Perkembangan Artificial Intelligence Lab di Indonesia

AI sendiri merupakan mesin yang bisa belajar dari pengalaman sebelumnya, menyesuaikan diri berdasarkan inputan baru sekali melakukan tugas seperti halnya manusia. Begitupun pada artificial intelligence lab yang saat ini juga sedang berkembang pesat untuk kehidupan teknologi.

Tingginya Minat tentang Kecerdasan Buatan Sebanding dengan Lab AI di Indonesia

Kecerdasan buatan yang sedang berkembang di Indonesia memang tidak dapat Anda pungkiri perkembangannya. Salah satu bentuk dari pesatnya ketertarikan anak muda di bidang AI adalah dengan pembangunan artificial intelligence laboratory di tanah air semakin marak terjadi.

Ada banyak kerja sama yang terjadi antara UMG Idealab dengan beberapa kampus di Indonesia. Lab tersebut akan berguna sebagai sarana belajar secara sederhana oleh para siswa SD sampai SMA. Untuk tingkat lebih lanjut, menjadi tempat paling nyaman bagi dosen dan mahasiswa penelitian.

Bahkan dalam beberapa tahun kedepan, Anda tidak bisa memungkiri jika semua kegiatan manusia akan terhubung ke dalam teknologi AI ini. Dengan berkembangnya kecerdasan buatan, Berita Teknologi Techsbright menekankan bahwa sangat penting untuk memperkenalkannya ke Indonesia agar tidak tertinggal oleh negara lainnya.

Berdirinya Artificial Intelligence Lab di Institut Teknologi Sepuluh November

Inovasi teknologi yang semakin berkembang di masa sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya kecerdasan buatan. Hal ini menjadi pertimbangan utama bagi kampus ITS karena berencana membangun laboratorium dan pusat belajar Artificial Intelligence Learning and Innovation Center.

Baca Juga :  Kecerdasan Buatan untuk Boneka, Akankah Menggantikan Manusia?

1. Mengenalkan Teknologi Masa Depan ke Penerus Bangsa

Salah satu alasan utama dari berdirinya laboratorium artificial intelligence lab di kampus ITS adalah untuk mengenalkan teknologi masa depan secara langsung kepada anak didiknya. Mahasiswa yang belajar di sini tentu memiliki peran sebagai generasi penerus bangsa sejak dini agar tidak tertinggal.

Pembelajaran mengenai AI kepada siswa ini hendaknya dilakukan lewat metode yang menarik. Tentunya akan jauh lebih mereka pahami ketika pengajaran berlangsung secara tatap muka dengan peralatan langsung. Dengan begitu, mereka pun juga akan bermain dan belajar sekaligus.

2. Membantu Siswa untuk Mengenal Dunia AI

Dengan mendirikan laboratorium khusus di bidang kecerdasan buatan dan pusat belajar pada pendidikan SD hingga SMA, mereka memiliki fokus utama untuk menunjang pendidikan. Ilmu seperti ini tentu tidak dapat mereka dapatkan secara mudah di sekolah begitu saja karena fasilitas terbatas.

Rencana pendirian laboratorium ini memang sudah mendapat pertimbangan dari berbagai hal. Bahkan adanya lab ini akan menjadi destinasi berikutnya bagi siswa untuk mengenali dunia kecerdasan buatan secara lebih mendalam.  Mereka juga sudah melakukan survey tentang lokasi dan berbagai peralatan.

Kerjasama UMG Idealab dan Universitas Indonesia Bangun Laboratorium AI

Hal yang sama terjadi di tenaga pendidik Universitas Indonesia. Mereka telah menerima ajakan kerja sama dari UMG Idealab untuk membangun bersama laboratorium kecerdasan buatan dengan nama AI Learning and Innovation Center.

1. Laboratorium di Bawah Fakultas MIPA UI

Nantinya pendirian laboratorium kecerdasan buatan di Universitas Indonesia ini akan berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Nantinya para dosen dan mahasiswa bisa menggunakannya sebagai tambahan fasilitas untuk melangsungkan pembelajaran dan riset lanjut.

Baca Juga :  Penggunaan Wallpaper Artificial Intelligence bagi Penggemarnya

Bahkan harapan kedepannya, lab tersebut bisa menjadi salah satu destinasi bagi siswa SD hingga SMA untuk mengenalkan pengetahuan basic mengenai kecerdasan buatan. Tentu hal ini tidak akan mereka dapatkan secara cuma-cuma di sekolah sehingga terasa membantu bagi anak sekolah.

2. Hasil Kerja Sama dengan UMG Idea Lab

Kabarnya, pendirian laboratorium artificial intelligence ini memakan biaya hingga US$ 1 juta. Selain digunakan untuk biaya pembangunan, UMG Idealab juga menggunakannya dalam kepentingan membiayai pendidikan orang-orang bersangkutan dan membutuhkan sehingga teras bermanfaat.

Selain itu, dalam bidang yang sama, UMG Idealab dan Universitas Indonesia akan mengirimkan dosen, peneliti dan mahasiswa ke China untuk mengikuti program Training of Trainers. Mereka mempelajari ilmu dan teknologi tentang artificial intelligence dan menyebarkannya saat sudah kembali.

3. Beroperasi Sejak Januari 2020

Dalam awal perencanaannya di tahun 2019, Universitas Indonesia dan UMG Idealab menekankan bahwa lab tersebut sudah bisa beroperasi di awal tahun 2020. Kongsi tersebut mulai melakukan renovasi gedung, pelatihan tenaga kerja hingga pembelian alat dan berbagai peralatan perakitan.

Tentu saja kerja sama tersebut diharapkan mampu berjalan dengan maksimal, menghasilkan produk berguna dan memiliki pasar tersendiri sekaligus mampu mencetak sumber daya unggul di bidang AI. Besar harapannya bahwa pendirian lab tersebut benar-benar bermanfaat dan berdampak positif.

Fasilitas dalam Laboratorium Artificial Intelligence di Universitas Multimedia Nusantara

Tidak kalah menariknya di tahun 2018 silam ada juga kerjasama antara Universitas Multimedia Nusantara dengan PT. Renom Infrastruktur Indonesia atau RI yang berasal dari Jepang. Keduanya bekerja sama untuk menciptakan Laboratorium Artificial Intelligence.

1. Lab Artificial Intelligence dengan 7 Server

Lab Artificial Intelligence di Universitas Multimedia Nusantara sendiri berada di bawah naungan Prodi Informatika. Sekretaris program studinya sendiri pun menjelaskan bahwa Lab AI memiliki tujuh server dimana dua diantara adalah dana hibah dari RII sehingga terasa sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

Baca Juga :  Apa Itu Sertifikat SSL Wildcard dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Dua dari tujuh server tersebut merupakan hibah dari RII. Sementaar sebagian lainnya merupakan hasil kerja sama antara UMN dan juga RII sendiri. Server ini akan memfasilitasi komputasi khususnya dalam hal pembelajaran machine learning.

2. Ruangan dalam Artificial Intelligence Laboratorium

Menariknya lagi, semua server yang tersedia di lab ini dapat pengunjung akses lewat aplikasi Jupyter Notebook selama pemakaiannya berada di jangkauan gedung 5 UMN. Selain itu, laboratorium AI ini terdiri dari tiga ruangan yakni ruang diskusi, ruang voice identification dan image processing.

Laboratorium AI UMN mempunyai ruang diskusi sehingga memudahkan para dosen dan mahasiswa dalam membahas penelitian mereka. Ruang voice identification untuk fungsi pengolahan suara. Terakhir yakni image processing guna penelitian pembelajaran mesin ke fitur pengolahan gambar.

3. Peralatan Baru dalam Artificial Intelligence Laboratorium

Dalam tiga ruangan yang ada pada laboratorium tersebut tentunya memiliki alat masing-masing dengan fungsi sesuai kebutuhan pemakaian. Peralatan bantu tersebut antara lain Wi-Fi, TV, webcam, scanner, microphone, wireless, proyektor, wireless headphone, wireless speaker dan perangkat keras lainnya.

Dari kelengkapan perangkat tersebut akhirnya membuat perkembangan media kecerdasan buatan di dalam laboratorium tersebut juga bergerak semakin cepat. Terlebih kerja sama antara UMN dan RII emmang sama-sama memiliki tujuan sama untuk mencetak data scientist dalam industri masa depan.

Saat ini ada beberapa artificial intelligence lab yang ada di Indonesia khususnya di kampus besar seperti ITS dan UI. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa di bidang tersebut memang sangat tinggi. Beruntungnya jika mendapat fasilitas mendukung dari para tim riset dan juga dosen setempat.

Leave a Comment