe atau model motor listrik sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment