Yuk, Ketahui Manfaat Artificial Intelligence!

Di zaman yang sudah modern seperti saat ini, istilah kecerdasan buatan sudah tidak asing lagi. Sering muncul di film, sebenarnya penggunaannya sudah banyak di kehidupan nyata, lho. Lantas, apa, sih, manfaat artificial intelligence bagi penggunanya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Artificial Intelligence Menurut John McCarthy

Seorang ahli bernama John McCarthy pada tahun 1956 mengatakan bahwa kecerdasan buatan merupakan sistem komputer. Terbentuknya sistem tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui dan membentuk model proses pemikiran manusia serta membuat mesin bisa menirukan manusia.

Pengetahuan dan pengalaman yang manusia miliki membuat mereka mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Nah, supaya komputer bisa bertindak seperti halnya manusia, maka mereka diberi pengetahuan serta kemampuan agar mampu menalar layaknya manusia.

Hadirnya kecerdasan buatan tersebut diharapkan mampu membantu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran banyak bidang menggunakan sistem ini, contohnya pada bidang otomotif, kesehatan, pendidikan, teknologi, dan lain sebagainya.

Produk Artificial Intelligence

Masih banyak orang merasa bingung dengan adanya artificial intelligence. Padahal, keberadaannya sudah sering dirasakan sehari-hari. Contohnya adalah streaming video. Aktivitas tersebut kerap menjadi media hiburan favorit. Nah, kecerdasan buatan mengambil peran juga di situ.

Ketika baru membuka aplikasi streaming, halaman akan menampilkan banyak konten populer saat ini. bahkan aplikasi dapat memberi rekomendasi berdasar riwayat maupun rekam jejak dari pencarian yang telah dilakukan. Itulah salah satu bentuk penggunaan artificial intelligence.

Contoh berikutnya adalah Global Positioning System atau GPS. Teknologi itu perlu big data dalam pembuatannya. Layanan GPS menggunakan kecerdasan buatan dengan menyediakan fitur real 3 dimensi. Pembuatan rutenya pun menggunakan mobil yang mengelilingi dunia dengan kamera 360.

Baca Juga :  Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity

Apa Saja Manfaat Artificial Intelligence?

Kecerdasan buatan tidak hanya berbentuk dalam wujud robot, namun juga pada hal yang berdampingan dengan kehidupan. Misalnya seperti asisten virtual hingga sistem keamanan di dalam hp. Berikut ini penjelasan dari Berita Teknologi Techsbright mengenai beberapa manfaat dari adanya kecerdasan buatan:

1.      Efisiensi Waktu

Dengan adanya artificial intelligence, waktu dalam melakukan pekerjaan akan lebih hemat. Contohnya adalah di bidang kesehatan. Pekerja di rumah sakit akan lebih mudah menemukan data pasien hanya dalam hitungan detik. Jika menggunakan tenaga manusia tentu akan lebih lama.

Selain itu, keberadaan kecerdasan buatan juga membantu pekerjaan di perusahaan. Berbagai data akan dengan mudah terekstrak atas bantuan artificial intelligence. Apabila hanya mengandalkan kemampuan manusia, tentu membutuhkan waktu lama serta tenaga berlebih.

2.      Produktivitas

Apabila waktu ketika bekerja dapat dihemat, maka pekerja dapat melakukan pekerjaan lainnya. contohnya adalah ketika seseorang mengedit foto dengan aplikasi editing, menghilangkan objek tertentu dapat dilakukan sekilas saja. Setelah itu pekerja dapat melakukan pekerjaan lainnya.

Begitu pula pada sebuah perusahaan. Ketika komputer melakukan ekstrak data, pekerja dapat mengurus tugas lainnya yang harus selesai dalam waktu dekat. Maka dari itu tugas akan lebih banyak terselesaikan dengan adanya bantuan artificial intelligence.

3.      Mengurangi Kesalahan

Manfaat artificial intelligence berikutnya adalah mengurangi kemungkinan salah. Penggunaan kecerdasan buatan di berbagai program, sistem, dan aplikasi dapat sangat membantu dalam pemeriksaan kesalahan. Salah satunya dengan adanya fitur Spelling and Grammar Check.

Selain itu, ketika manusia salah memasukkan data, sistem kecerdasan buatan juga dapat langsung mendeteksi dan memunculkan notifikasi. Tak dapat dipungkiri, dengan kecerdasan otak manusia tentu saja tetap ada kesalahan yang bisa terjadi.

Baca Juga :  Simak, Inilah Perkembangan Artificial Intelligence di Indonesia

4.      Hiburan

Kecerdasan buatan tidak hanya berperan di masalah serius saja, seperti input data atau menemukan data. Namun perannya juga terdapat pada hiburan sehari-hari. Misalnya saja ketika seseorang membuka sosial media. Secara otomatis halaman akan menampilkan konten rekomendasi.

Konten tersebut sudah sejalan dengan apa yang pengguna sering cari dan minati. Dengan begitu, pengguna akan lebih senang dalam bermain sosial media dan mudah menemukan konten hiburan. Inilah salah satu manfaat dari penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

5.      Menyelesaikan Tugas Secara Otomatis

Apabila ada tugas berulang, menggunakan kecerdasan buatan dapat menjadi solusi. Manusia tidak perlu repot melakukan tugas yang sama karena hanya akan membuang waktu. Misalnya saja pada pembayaran bulanan seperti listrik dan air, artificial intelligence akan membantunya.

Kini telah hadir sistem pembayaran otomatis yang dapat pengguna aktifkan sehingga pembayaran dapat tepat waktu. Tentunya hal ini akan menghindarkan pengguna dari resiko denda. Dengan selesainya tugas pembayaran, pengguna dapat menyelesaikan tugas lainnya tanpa risau.

6.      Memberi Harapan

Hadirnya kecerdasan buatan tentu menimbulkan harapan baru di benak manusia. Contohnya adalah seorang yang tuna rungu mampu kembali mendengar dengan menggunakan alat bantu dengar. Selain itu, sistem artificial intelligence juga membantu menemukan penyakit lebih cepat.

Durasi penemuan penyakit pada pasien yang cepat akan memperbesar kemungkinan sembuh bahkan potensi hidup pasien. Itulah beberapa contoh mengapa artificial intelligence mampu memberi harapan bagi setiap orang.

7.      Selalu Tersedia

Kecerdasan buatan tidak memiliki rasa lelah. Mereka akan terus bekerja, meskipun 24 jam sehari. Tentunya hal itu berbeda dengan manusia yang memiliki batasan waktu untuk bekerja dan istirahat. Inilah salah satu alasan mengapa artificial intelligence mampu membantu kehidupan manusia.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome Android

Ketika manusia bekerja, dalam sistem tertentu kecerdasan buatan akan meringankan pekerjaan mereka. Bahkan ketika manusia ingin istirahat dan menikmati hiburan, kecerdasan buatan juga hadir meningkatkan kualitas hiburan itu, seperti pada sosial media maupun live streaming.

8.      Pengambilan Keputusan

Manusia memiliki kemampuan pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan beberapa hal sekaligus. Tak jarang ada faktor lain yang mempengaruhi prosesnya, misalnya faktor emosional dan praktis. Dengan banyaknya pertimbangan, tentunya mengambil keputusan tidak bisa dalam waktu singkat.

Berbeda dengan artificial intelligence. Mereka mampu memutuskan sebuah keputusan tanpa perlu mempertimbangkan hal lain yang tidak berkaitan. Tentu saja karena mereka tidak memiliki emosi. Namun hasilnya akan lebih cepat dan keputusan dapat ditentukan secara singkat.

9.      Pembelajaran Cerdas

Artificial intelligence juga memberi manfaat berarti pada dunia pendidikan. Pembelajaran dengan menggunakan kecerdasan buatan akan memberi pengalaman belajar berbeda kepada peserta didik. Salah satu manfaatnya adalah mampu meningkatkan tingkat fokus siswa.

Kecerdasan buatan mampu mengajar peserta didik secara individu serta mengidentifikasi area yang dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk menemukan cara pembelajaran tepat pada siswa. Contohnya adalah penggunaan analogi pada tiap sistem pembelajaran.

10.  Penilaian

Siapa sangka, ternyata kecerdasan buatan mampu membantu guru dalam memberi penilaian pada hasil ujian siswa. Soal yang dapat diidentifikasi adalah jenis pilihan ganda dan pertanyaan dengan jawaban singkat. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi tingkat produktivitas guru.

Guru tidak perlu membuang waktu untuk menilai satu persatu tugas murid dan cukup fokus pada pengajaran dan interaksi pada murid. Siswa juga dapat dengan cepat memperoleh nilai hasil ujian mereka berkat artificial intelligence.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat artificial intelligence yang sebenarnya ada di sekitar manusia. Mungkin beberapa terlihat sepele, tapi tanpa disadari sebenarnya sangat memberi dampak berarti bagi manusia.

Leave a Comment