9 Film 'Penting' Sebelum Nonton Thor Love and Thunder, Biar Tidak Bingung

9 Film ‘Penting’ Sebelum Nonton Thor: Love and Thunder, Biar Tidak Bingung

Mochamad Ikhwana

Film Thor: Love and Thunder akhirnya tayang di bioskop Indonesia pada Rabu (6/7/2022).

Namun, bagi yang bukan penggemar sejati film Marvel Cinematic Universe (MCU) akan dibuat bingung jika belum pernah menonton film-film sebelumnya. Kisah-kisah dari film-film MCU terkait satu sama lain.

Akan lebih menarik untuk ditonton jika Anda memahami konteks cerita secara keseluruhan dari film-film sebelumnya. Jadi, apa saja film yang harus ditonton sebelum Thor: Love and Thunder? Simak berikut ini.

1. Thor (2011)

Ini adalah film pertama dalam seri Adventures of the God of Thunder, Thor. Film ini dirilis pada tahun 2011. Film yang dibintangi oleh Chris Hemsworth ini bercerita tentang Thor yang dibuang ke bumi oleh ayahnya Odin, karena kesombongannya setelah ia berhasil mengangkat Mjolnir, palu ajaib.

Dalam adegan pasca-apropriasi di Iron Man 2, Mjolnir sudah muncul. Film ini juga menceritakan tentang awal dari benih-benih cinta untuk Thor dan Jane Foster yang mulai berkembang. Karakter Loki, saudara laki-laki Thor, juga diperkenalkan di film pertama ini.

2. The Avengers (2012)

Melalui film yang disutradarai oleh Joss Wydon, The Avengers, Thor dibawa ke alam semesta Marvel yang lebih luas dan kompleks. The Avengers menggabungkan Thor, dewa dengan superhero lain seperti Captain America, Iron Man, Hulk, Hockey, dan Black Widow. The Avengers melanjutkan kisah Thor, di mana Loki ternyata masih hidup dan mengetahui kekuatan Teseract, dan Loki juga berniat untuk menguasai Bumi. Thor bersama dengan pahlawan super lainnya bersatu melawan Loki.

3. Thor: The Dark World (2013)

Bagian selanjutnya dari Thor berjudul Thor: The Dark World. Film ini masih bercerita tentang hubungan Thor dan Locky sebagai saudara. Pada saat yang sama, ini adalah awal dari kisah tragis Thor yang dimulai dengan kematian Friga, ibunya. Thor diminta untuk mencoba menghentikan Malketh dan pasukan goblin gelap yang berniat menghancurkan alam semesta dengan senjata mereka, Ether. Film ini juga merupakan penampilan terakhir Jane Foster sebelum kemunculannya kembali di Thor: Love and Thunder.

4. Guardians of the Galaxy (2014)

Film ini bercerita tentang Peter Coyle, anggota anak buah Ravager dan Yondo Udonta yang menjadi buronan karena mencuri artefak. Dia dikurung di penjara Klein, yang dia gabungkan dengan Drax, Rocket, Groote dan Nebula. Mereka bersatu untuk menyelamatkan alam semesta setelah mempelajari kekuatan artefak yang dicuri oleh Coyle. The Guardians of the Galaxy juga merupakan debut dari Star-Lord, Kraglin, Drax, Rocket, Groot dan Nebula di MCU. Keenam karakter ini akan muncul di Thor: Love and Thunder.

5. Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers, yang sebelumnya bersatu melawan Loki di Avengers: Age of Ultron, dipersatukan kembali. Ini karena proyek Ultron Tony Stark telah membelot. Proyek ini sudah mulai melindungi tanah dan masyarakat. Tapi, yang terjadi justru sebaliknya Ultron menyerang manusia yang dianggap sebagai ancaman bagi keamanan bumi.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Dia melanjutkan kisah Coyle, dan bertemu Ego, yang mengaku sebagai ayah kandungnya. Quill perlahan mencari asal-usulnya yaitu celestian. Quill tidak lagi meragukan ego, di sisi lain, gamora justru menemukan penyimpangan dan rahasia yang mengerikan di Ego. Film ini juga bercerita tentang sorof yang bergabung dengan The Guardians. Sorof yang sama akan muncul kembali di Thor: Love and Thunder.

7. Thor: Ragnarok (2017)

Film ini merupakan film ketiga dari sekuel Thor. Thor: Ragnarok mampu menyatukan unsur-unsur humor dalam diri Thor sebagai superhero. Sutradara Taika Waititi mampu membawa Thor ke awal yang baru dengan cerita yang dia kerjakan. Thor digambarkan terdampar di planet aneh Sakkar dan mencoba menemukan jalan ke Asgard dan menyelamatkan alam semesta dari Hela, kakak perempuannya. Thor bertemu Loki dan Hulk.

8. Avengers: Infinity War (2018)

Thanos, berusaha menguasai batu tak terhingga untuk melenyapkan penghuni alam semesta. The Avengers juga bekerja bahu membahu untuk menghentikan rencana jahat Thanos. The War of Infinity terjadi di timeline MCU segera setelah Thor: Ragnarok ketika Thanos memusnahkan Asgardian. Film ini merupakan kali pertama Thor berkolaborasi dengan The Guardians.

9. Avengers: Endgame (2019)

Kegagalan Thor untuk menghabisi Thanos membuatnya tinggal di The Grip of Debrisi di New Asgard. Dia menjadi skeptis terhadap kemampuannya sebagai pahlawan. Meski penuh keraguan, Thor hanya bisa bergabung dengan Avengers untuk menyelamatkan temannya yang hilang selama The Blip. Dalam perjalanan ini ia mulai menemukan identitas dan tujuan hidupnya. Thor lalu berpetualangan ke luar angkasa bersama The Guardians.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment