Teknologi Jaringan 5G Sudah Di Depan Mata, Apa Gunanya?

Pada tahun 2021, pemerintah Indonesia berencana untuk mulai membangun jaringan teknologi 5G yang telah banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas. Akhirnya muncul banyak pertanyaan: apa yang dimaksud dengan teknologi 5G ini? Apa perbedaannya dan untuk apa?

Seperti dilansir CNN Business International, yang dimaksud dengan teknologi 5G adalah teknologi konektivitas seluler nirkabel berikutnya yang diharapkan dapat mengubah cara hidup dan bekerja masyarakat. Selain memiliki jaringan yang lebih cepat, teknologi 5G dapat menangani lebih banyak perangkat dibandingkan pendahulunya 4G LTE.

Jadi perbedaan antara teknologi 5G dan 4G LTE adalah bahwa 5G lebih unggul dalam kemampuannya menangani banyak perangkat, yang berarti tidak ada lagi internet yang lambat.

Lantas apa saja kegunaan teknologi jaringan 5G untuk menunjang aktivitas sehari-hari? Karena kecepatannya yang lebih cepat dari pendahulunya, 5G diharapkan dapat membuat konektivitas lebih baik dari sebelumnya. Dikutip dari Techradar, ada beberapa kegunaan yang dapat diberikan 5G untuk memudahkan orang dalam menyelesaikan sesuatu.

Kegunaan atau Keunggulan Teknologi 5G

  1. Download dan upload bisa lebih cepat, jadi tidak ada alasan untuk mengunduh game dan mengunggah foto ke jejaring sosial lebih lama dari sebelumnya.
  2. Mendukung streaming konten video YouTube yang lebih lancar, tanpa hambatan sedikit pun.
  3. Tingkatkan panggilan suara dan video dengan kualitas yang lebih tinggi dan bersama dengan koneksi seluler yang superior.
  4. Layanan 5G juga mendukung lebih banyak perangkat loT, seperti yang sering ditemukan di rumah pintar dan jam tangan pintar.
  5. Perluasan teknologi canggih, seperti mobil tanpa pengemudi dan smart city.

Berbagai produsen ponsel pun terus bersiap menyambut teknologi 5G, salah satunya OPPO. OPPO telah menempuh banyak jalan berinovasi untuk mendukung teknologi 5G ini.

Baca Juga :  Generasi Terbaru Apple CarPlay Hadir Dengan Teknologi Yang Lebih Modern

Mulai Oktober 2018, OPPO melakukan panggilan video 3D pertama menggunakan Internet berbasis 5G. Bulan berikutnya, OPPO melakukan panggilan video pertamanya dengan ponsel 5G.

Perjalanan OPPO dengan teknologi baru ini tidak berhenti di situ. Pada awal tahun 2019, tepatnya pada bulan Februari, OPPO meluncurkan proyek 5G dan pada bulan April juga bekerjasama dengan Swisscomm dalam pengembangannya.

OPPO juga meluncurkan ponsel 5G pertamanya di Eropa pada Mei 2019, yakni OPPO Reno 5G yang sukses mencuri perhatian. 2 bulan ke depan atau Juli 2019 OPPO membangun Hotel di Australia yang menggunakan jaringan 5G.

Perjalanan OPPO dengan 5G juga berlanjut di penghujung tahun 2019, tepatnya di bulan November, saat OPPO membuat lab pengembangan 5G bersama Ericsson. Sebulan kemudian, OPPO kembali membuat kemitraan DSS pertama perusahaan dengan Ericsson, Qualcomm Technologies, Swisscom dan Telstra.

Dilihat dari perjalanan panjangnya, OPPO tampaknya sangat dekat dengan teknologi 5G. Hal ini tidak hanya terlihat pada ponsel 5G, tetapi juga pada inovasi teknologi 5G yang juga telah digarap OPPO.

Leave a Comment