Penyebab Penyimpanan Kartu SIM Penuh

Ada banyak hal yang menjadi penyebab penyimpanan kartu SIM penuh di hp kamu. Hal itulah yang menjadikan beberapa sistem menjadi terganggu. Hal ini dikarenakan karena biasanya kartu SIM yang penuh tidak bisa lagi untuk menyimpan nomor baru di hp yang kamu gunakan.

Maka cara yang paling tepat adalah menyimpan nomor di memori internal atau menggunakan Google contact untuk mengatasi hal tersebut. Hal tersebut juga menjadikan ketika kamu akan melakukan save nomor baru tidak bisa dilakukan.

penyimpanan kartu SIM penuh
penyimpanan kartu SIM penuh

Tidak Bisa Save Kontak Karena Penyimpanan Kartu SIM Penuh

Karena kartu SIM yang penuh maka biasanya tidak bisa di gunakan untuk melakukan save pada nomor baru yang akan di simpan. Jika kamu mendapati hal tersebut, maka kamu bisa mengatasinya dengan mudah dan tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Di bawah ini akan kami berikan cara untuk mengatasi ponsel tidak bisa melakukan save pada nomor baru karena penyimpanan kartu yang penuh. Dengan cara di bawah ini kamu bisa mengatasi keluhan kamu dan dapat berjalan normal kembali untuk save nomor.

1. Kartu SIM Penuh

Biasanya sumber masalah dari tidak bisa menyimpan nomor di telpon adalah penyimpanan kartu SIM penuh. Hal ini di sebabkan karena pada dasarnya SIM card hanya bisa melakukan penyimpanan nomor sebanyak 250 nomor saja di sebuah ponsel.

Jadi untuk kamu yang selama ini melakukan penyimpanan nomor menggunakan SIM card dan sudah memiliki banyak kontak, maka sebaiknya mulai sekarang kamu gunakan saja penyimpanan telpon untuk menyimpan kontak karena bisa mencapai 1000 orang.

Baca Juga :  Realme Memproduksi Tablet Spek Gahar Dengan Harga Menarik

2. Memori Internal Penuh

Memori internal yang penuh juga bisa menjadi salah satu penyebab dari masalah tidak bisa menyimpan kontak pada sebuah ponsel. Karena memori internal memiliki peran yang sangat besar pada jalannya operasi di ponsel jadi hal ini bisa mempengaruhinya.

Jika kamu memiliki memori internal yang sudah penuh atau hampir penuh, sebaiknya kamu rajin untuk menghapus berkas yang tidak terpakai atau berkas besar yang memakan banyak space di penyimpanan internal pada handphone yang kamu gunakan.

3. Nama Kontak Terlalu Panjang

Ternyata masalah tidak bisa menyimpan kontak bukan hanya terjadi karena penyimpanan kartu SIM penuh atau memori internal penuh, hal ini juga bisa terjadi ketika kamu memberikan nama pada kontak yang akan disimpan itu terlalu panjang.

Karena ada beberapa perangkat yang tidak bisa memberikan nama kontak yang terlalu panjang dan akhirnya kontak tidak bisa disimpan. Untuk mengatasi hal tersebut kamu sebaiknya menyimpan kontak dengan nama yang tidak terlalu panjang cukup 2 kata.

4. Nomor yang Tidak Valid

Kesalahan berikutnya yang juga kerap terjadi adalah menyimpan nomor yang tidak valid. Nomor yang tidak valid biasanya merupakan nomor yang terlalu pendek atau nomor yang terlalu banyak jumlahnya karena standar nomor SIM terdiri dari 10-13 angka saja.

Jadi sebelum kamu menyimpan nomor pada perangkat, pastikan terlebih dahulu bahwa nomor tersebut merupakan nomor yang valid. Kamu bisa mengecek kembali bahwa nomor yang kamu masukkan sudah benar atau bisa meminta koreksi kembali dari orang.

5. Hapus Nomor yang Sudah Mati

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar nomor yang akan kamu masukan bisa tersimpan. Karena penyimpanan kartu SIM penuh adalah menghapus nomor kontak seseorang yang sudah mati. Atau juga bisa disebut sudah tidak aktif agar penyimpanan kembali lega.

Baca Juga :  Begini Caranya Menonaktifkan NPWP Secara Online Dengan Syarat Dan Ketentuannya

Cara ini merupakan cara yang biasanya malas untuk di lakukan karena dengan banyaknya nomor yang ada pastinya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan penyortiran. Tetapi cara ini merupakan salah satu cara terbaik.

Dengan melakukan cara tersebut bisa di pastikan bagi kamu yang sebelumnya tidak bisa menyimpan kontak karena kartu SIM penuh atau karena hal lainnya, kini sudah bisa menyimpan kontak baru dengan normal seperti sediakala untuk kembali bisa menyimpan.

Jadi bagi kamu yang mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Baik dengan cara manual atau dengan bantuan aplikasi untuk mengatasi penyimpanan kartu SIM penuh pada ponsel.

Leave a Comment