Spesifikasi Dan Harga Motor Vario 160 Terbaru 2022

Spesifikasi Dan Harga Motor Vario 160 Terbaru 2022

Mochamad Ikhwana

All New Honda Vario 160 memulai debut dunianya di Indonesia. Berbeda dengan model sebelumnya, ia telah menerima banyak perubahan di bidang mesin, sasis, desain, dan fitur. Kini mengusung konsep sebagai skutik sport premium berperforma tinggi. Tersedia dalam dua varian, yakni CBS yang dibanderol dengan harga Rp 25,9 juta dan untuk versi ABS seharga Rp 28,7 juta. Jika ingin membeli Vario 160, perhatikan dulu 5 hal yang membuat anda tertarik.

Perdana Dunia (World Premiere)

All New Honda Vario 160 diresmikan dan diluncurkan di Indonesia pada awal bulan Februari 2022. Peluncuran ini juga merupakan yang pertama di dunia atau dikenal dengan World Premiere. Muncul dengan mesin yang lebih besar dan mirip dengan saudaranya, All New Honda PCX 160.

All New Vario 160 dipasarkan dalam dua tipe, yakni CBS dan ABS. Untuk tipe yang CBS tersedia berbagai warna yaitu : Active Black, Grande Matte Black dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe yang ABS warnyanya adalah Active Black, Grande Matte Black dan Grande White.

Desain Yang Benar-Benar Berubah

Konsepnya masih sama seperti dulu, masih mengusung gaya skutik sporty. Tetapi desainnya telah berubah total, memiliki garis yang kuat. Sekarang dia tidak kurus lagi. Beberapa panel bodi dibuat untuk mengembang dengan kokoh. Terlihat jelas di bagian depan. Dibuat sebagai model bertingkat. Sistem pencahayaan depan masih berbasis lampu depan Dual Keen LED. Dilengkapi juga dengan lampu sein yang tidak lagi menyipit. Diberi penghalang dengan bidikan garis jangkauan proyektor. Terlihat agresif dan berkelas.

Beradaptasi dengan pelindung depan, panel tengah terlihat sedikit membengkak. Sedangkan bagian ekor menerapkan motif modern. Bodywork belakang diisi emblem tiga dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus untuk tipe ABS). Kesan elegan semakin kuat jika dilihat dari samping.

Bagian belakang masih ditunjang dengan tampilan yang mewah, karena menerapkan desain lampu rem dan lampu sein yang terpisah. Pola lampu rem telah berubah total tetapi tetap meruncing ke atas. Keistimewaannya adalah penutup di ujung knalpot dilapisi aluminium seperti halnya PCX 160. Kesan sporty semakin terasa.

Dari semua ubahan desain yang diterima, hanya ada sedikit perbedaan dimensi. Sebelumnya 1.919 x 679 x 1.062 mm, sekarang menjadi 1.929 x 679 x 1.088 mm (LxDxT). Tinggi jok yang semula 769 mm menjadi 778 mm. Jarak sumbu roda sekarang lebih pendek di 1.277, model lama 1.280 mm. Ground clearance terendah meningkat 8 mm menjadi 140 mm.

Digunakan Oleh Pembalap MotoGP

Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan All New Honda Vario 160 dalam livery Repsol Honda Team (RHT). Model skutik baru tersebut telah digunakan sebagai kendaraan paddock RHT di seri MotoGP Mandalika. Dengan tampilan istimewa, Vario 160 digunakan untuk mendukung aktivitas Marc Marquez dan Pol Espargaro, serta tim RHT saat berada di Indonesia, Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika.

Sebanyak 4 unit dipasok, di antaranya nomor 93 untuk juara dunia 8 kali Marc Marquez dan 44 untuk rekan setimnya Pol Espargaro. Dua unit lainnya digunakan oleh kru paddock untuk mobilisasi di area sirkuit.

Fitur Tidak Banyak Berubah

Untuk varian yang lebih tinggi, sistem pengereman anti-lock (ABS) telah terintegrasi, serta pengereman belakang yang dilengkapi dengan cakram. Sedangkan tipe CBS masih seperti model lama. Lalu ada charger USB tipe A untuk mengisi ulang ponsel tanpa perlu menggunakan adaptor tambahan.

Membuat perlengkapan lainnya masih identik dengan model sebelumnya. Seperti lampu LED depan-belakang dan lampu sein, sakelar penyangga samping, sistem pengunci rem, rak ganda internal multi-fungsi, sistem Smart Key terintegrasi dengan sistem penjawab dan alarm anti-pencurian, serta kluster instrumen digital sepenuhnya dan menggunakan tampilan negatif teknologi. Bentuknya masih sama dengan versi lama, hanya saja untuk varian yang lebih mahal ada indikator ABS.

Kaki Baru Dan Lebih Lebar

Urusan kaki masih mengandalkan suspensi teleskopik depan dan belakang menggunakan wishbones yang dimaksimalkan dari satu shockbreaker. Namun diyakini mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan kasar.

Sedangkan diameter velgnya masih identik, yakni 14 inci. Namun kini menggunakan model palang baru. Kulit bundar sekarang juga memiliki profil yang luas. Dulu pakai 80/90 dan 100/80, sekarang 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah tubeless.

Tenaga Mesin Berbeda Dengan PCX 160

Menurut data di atas kertas, meski menggunakan mesin PCX 160 yang identik, tenaga yang dihasilkan berbeda. All New Honda Vario 160 menghasilkan tenaga maksimal 15,4 hp pada 8.500 rpm dengan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm. PCX 160 lebih besar, yakni 16 hp pada 8.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Perbedaan data di datasheet terjadi karena pengujian berbeda dengan PCX 160. Timnya menguji mesin Vario 160 menggunakan bahan bakar Ron 88 karena bahan bakar inilah yang paling banyak digunakan oleh pengguna Vario 160 di berbagai wilayah Indonesia. Sedangkan PCX 160 menggunakan bahan bakar RON 90.

Menggunakan Rangka Dengan Teknologi Terbaru eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)

All New Vario 160 mendapatkan penyempurnaan pada sasis, kini dilengkapi dengan teknologi eSAF (Advanced Intelligent Architecture Frame). Afirmasi bisa membuatnya lebih lincah dan mudah dikendarai.

Namun penggunaan model rangka ini tidak berdampak positif pada area lain. Meski menerapkan eSAF pada kedua adiknya (Scoopy dan Genio) dapat mengurangi bobot total dan mampu menyediakan ruang penyimpanan lebih banyak. Bobot All New vario 160 justru bertambah. Sebelumnya beratnya mencapai 112 kg kini menjadi 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan bagasi di bawah jok juga selalu sama dengan model sebelumnya, masing-masing 5,5 liter dan 18 liter.

Sensor Cincin Pulsasi Terintegrasi Dengan Pelat Cakram

Khusus untuk All New Vario 160 ABS, cakram depan memiliki diameter 220 mm atau lebih besar dari model CBS. Karena sensor cincin pulsa atau pembaca kecepatan putaran roda diperlukan agar sensor ABS terintegrasi dengan cakram. Juga, pengukur menggunakan peringatan Nissin sedangkan varian yang lebih rendah menggunakan Tokico.

Aksesoris Resmi Disediakan

Untuk memudahkan konsumen melakukan perubahan, AHM menyediakan Honda Genuine Accessories (HGAs). Aksesori resmi ini telah dirancang khusus dan telah melalui serangkaian proses pengujian kualitas sehingga sesuai dengan standar kualitas pabrikan. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan, komponen yang disertakan juga memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan tambahan. Patut dicatat harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 55 ribu. Suku cadang yang disediakan juga sudah termasuk plug and play, sehingga Anda tidak perlu membuang banyak tenaga untuk memasangnya.

Ada visor (Rp 115 ribu), Garnish headlight (Rp 200 ribu), Garnish filter udara (Rp 150 ribu), Step floor panel (Rp 335 ribu), Garnish cover radiator (Rp 165 ribu), Seat cover (Rp 205 ribu), Garnish Silencer Cover dan Smart Key Remote Cover (Rp 55 ribu).

Cicilan Lebih Murah Mulai Dari Rp 1.039 juta

Honda Vario 160 ditawarkan dengan 2 pilihan berbeda. Jika merujuk ke dealer yang berlokasi di Jakarta Pusat, kini Vario 160 tipe CBS dijual dengan harga Rp 26,1 juta dan Rp 28,8 juta OTR DKI Jakarta untuk varian lebih tinggi alias ABS. Jika dihitung dengan simulasi kredit, cicilan paling murah adalah Rp 1.049 juta/bulan. Tentu saja jumlah tersebut didapat jika mengambil unit tipe CBS.

Perhitungannya membutuhkan tenor (jangka waktu) 11 bulan, 23 bulan dan 35 bulan. Uang muka atau down payment terendah adalah Rp 3,5 juta. Tercatat selama 11 bulan dikenakan komisi sebesar Rp 2,675 juta. Jadi Rp 1.534 juta untuk 23 bulan, dan paling murah Rp 1.196 juta dengan 35 kali cicilan.

Jika terlalu berat, Anda bisa membayar deposit lebih dari Rp 5 juta. Dengan dana tersebut, Anda hanya perlu membayar Rp 2.512 selama 11 bulan. Anda bisa memilih dengan skema cicilan selama 2 tahun 1 bulan dengan biaya Rp 1.425 juta. Harga terendah untuk uang muka ini adalah Rp 1.118 juta dan harus dibayar selama 35 bulan.

Sedangkan jika ingin lebih ringan, Anda bisa menyetor DP lebih dari Rp 7 juta. Jadi pembayaran bulanannya pun lebih ringan. Tercatat selama 11 bulan Anda akan dikenakan biaya Rp 2.598 juta-Rp 1.476 juta. 23 kali sebulan dan untuk kredit terlama cukup bayar Rp 1.159 juta.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment