Kecerdasan Buatan di Pembelajaran Mesin Apa Saja Contohnya?

Artificial intelligence saat ini sudah bisa dengan mudah Anda temukan pengaplikasiannya dalam beberapa industri perusahaan di sektor apapun. Begitupun pada kecerdasan buatan di pembelajaran mesin. Bahkan tak jarang apabila penerapan AI mampu mengurangi tenaga kerja dari manusia.

Contoh Fungsi Kecerdasan Buatan di Pembelajaran Mesin

Kecerdasan buatan akan diterapkan pada mesin. Hal ini menjadi satu contoh teknologi yang sedang berkembang dan mampu memberikan perubahan besar pada dunia. Konsepnya pun sederhana yakni membuat algoritma khusus tindakan preventif seperti manusia.

1. Peningkatan Penghasilan Perusahaan

Beberapa digital marketer sudah terbiasa dengan fungsi AI untuk meningkatkan penghasilan. Hal ini karena kemampuan prediktif, AI akan memberikan informasi tentang pemberitahuan penghasilan terhadap budget yang keluar secara lebih akurat dan presisi sehingga keputusan jadi lebih terstruktur.

Para digital marketer menentukan apakah mereka harus menambah budget untuk mendapat hasil yang maksimal atau tidak. Selain itu, mereka pun juga akan mendapat data optimasi lainnya guna mengimplementasikan pada kegiatan promosi  ke level lebih tinggi.

2. Prediksi Jadwal Perbaikan dan Maintenance Mesin Rutinan

Hal ini khususnya terjadi pada industri manufaktur. Peran AI memberi manfaat cukup besar. Salah satunya yakni menentukan jadwal perkiraan perbaikan dan maintenance mesin. Saat sebelum munculnya AI ini, akan mempelajari sistem secara otomatis sehingga berlangsung manual.

Hal ini tentunya terasa begitu menguras waktu juga terasa kurang efektif apabila berlangsung pada perusahaan besar. Bahkan apabila terjadi dalam waktu lama pun akan menurunkan kinerja divisi produksi. Ketika mesin di cek, produksi perlu berhenti dalam waktu sementara terlebih dahulu.

Baca Juga :  Simak, Inilah Perkembangan Artificial Intelligence di Indonesia

3. Mesin Respon Chat dan Email Otomatis

Fungsi ini begitu terasa memudahkan untuk orang-orang yang bekerja di bidang customer service. Pasalnya mereka harus mengutamakan kecepatan dalam memberikan respon dan jawaban chat. Sayangnya tenaga manusia tidak sebanding dari banyaknya pelanggan sedang mengirim pesan.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan peran AI yang bisa menjawab pertanyaan ringan, misalnya alamat, promosi, informasi event, cara oder, syarat hingga informasi basic lainnya. Hal ini memudahkan tim CS untuk menjawab ketika customer bertanya masalah genting saja.

4. Fitur Asisten di Rumah

Apabila Anda merupakan pengguna dari smart home, tentu banyak sekali pemakaian mesin di dalamnya. Misalnya saja ketika pemilik rumah lupa untuk menutup pintu, maka IA akan secara otomatis menguncinya sehingga sekaligus meningkatkan fitur keamanan pada sebuah hunian.

Atau bahkan mesin tersebut mampu mengatur kecerahan lampu sesuai dengan waktu pemakaiannya, memberikan informasi stok bahan dapur hingga menghitung tagihan listrik. AI akan memudahkan manajemen dalam rumah tangga jadi lebih efektif dan efisien.

5. Pengelolaan Data Secara Otomatis ke dalam Laporan

Apabila Anda menggunakan data untuk mengambil keputusan, maka wajib hukumnya agar AIR ini bisa membantu mensegmentasikan data. Pasalnya secara sistem memiliki fungsi untuk membantu membaca data dengan lebih mudah. Contoh sederhananya adalah Google Analytics.

Salah satu fitur Google tersebut dapat Anda gunakan untuk memperoleh informasi pertambahan pengunjung website tiap bulannya secara lengkap dengan prediksi. Jadi penambahan jumlah pelanggan pun akan terlihat secara jelas sehingga bisa memprediksikan berapa pendapatan per bulan.

Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Mesin dan Otomotif

Mesin dan otomotif terasa tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bukan hanya masalah sistemnya, namun komponen internal hingga desainnya pun juga mengalami pembaharuan dalam beberapa tahun terakhir mulai dari mobil tenaga uap sampai otonom atau bahkan peningkatan keamanan.

Baca Juga :  Facebook Artificial Intelligence dan Penggunaannya

1. Autonomous Car

Orang-orang lebih sering mengenalnya dengan istilah self driving car. Sesuai namanya, kendaraan mobil ini mampu membawa penumpangnya tanpa sopir mengendarainya. Sistem kerjanya yakni menggunakan kamera sensor khusus untuk mendeteksi lingkungan dan gerakan sekitar mobilnya.

Selanjutnya citra kamera tersebut akan diproses dengan sistem kecerdasan buatan untuk menentukan tujuan dan arah dari kendaraan. Tentu saja hal ini terasa begitu canggih dimana saat ini sudah cukup banyak produsen melengkapi produk keluarannya menggunakan fitur terbaru satu ini.

2. Mobil Terbang

Tentu hal ini terasa begitu tidak masuk akal bagi kebanyakan orang karena mereka merasa bahwa kendaraan darah seperti halnya mobil tidak akan mungkin bisa terbang. Padahal salah satu mesin canggih ini sedang berada dalam proses pengembangan untuk mendapat hasil semaksimal mungkin.

Mobil ini layaknya kendaraan yang ada pada film sci-hi. Mobil ini dapat berjalan di udara maupun jalanan biasa. Namun penggunanya harus memiliki sertifikasi pilot terlebih dahulu agar bisa menjamin keselamatan selama berkendara menggunakan mobil terbang ini.

3. Cruise Control

Fitur satu ini menjadi salah satu kelengkapan di dalam mobil yang membuatnya menjadi kendaraan cukup canggih khususnya pada mobil mewah. Fitur ini akan membuat mobil berjalan pada kecepatan konstan di jalanan bebas hambatan. Hal ini memungkinkan pengemudi tidak harus menekan gas.

Namun sayangnya saat ini masih banyak orang yang tidak menggunakan fitur tersebut karena perasaan khawatir apabila pedal gas tidak dapat terkendali sendiri. Bahkan dalam beberapa kondisi seperti kondisi jalan tidak bebas hambatan atau bahkan pemilik mobil tidak tahu keberadaan fitur ini.

4. Defroster atau Defogger

 Sesuai dengan namanya, defogger merupakan fitur yang berada di kaca belakang mobil. Fungsinya untuk menghilangkan embun di kaca ketika cuaca sedang dingin. Kendaraan seperti ini akan terlihat ada garis horizontal pada seluruh permukaan kaca apabila Anda ingin mengecek keberadaannya.

Baca Juga :  Apa, Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence?

Mungkin mobil akan tampak lebih keren ketika memiliki garis-garis tersebut. Namun sayangnya, cukup banyak pengguna yang tidak menggunakan fitur mobil tersebut. Mengingat bahwa fungsi wiper belakang sudah terasa mencukupi dalam jangkauan dan visibilitas di area belakang saat sedang hujan.

5. Teknologi Idle

Masih banyak pemilik mobil yang terbiasa dengan sistem idle ataupun keadaan mobil masih hidup namun mereka tidak menginjak gas. Namun sebenarnya saat ini beberapa kendaraan telah menggunakan teknologi start stop.

Sistem ini akan secara otomatis mampu mematikan mesin ketika mesin sedang berhenti dan akan kembali hidup kembali saat pengendara menginjak pedal gas. Fitur ini tidak hanya menghemat bahan bakar namun juga mengurangi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.

6. Panel Analog

Meskipun hanya terlihat sebagai penambah penampilan saja namun adanya panel analog memang membuat kendaraan tampak lebih mewah. Akan terlihat berbeda dari beberapa mobil yang dulunya masih menggunakan tampilan digital.

Anda pun bisa menggunakan salah satu fitur terbaik dari kendaraan keluaran tahun-tahun belakangan yang sudah menggunakan panel analog. Panel manual yang ada pada dashboard pengemudi memang sudah ditinggalkan.

Dalam kecerdasan buatan di pembelajaran mesin hingga menyebar ke otomotif, memang terasa lebih mudah untuk menunjukkan contohnya secara langsung. Anda bisa menggunakan cara dari Berita Teknologi Techsbright ini ketika sedang mengajarkan dan saling sharing ilmu.

Leave a Comment