mengapa mobil listrik ramah lingkungan

Mengapa Mobil Listrik Ramah Lingkungan? Yuk Simak Alasannya

Mochamad Ikhwana

Pasti Anda sudah tahu bahwa saat ini pemerintah sedang menggencarkan penggunaan mobil listrik. Di mana tujuannya untuk menghemat energi tak terbarukan. Bukan hanya itu saja, mobil listrik bisa memperbaiki lingkungan. Pasalnya, mobil listrik dianggap sebagai mobil ramah lingkungan. Nah, mengapa mobil listrik ramah lingkungan?

Alasan Mengapa Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Upaya go green terus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan adanya penggunaan mobil listrik. Hal ini karena mobil listrik terbilang lebih ramah terhadap lingkungan daripada mobil konvensional.

Anggapan mobil listrik adalah mobil yang ramah lingkungan tentu saja ada alasannya. Nah, berikut ini alasan menurut Techsbright mengenai penggunaan mobil listrik lebih ramah lingkungan daripada mobil konvensional.

1.      Mobil Listrik Mampu Mengurangi Pencemaran Udara

Semakin banyaknya penggunaan kendaraan bermotor yang berbahan bakar bensin maupun solar bisa meningkatkan polusi udara. Pasalnya, pembuangan bahan bakar fosil, seperti bbm menghasilkan karbondioksida atau CO2.

Nah, semakin banyak penggunaan kendaraan bermotor semakin menumpuk pula senyawa karbondioksida di udara. Di mana penumpukkan senyawa karbondioksida mampu mencemari udara bersih. Sehingga, bisa kita simpulkan jika senyawa atau gas karbondioksida akibat pembuangan bahan bakar fosil merupakan salah satu penyebab pencemaran udara.

Sedangkan, jika kita menggunakan mobil listrik, maka kita sedang melakukan usaha untuk mengurangi pencemaran udara. Pasalnya, mobil listrik tidak ada knalpotnya. Sehingga, mobil listrik tidak akan bisa melakukan pembuangan emisi gas. Sehingga, kualitas udaranya pun bisa semakin baik.

2.      Mobil Listrik Mampu Meminimalisir Efek Rumah Kaca

Pada tingkat sekolah menengah atas, pasti Anda sudah mempelajari efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah peningkatan gas karbondioksida dan gas lainnya di atmosfer.

Penyebabnya karena peningkatan penggunaan bahan bakar minyak, batu bara hingga bahan bakar organik. Sehingga, tumbuhan tidak mampu menyerap karbondioksida secara menyeluruh.

Penggunaan mobil listrik memengaruhi pengurangan efek rumah kaca. Hal ini karena sumber energi dari mobil listrik bukan berasal dari bahan bakar minyak, melainkan energi yang tersimpan dalam baterai. Kemudian, jika energi tersebut bisa habis, maka Anda bisa mengisi ulang dengan cara dicharge menggunakan energi listrik.

Pasti Anda berpikir jika listrik berasal atau bersumber dari bahan bakar fosil, seperti batu bara, dan minyak bumi. Ya, pemikiran Anda tidak salah. Namun, listrik bukan hanya bersumber dari bahan bakar fosil saja. Listrik juga bisa bersumber dari energi terbarukan seperti matahari, angin, gelombang laut, biomassa, dan lainnya.

Nah, penggunaan mobil listrik tentu saja bisa sangat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor. Yang mana bahan bakar minyak merupakan salah satu sumber produksi karbondioksida untuk kendaraan bermotor.

Nah, jika efek rumah kaca dapat Anda minimalisir tentu hal ini akan berdampak baik untuk lingkungan. Di mana efek rumah kaca sendiri bisa menyebabkan pemanasan global.

Selain menimbulkan global warming atau pemanasan global, penggunaan kendaraan dengan bahan bakar minyak juga bisa mengakibatkan kenaikan suhu dan perubahan iklim. Anda tahu bagaimana caranya?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karbondioksida hasil pembakaran kendaraan bermototor bisa mencemari udara. Nah, kemudian, gas berbahaya tersebut akan mengendap di atmosfer yang membuat lapisan ozon menipis dan tidak stabil.

Akibatnya, suhu pun akan meningkat menjadi semakin panas. Bukan hanya itu saja, perubahan iklim pun akan terjadi. Di mana hal tersebut bisa mengakibatkan musim panas yang panjang atau musim hujan yang berkepanjangan.

3.      Mobil Listrik Mampu Mengurangi Polusi Suara

Mengendarai atau menaiki mobil listrik akan membuat Anda lebih nyaman karena mobil listrik lebih hening. Selain membuat Anda nyaman, heningnya mobil listrik juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan loh.

Dengan tidak adanya suara bising dari mobil listrik, Anda bisa ikut andil dalam mengurangi masalah yang berhubungan dengan polusi suara.

Mengurangi polusi suara artinya pencemaran lingkungan juga bisa berkurang. Pasalnya, polusi suara bisa membuat lingkungan tersebut menjadi tidak nyaman bagi manusia, hingga hewan untuk mereka tempati.

4.      Mobil Listrik Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan bukan hanya dari polusi suara dan polusi udara saja. Pencemaran lingkungan juga bisa berasal dari penumpukan sampah. Dengan menggunakan  mobil listrik, Anda bisa mengurangi pencemaran lingkungan melalui pengurangan penumpukan sampah.

Lalu, apa hubungannya mobil listrik dengan pengurangan penumbukan sampah dan pencemaran lingkungan?

Jika Anda memiliki mobil listrik, Anda tidak perlu melakukan banyak perawatan untuk mobil. Anda tidak perlu melakukan penggantian komponen secara rutin seperti halnya mobil konvensional. Pasalnya, tidak banyak komponen yang ada pada mobil listrik.

Dengan begitu, maka Anda tidak ikut menyumbang penimbunan sampah dari bungkus sparepart maupun bekas sparepart atau komponen yang diganti.

5.      Mobil Listrik Meminimalisir Kerusakan Tanaman

Alasan lain mengapa mobil listrik ramah lingkungan adalah penggunaan mobil listrik mampu meminimaliasir kerusakan pada tanaman. Dengan begitu, tanaman khususnya pohon bisa tumbuh dengan baik. Lalu, pohon tersebut bisa berfungsi dengan baik untuk melestarikan lingkungan.

Nah, tahukah Anda bagaimana peranan mobil listrik terhadap kesuburan tanaman?

Sebenarnya, pohon bisa menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Namun, tanaman bisa menjadi rusak apabila terus atau banyak terkena polusi, seperti polusi udara yang dihasilkan dari pembuangan gas kendaraan bermotor.

Pasalnya, zat kimia yang menyebabkan polusi udara bisa mengurangi kemampuan pohon dalam menyerap karbon. Kemudian, zat kimia tersebut juga berperan aktif dalam penurunan metabolisme pada daun.

Dampaknya, tumbuhan tersebut bisa dengan mudah terserang hama. Salah satu contoh yang bisa Anda lihat dengan jelas adalah daunnya menguning dan mudah rontok.

Dampak lainnya, kesehatan akar pun akan terganggu yang membuat proses fotosintesis tidak bisa berjalan dengan baik. Sehingga, tanaman pun akan tumbuh kerdil.

Untuk itu, penggunaan mobil listrik perlu Anda lakukan agar Anda tidak ikut menyumbang zat karbondioksida dan zat lain berbahaya yang membuat tanaman menjadi rusak.

6.      Mobil Listrik Mengurangi Pencemaran Air

Tahukah Anda penggunaan mobil listrik juga bisa menyelamatkan ekosistem laut loh. Pasalnya, penggunaan mobil listrik bisa menekan produksi karbondioksida. Hal ini tentu baik bukan hanya baik untuk udara saja, tetapi baik juga untuk air atau perairan.

Sebaliknya, penggunaan kendaraan dengan bahan bakar bisa terus menumpuk karbondioksida. Nah, ternyata, karbondioksida bisa terserap ke dalam lautan. Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk kehidupan di laut.

Karbondioksida membuat air laut memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tingginya kadar asam pada lautan akan merusak ekosistem laut.

Dalam hal ini, tumbuhan laut akan mengalami kerusakan. Terumbu karang, tempat kehidupan hewan laut pun akan rusak. Sehingga, kehidupan hewan laut akan terganggu atau bahkan bisa punah.

Untuk itu, cegah pencemaran air agar ekosistem laut tetap terjaga dengan baik. Salah satunya bisa dengan cara menggunakan mobil listrik guna mengurangi produksi karbondioksida.

Nah, itulah alasan mengapa mobil listrik ramah lingkungan. Dari enam alasan di atas, apakah Anda ingin memiliki mobil listrik atau mengganti mobil konvensional Anda dengan mobil listrik untuk mobilitas harian Anda?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment