Sarjana Ilmu Kecerdasan Buatan Online dan Prospek Kerjanya

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk mengikuti berbagai jenis perkembangan teknologi saat ini, maka jurusan satu ini tentu terdengar begitu menarik meskipun masih asing bagi sebagian besar telinga orang-orang. Apa prospek kerja bagi sarjana ilmu kecerdasan buatan online khususnya di Indonesia?

Mengenal Jurusan Kecerdasan Buatan

Di Indonesia sendiri, jurusan ini lebih dikenal dengan teknik robotika. Program studi satu ini untuk mencetak generasi penerus yang mampu mengimbangi kecepatan kemajuan teknologi itu sendiri. Ada banyak ilmu akan mahasiswa pelajari khususnya ilmu komputer dan juga mekanika.

Teknik robotika atau kecerdasan buatan ini merupakan gabungan dari beberapa ilmu sekaligus mulai dari mekanika, komputer dan elektronika. Program studi satu ini memang fokus pada pengembangan robotika dan juga kecerdasan buatan. Perpaduan tersebut diharapkan akan tercipta karya cerdas.

Tentu saja besar harapannya bagi lulusan dari jurusan ini mampu menciptakan inovasi yang cerdas dan solutif bagi kehidupan sekarang. Apabila Anda tertarik dengan jurusan ini, maka akan banyak belajar tentang robot, mekanika, industri otomatis, sistem komputer dan lainnya.

Keahlian dan Pengetahuan

Setiap jurusan yang ada di perkuliahan tentunya memiliki keahlian dan pengetahuan tersendiri untuk memudahkannya selama menerima mata kuliah tersebut. Begitupun pada Kecerdasan Buatan atau Teknik Robotika. Umumnya para mahasiswa juga harus selalu teliti, detail dan juga tekun.

Selain itu, mereka harus memiliki pemahaman logika dan kemampuan analisis. Hal ini berhubungan dengan memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar. Selanjutnya mereka bisa menemukan solusi yang solutif melalui keterampilan di bidang kecerdasan buatan tersebut.

Baca Juga :  Awas, Aplikasi Berbahaya Ini Beredar di Play Store

Kemampuan berpikir secara terstruktur juga harus mereka penuhi. Sama halnya seperti menyusun dan merancang sebuah inovasi, maka harus benar-benar melakukan perancangan dari awal mulai penemuan masalah hingga pengembangan. Tujuannya agar masyarakat lebih mudah menerimanya.

Alasan Memilih Jurusan Sarjana Ilmu Kecerdasan Buatan Online

Menurut Berita Teknologi Techsbright, ada beberapa alasan bagi kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan kecerdasan buatan ini. Tidak hanya beralasan ketertarikan dan ikut perkembangan teknologi saja, namun sebenarnya program studi ini mempunyai banyak keuntungan apabila berhasil bergabung menjadi mahasiswa di dalamnya.

1. Gabungan dari Banyak Ilmu Pengetahuan

Jadi jurusan kecerdasan buatan ini merupakan gabungan dan kombinasi dari beberapa ilmu pengetahuan khususnya yang berbasis SAINTEK. Tidak heran jika lebih banyak calon mahasiswa yang berasal dari background Sains dan Ilmu Pengetahuan sebelumnya ketika berada di jenjang SMA.

Apabila Anda tertarik untuk melanjutkan studi di bidang teknik robotika ini, tentunya besar kemungkinan akan menambah banyak sekali ilmu pengetahuan sekaligus. Ada berbagai jenis kegiatan selama perkuliahan berlangsung. Mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu mereka sehingga banyak pengalaman

2. Prospek Kerja yang Cukup Bagus

Dengan perkembangan teknologi yang sampai saat ini terbilang begitu pesat, tentu saja akan membuat kebutuhan dari lulusan teknik robotika dan kecerdasan buatan juga meningkat. Selain itu, saat ini pun banyak sektor industri mulai menerapkan artificial intelligence dalam proses produksi mereka.

Bahkan di masa depan pun tenaga manusia akan tergantikan dengan teknologi robotika dan mesin. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat sarjana kecerdasan buatan akan semakin dicari. Jadi jangan ragu untuk bergabung pada program studi satu ini sekalipun masih tergolong baru di Indonesia.

Baca Juga :  Apa, Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence?

3. Mampu Menghasilkan Karya yang Bermanfaat

Apabila Anda sudah memiliki cukup banyak ilmu pengetahuan di bidang ilmu robotik, maka besar kemungkinannya akan mengaplikasikannya dalam sebuah karya yang bermanfaat. Tentu saja tujuan utamanya untuk menangani masalah-masalah di kehidupan sekitar khususnya sektor industri.

Namun tidak menutup kemungkinan jika sarjana ilmu kecerdasan buatan juga mampu menyelesaikan berbagai jenis masalah di bidang lingkungan. Mengingat bahwa saat ini ada banyak sekali permasalahan di lingkungan sekitar yang tidak segera tertangani dengan baik.

4. Sebagai Generasi Milenial yang Melek Teknologi

Saat ini, sebagai generasi milenial memang mendapatkan tuntutan baru yakni harus paham dan ikut serta menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat. HalĀ  ini secara tidak langsung akan diperoleh bagi mahasiswa dari jurusan kecerdasan buatan maupun teknik robotika.

Pasalnya mereka akan paham bahwa zaman telah berubah dan saat ini hampir seluruh pekerjaan berada dibawah teknologi. Apabila tidak mengikuti perkembangan tersebut, maka bagaimana bisa memahami kerja robot yang saat ini sudah banyak orang-orang menggunakannya.

5. Terasa Lebih Menantang

Banyak ahli menyampaikan bahwa suasana di jurusan ilmu Kecerdasan Buatan ini tidak sama dengan jurusan lainnya. Hal ini karena mahasiswa akan merasa lebih tertantang karena akan mempelajari ilmu-ilmu baru. Bahkan rasanya masih banyak pelajar yang belum menguasai bidang tersebut.

Di samping mempunyai suasana perkuliahan yang menantang, ilmu kecerdasan buatan dan teknik robotika seperti ini pun terasa begitu menarik. Selain itu, berbagai jenis teknologi akan bermanfaat nantinya untuk membuat beragam perancangan, sistem perangkat lunak hingga otomatisasi mesin.

Bagaimana Prospek Kerja?

Berbicara tentang prospek kerja, tentu menjadi suatu hal yang membuat banyak orang penasaran. Melihat teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini, tentu saja teknisi dan tenaga robotik akan semakin dibutuhkan kedepannya. Bahkan hal ini telah disadari oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga :  Perbedaan Antara Kecerdasan Buatan dan Robotika

Indonesia sendiri sudah merancang talenta dalam dunia robotik sendiri karena paham akan kebutuhannya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terlebih saat ini telah memasuki era industri 4.0 yang terus berjalan sehingga pemerintah memerlukan sarjana dari jurusan artificial intelligence.

Bahkan banyak ahli yang berpendapat bahwa teknisi robotik akan menjadi tulang punggung selama Indonesia berada di dalam industri 4.0. Saat ini, tidak sedikit perusahaan yang nantinya memerlukan teknisi robotik. Anda pun bisa memastikan jika fee-nya sangatlah besar untuk satu project.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang Meluluskan Sarjana Ilmu Kecerdasan Buatan Online

Jurusan robotika dan kecerdasan buatan di Indonesia pun terbilang masih sangat baru. Tidak heran jika belum banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan tersebut. Lantas bagaimana bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan prodi tersebut? Salah satunya adalah Universitas Binus Jakarta.

Universitas Binus merupakan perguruan tinggi ternama di Indonesia yang menawarkan program studi robotika dan ilmu kecerdasan buatan. Awalnya hanya mencoba untuk menggabungkan antara komputer dan mesin. Namun berkembang hingga mampu memudahkan pekerjaan manusia.

Tidak hanya Universitas Binus saja, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia lainnya yang juga memiliki program studi kecerdasan buatan ini meski masih hanya sedikit sekali. Di antaranya adalah Universitas Airlangga, Politeknik Negeri Batam dan juga Institut Teknologi Sepuluh November.

Tentu saja terdengar begitu awam dan masih sedikit sekali bagi sarjana ilmu kecerdasan buatan online yang ada di Indonesia. Namun prodi ini terus berkembang sedikit demi sedikit. Terbukti dari beberapa kampus mulai menawarkannya mulai dari Binus ASO School of Engineering, Unair dan juga ITS.

Leave a Comment