Keynote Speaker Adalah? Berikut Penjelasannya

Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengetahui perbedaan keynote speaker adalah dan narasumber. Keynote speaker yang juga dikenal sebagai pembicara kehormatan, adalah presenter yang biasanya mewakili organisasi sesuai dengan tema seminar.

Sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk dipahami bahwa keynote speaker merupakan seseorang yang menyampaikan pidato mengenai topik penting.

keynote speaker adalah
keynote speaker adalah

Keynote Speaker Adalah Berikut Ini

Disimpulkan dari istilah “topik penting”, itu menunjukkan bahwa seorang pembicara hanya dapat dianggap sebagai keynote jika pernyataannya dapat dikutip dan dibahas dalam lingkup ilmiah.

Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan secara menyeluruh. Inilah letak important topics, bisa dikatakan sangat baik jika mereka dapat memicu perdebatan secara ilmiah.

Keynote speaker harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang suatu masalah. Sebagai ilustrasi, walikota menguraikan masalah daerahnya dari A sampai Z. Setidaknya penonton diberikan konten utuh dan bukan hanya sepotong-sepotong.

Namun, karena panitia biasanya sudah menetapkan batas waktu kapan keynote ingin memulai diskusi, hal ini tentunya harus bisa diterima baik oleh panitia maupun audiens. Definisi lain dari keynote speaker adalah seorang pemikir kreatif yang secara efektif menyampaikan ide sentral.

Di mana mampu meyakinkan dan kumpulan pengetahuan kepada pendengarnya. Keynote speaker merupakan satu-satunya pembicara yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pendapat audiens tentang topik yang sedang dibahas.

Perbedaan Materi dan Keynote Speaker 

Seorang individu yang dapat secara efektif mewakili perusahaan, institusi, atau orang dengan membagikan pengetahuan mendalam mereka mengenai suatu subjek disebut sebagai narasumber. Media massa dapat menggunakan pernyataan yang diberikan oleh sumber sebagai materi pelajaran yang layak diberitakan.

Baca Juga :  Teknologi Elon Musk Untuk Membantu Ukraina Membuat Rusia Menderita

Biasanya, narasumber akan ditanyai dalam wawancara mengenai masalah atau isu yang muncul, apakah itu mempengaruhi dirinya atau tidak. Bahkan artis yang diajak bicara di program gosip juga bisa menjadi narasumber.

Namun, ada juga yang berperan sebagai pendukung penelitian. Itu artinya, narasumber dapat bersifat formal atau informal, sedangkan keynote speaker adalah pembicara yang hanya bersifat formal dan membicarakan satu subjek saja.

Subjek tersebut langsung memunculkan konsep yang membangkitkan diskusi khusus dan bersifat ilmiah. Ini berbeda dengan outlet yang debatnya tidak berpusat pada isu mendesak. Resource people juga bisa disebut sebagai motivator.

Cara Membuat Keynote Speaker yang Efektif Dalam Seminar Presentasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keynote speaker adalah pembicara yang berfokus pada satu subjek. Adapun tips menjadi keynote speaker yang baik adalah sebagai berikut:

1. Cerdas Build

Pertama adalah konstruksi cerdas yang digunakan untuk mengembangkan kecerdasan audiens. Pada satu papan, kamu dapat menampilkan dua atau lebih contoh yang sedang digunakan serta membuat semacam tayangan slide mini.

2. Sihir Pindah

Ketika kamu ingin menyorot item atau visual tertentu di antara dua slide, gunakan teknik ini. Agar audiens dapat belajar, bereksperimen, dan menjelajahi tema lebih lanjut, kamu juga dapat menawarkan fitur tambahan.

Manfaat keynote speaker adalah dapat mendemonstrasikan penyampaian yang menarik dan menampilkan keterampilan presentasi bawaanmu.

3. Rangkul Audiens

Bagaimana kamu menghubungi para audiens? Haruskah setiap orang dipeluk secara terpisah? Meski tidak seperti itu, namun kamu harus menarik perhatian seluruh penonton dari dirimu sendiri.

Sebaiknya berikan pengertian atau aturan yang mengikat mereka sebelum berbicara. Sebagai contoh, larangan makan di dalam ruangan, larangan berbicara dengan orang yang duduk di sebelahnya kecuali diperlukan, dan banyak aturan lainnya.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi Terkini Melalui Buku Artificial Intelligence

4. Sampaikan Informasi yang Padat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu harus benar-benar mengurangi kata-kata yang tidak perlu dan meningkatkan jumlah informasi yang berhubungan dengan tema.

Namun, hindari menjadi monoton dan sesekali sisipi beberapa lelucon cerdas. Agar audiens tetap terlibat dan memungkinkan mereka memahami poin utama dalam dialog, kamu juga dapat menggunakan media game.

5. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Properti 

Keynote speaker adalah pembicara yang bisa melakukan diskusi menjadi lebih efektif dengan meminimalisir jumlah orang yang bekerja hanya untuk menyiapkan sebuah property.

Itu artinya, siapkan properti seperlunya saja yang sesuai dengan tema. Bagaimana, kamu sudah paham bukan? Belum cukup sampai disana, jika acara tersebut untuk kepentingan akademisi.

Keynote speaker memiliki peran yang sangat penting, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan matang dan meminta semua orang untuk mencoba berpikir kritis.

Penting bagi kamu untuk mengetahui pengertian dari keynote speaker. Itu dia definisi keynote speaker adalah seseorang pembicara, juga cara menjadi keynote speaker yang handal.

Leave a Comment