Apa Itu Token Ujian Pada Google Form?

Sebagian orang yang merupakan seorang pemula, pasti mempunyai pertanyaan apa itu token ujian. Hal tersebut sangat penting untuk dipahami, apalagi untuk seorang guru maupun dosen yang mengajar pada sekolah maupun kampus tertentu.

Google Form bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk berbagai ujian. Maka dari itu, kamu harus membuat tokennya terlebih dahulu. Perlu digarisbawahi, token merupakan suatu kode yang biasa digunakan untuk bisa masuk ke Google dokumen untuk bisa menyelesaikan soal.

apa itu token ujian
apa itu token ujian

Apa Itu Token Ujian?

Token ujian ini akan menjadi lebih jelas dengan informasi mengenai kegunaannya. Salah satunya bisa dilihat dari setiap orang yang akan akses atau mengikuti ujian. Perlu menjadi perhatian, untuk bisa mengikuti ujian tersebut, kamu harus mempunyai kode agar bisa melihat soalnya.

Google Form menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh para guru, dosen hingga pelajar. Selain dapat membuat absen online, disini kamu juga bisa membuat ujian atau ulangan online, dengan menggunakan token atau kode khusus tersendiri.

Selain memahami apa itu token ujian, kami juga akan memberikan informasi, bahwa salah satu manfaat token adalah untuk menjaga keamanan akun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, apabila sudah menggunakan kode khusus tersebut, karena akan dijamin keamanannya.

Cara Membuat Token Ujian di Google Form

Untuk cara pembuatannya sendiri, cukup mudah. Jadi bisa dilakukan oleh semua orang. Pertama, buka Google Form terlebih dahulu. Usahakan membukanya dengan menggunakan computer atau laptop. Tujuannya, agar lebih mempermudah proses pembuatannya.

  1. Jika sudah masuk ke dalam Google Form, pilih Google Formulir pribadi dan langsung saja membuat formulir baru. Isi judul sesuai tema ujian, ataupun tema yang dibutuhkan.
  2. Selanjutnya kamu akan disuguhkan oleh fitur pertanyaan dan pilihan jawaban.
  3. Tulis pertanyaan, dan pilih bentuk jawaban, terdapat beberapa pilihan. Seperti opsi ABC, atau jawaban singkat, terdapat juga pilihan untuk mengunduh file, hal ini sangat cocok jika tugasnya berupa gambar. Lanjut dengan pembuatan token pada Google Form.
  4. Sebelum membuatnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu mengerti apa itu token ujian. Tujuannya, agar mengetahui fungsi dari penggunaannya.
  5. Pilih terlebih dahulu untuk deskripsinya dalam bentuk angka atau teks, atau kombinasi antara keduanya.
  6. Perlu menjadi catatan, bahwa token ujian biasanya terletak pada halaman pertama, kemudian dilanjutkan dengan soal serta opsi jawabannya.
  7. Namun, jika kamu ingin menaruh tokennya di halaman terakhir setelah soal, juga bisa. Jadi, hal tersebut disesuaikan dengan ketentuan.
  8. Jika kamu merasa isinya sudah sesuai. Lakukan penyimpanan, kemudian salin link untuk bisa dibagikan oleh para murid, atau sasaran dari ulangan tersebut.
Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome Android

Cukup mudah dan simple untuk kamu aplikasikan secara langsung. Kamu bisa langsung memperaktekkannya menggunakan computer ataupun laptop.

Manfaat Serta Tips Penting yang Wajib Diperhatikan

Perlu menjadi perhatian, bahwa selain membahas mengenai apa itu token ujian, kamu juga harus tahu manfaatnya apa. Pertama, ulangan yang dibuat di Google Form, akan lebih teratur. Jadi, tidak akan berceceran, ataupun membuang-buang kertas. Hal tersebut perlu diperhatikan.

Kedua, murid lebih disiplin dalam mengerjakannya. Biasanya, sebagai guru kamu bisa memberikan waktu pengerjaan kepada mereka. Yang dimana, hal tersebut akan membuat mereka menjadi lebih tepat waktu dan disiplin dalam pengerjaannya.

Ketiga, kamu bisa tahu jika ada murid yang salah dalam memasukkan token maupun jawaban di Google Form. Jadi, lebih mudah untuk diperiksa. Selain menghemat waktu, hal tersebut juga dapat menghemat tenaga. Jadi, disarankan untuk menggunakan Google Form.

Terdapat beberapa tips penting yang bisa digunakan dalam membuat sebuah kode khusus untuk ulangan. Pertama, buatlah kode tersebut semenarik mungkin, tapi mudah untuk diingat. Jadi, para murid tidak akan kesusahan dalam memasukkan kodenya. Apa itu token ujian juga harus benar-benar dipahami.

Kedua, apabila soal tersebut bersifat cukup rahasia, bisa langsung membuat pengaturan pengamanan pada verifikasi pada akun email. Jadi, kamu akan mudah mengetahui siapa saja yang mencoba membuka dokumen tersebut dengan menggunakan verifikasi email.

Selain memahami apa itu token ujian, manfaat serta tipsnya juga harus menjadi perhatian, agar tidak keliru saat membuatnya. Tujuan pembuatan kode tersebut sangat banyak, dan lebih mengarah pada hal positif. Hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu saat membuat soal.

Leave a Comment