Kekurangan Mobil Listrik

10 Kekurangan Mobil Listrik yang Wajib Diketahui

Mochamad Ikhwana

Mobil listrik tengah populer di tengah masyarakat lantaran banyak orang menganggapnya sebagai transportasi masa depan. Bahkan mobil ini terkenal ramah lingkungan, meskipun begitu masih ada kekurangan mobil listrik yang harus Anda ketahui.

Tidak hanya teknologi seperti handphone atau sistem yang mengalami perkembangan, tetapi juga alat transportasi. Meskipun terkenal canggih dan ramah lingkungan, ternyata mobil lostrik masih memiliki kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan.

10 Kekurangan Mobil Listrik

Teknologi yang canggih tentu tidak luput dari kekurangan meskipun banyak kelebihan atau manfaat yang bisa anda peroleh. Anda akan menemukan sejumlah perbandingan mobil listrik dengan mobil konvensional setelah mengetahui kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, Techsbright akan memberikan apa saja kekurangan dari mobil listrik sebagai berikut

1.      Harganya Mahal

Mobil listrik tengah menjadi incaran seluruh kalangan masyarakat karena terkenal ramah lingkungan. Sebenarnya mobil listrik sudah tersedia di Indonesia sejak beberapa waktu lalu dan sudah digunakan oleh kalangan artis dan pejabat.

Tidak heran jika banyak masyarakat umum yang juga menginginkan untuk membeli mobil listrik tersebut dan merasakan kenyamanannya. Akan tetapi, Anda juga harus mengetahui kekurangan mobil listrik yang sedang populer saat ini di berbagai kalangan.

Mobil listrik memang memiliki desain yang mewah sehingga terlihat sangat nyaman, tetapi harganya tergolong mahal. Dengan begitu, tentu tidak semua orang bisa membelinya karna harga mobil listrik yang jauh lebih mahal dari mobil konvensional.

2.      Kapasitas Penumpang Terbatas

Orang-orang tentu memiliki tujuan ketika hendak membeli mobil, salah satunya kapasitas penumpang lebih banyak. Selain itu, lebih aman pergi kemana saja menggunakan mobil tanpa perlu khawatir kehujanan atau kepanasan.

Berbeda ketika mengendarai motor yang hanya muat dua hingga tiga orang dan juga tidak memiliki atap. Dengan mengendarai motor untuk bepergian menjadi sangat terbatas baik penumpang serta rawan kepanasan dan kehujanan.

Akan tetapi, mobil listrik yang orang-orang anggap sangat nyaman dan berkelas ternyata memiliki kekurangan. Kekurangan mobil listrik adalah dimensinya yang tergolong kecil sehingga hanya bisa memuat sedikit penumpang atau terbatas.

3.      Tidak Bersuara

Di tanah air sudah ada beragam jenis dan merek kendaraan roda dua hingga roda empat menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Salah satunya mobil yang saat ini menjadi incaran masyarakat sebagai alat transportasi darat yang nyaman.

Biasanya mobil memiliki ciri khas suara masing-masing, baik mobil mahal maupun mobil murah akan mengeluarkan suara ketika mesin menyala. Mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional, mesin mobil listrik tidak mengeluarkan suara sama sekali ketika menyala.

Dan hal tersebut termasuk salah satu kekurangan dari mobil listrik karena bisa membahayakan saat di jalan. Pasalnya, kendaraan yang tidak bersuara dapat memicu terjadinya kecelakaan saat berkendara di jalan raya.

4.      Jarak dan Kecepatan Terbatas

Ada berbagai kekurangan mobil listrik yang masyarakat kkerahui lantaran terbius dengan penampilan desain yang mewah serta elegan. Bahkan masyarakat menilai banyak yang merasa nyaman saat mengendarai mobil listrik tersebut.

Selain memiliki berbagai kelebihan, tentu saja mobil listrik tidak sempurna seperti teknologi canggih lainnya. Jarak dan kecepatan mobil listrik terbatas menjadi salah satu kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.

Kecepatan mobil listrik yang terbatas tidak seperti kecepatan yang ada pada mobil konvensional. Dengan begitu, mobil listrik ini tidak cocok untuk Anda gunakan bepergian jarak jauh atau hanya bisa berjarak beberapa kilometer saja.

5.      Tempat Pengisian Bahan Bakar Minim

Setiap orang tentu menginginkan alat transportasi yang nyaman serta memadai terlebih sesuai batas kemampuan. Tidak heran jika di tanah air banyak jenis dan merek mobil yang bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

Terlebih sudah banyak tempat pengisian bahan bakar sehingga lebih praktis untuk bepergian dekat maupun jauh. Kehadiran mobil listrik lantas langsung menjadi sorotan masyarakat karena terkenal ramah lingkungan.

Meskipun begitu, teknologi terbaru ini tentu masih memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui agar tidak menyesal setelah membeli. Pasalnya, kekurangan mobil listrik memiliki tempat pengisian bahan bakar yang terbatas karena berbeda dengan mobil pada umumnya.

6.      Konsumsi Listrik Membengkak

Digadang-gadang sebagai transportasi masa depan tentu langsung menjadi incaran semua orang dari berbagai kalangan. Baik kalangan pejabat, artis, hingga masyarakat umum sangat mengidamkan mobil ramah lingkungan ini.

Pasalnya, mobil listrik tidak membutuhkan jenis bahan bakar seperti kendaraan lain pada umumnya. Mobil satu ini menggunakan listrik sebagai bahan bakar sehingga tempat pengisiannya hanya tertentu.

Namun, hal tersebut yang menjadi kekurangan dari mobil listrik yang patut Anda perhitungkan sebelum membelinya. Pasalnya, penggunaan listrik sebagai bahan bakar tenty akan membuat konsumsi listrik semakin banyak atau membengkak.

7.      Waktu Pengisian Baterai Lama

Kekurangan mobil listrik tentu tidak sebanyak kelebihannya, namun Anda bisa memperhitungkan dan menimbang-nimbang berbagai aspek. Untuk memiliki mobil listrik tentu tidak bisa sembarang seperti membeli sayur atau barang lainnya.

Anda juga harus memperhitungkan kemampuan dan berbgaai kekurangan lain yang bisa menjadi masalah atau tidak nantinya. Seperti pengisian baterai yang lama pada mobil listrik tentu akan memakan lebih banyak waktu.

Pasalnya, untuk mengisi baterai mobil hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 jam agar bisa bepergian jauh. Dan pengisian yang lama tersebut dapat mempengaruhi konsumsi listrik menjadi membengkak atau lebih boros.

8.      Harus Rutin Mengganti Baterai

Mobil listrik transportasi masa depan yang terkenal ramah lingkungan sehingga nyak kalangan masyarakat yang menggunakannya. Terlebih mobil jenis ini menggunakan listrik sebagai bahan bakar sehingga aman saat harga BBM naik seperti sekarang.

Namun, ada kekurangan mobil listrik yang biasanya orang anggap hemat ternyata cukup menguras kantong. Pasalnya, mobil listrik menggunakan baterai untuk mengisi daya listrik fan baterai tersebut harus Anda ganti secara rutin.

Tidak hanya itu saja, mobil yang terkenal ramah lingkungan ini ternyata tidak seramah anggapan orang-orang. Mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar tambang ternyata bisa menciptakan lebih banyak emisi yang akan merusak lingkungan.

9.      Hanya Tersedia di Daerah Tertentu

Mengenal kekurangan dari mobil yang tengah hits saat ini tentu akan membuat Anda lebih sadar dan tidak sembarangan mengikuti tren. Ada berbagai hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik.

Meskipun sudah masuk ke tanah air, namun mobil listrik ini baru tersedia di daerah tertentu terutama pada kota besar saja. Tidak heran jika jenis dan mereka hingga stok barangnya sangat terbatas serta menjadi barang rebutan.

Dengan pendistribusian yang belum menyeluruh tentu bisa menjadi kendala saat terjadi masalah pada mobil. Tidak hanya harga mobil yang mahal, tetapi baterai hingga harga perbaikan juga relatif mahal ketimbang mobil konvensional yang sudah umum.

Sekian penjelasan tentang kekurangan mobil listrik yang harus Anda ketahui dan bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli. Dengan begitu, Anda bisa memilih mobil sesuai keinginan dan menggunakannya secara lebih nyaman.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment