Cara Menggunakan MeeCast di STB TV

Perlu untuk kamu ketahui cara menggunakan MeeCast tersedia pada Set Top Box (STB) yang merupakan salah satu komponen untuk dapat menonton TV digital.

Fitur MeeCast TV adalah fitur untuk memutar video dari ponsel sedangkan set-top box alat yang digunakan untuk mengubah sinyal menjadi gambar dan suara sehingga dapat dilihat di televisi analog.

MeeCast TV merupakan sistem cerdas untuk pemutar multimedia berdasarkan jaringan yang sama berupa WiFi pada ponsel. Namun, untuk dapat terhubung, kamu memerlukan penghubung WiFi USB.

cara menggunakan MeeCast
cara menggunakan MeeCast

Berikut Penjelasan Terkait Cara Menggunakan MeeCast

Menggunakan MeeCast akan mempermudah Kamu dan keluarga untuk menonton di STB TV. Berikut cara yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah, di antaranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama bisa kamu lakukan adalah sambungkan WiFi di STB ke ponsel dengan memasang dongle USB WiFi.
  2. Jika sudah, masuk ke menu dan buka aplikasi MeeCast. Masuk ke bagian tab menu perangkat dan aktifkan perangkat yang terdeteksi sesuai dengan nama telah dimasukkan.
  3. Kemudian masuk ke tab Menu Aplikasi Online dan pilih Menu Youtube dan masukkan kata kunci dalam pencarian untuk menemukan video yang ingin dibuka.
  4. Setelah itu, cara menggunakan MeeCast buka video yang ingin ditonton, maka muncul ikon pop-up share. Tekan ikon pop-up dan lihat Video YouTube yang diputar di ponsel akan muncul di televisi.

Dengan aplikasi MeeCast ini, ponsel tidak harus siap terlebih dahulu. Karena secara otomatis mengirimkannya ke layar televisi dan kamu dan keluarga suah bisa menikmati berbagai tayangan.

Baca Juga :  Cara Instal Xposed Framework di Android

Manfaat TV Digital Set Top Box

Set top box memiliki fungsi utama membuat gambar dan suara yang ditampilkan menjadi lebih jelas. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan set top box.

1. Televisi Tidak Perlu Diganti

Manfaat menggunakan set top box ini adalah mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat dilihat di televisi analog dengan berbagai channel berkualitas.

Jika kamu sudah memiliki televisi digital dengan penerima DVBT2, kamu dapat langsung mulai memindai siaran digital dengan cara menggunakan MeeCast. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli televisi digital baru.

Dengan menggunakan set-top box, pengguna dapat mengubah analog menjadi digital. Sesuai dengan namanya, manfaat utama dari STB adalah memungkinkan masyarakat menonton siaran digital tanpa harus berganti TV, meskipun berjenis analog.

Dalam hal ini, masyarakat cukup memasang STB di TV yang ada dan siaran digital sudah bisa dinikmati. Siaran televisi digital memiliki kualitas gambar lebih jernih dan kualitas sinyal lebih baik.

2. Gratis

Keuntungan menggunakan set-top box televisi digital adalah gratis. Pengguna tidak perlu membayar biaya bulanan seperti kebanyakan televisi digital lainnya.

Hanya perlu membeli set-top box satu kali dan mengetahui cara mudah gunakan MeeCast serta tidak perlu membayar biaya lainnya. Menggunakan set-top box tentu jauh lebih murah daripada membeli televisi baru.

STB bukanlah perangkat tambahan untuk menikmati TV kabel. Dengan kata lain, pemasangan STB tidak mengubah apapun tentang broadcast atau siaran di televisi.

Selain itu, tidak ada biaya komunitas bulanan untuk memasang STB. Masyarakat hanya perlu membeli dan memasang STB satu kali, dan TV digital dapat dinikmati selamanya.

Baca Juga :  Cara Menandai Foto di Laptop dengan Mudah

Oleh karena itu, perlu mengetahui cara menggunakan MeeCast meskipun masyarakat menggunakan televisi analog atau televisi tabung. STB tetap perlu dipasang agar siaran ala TV digital tetap dapat dinikmati masyarakat.

3. Kualitas yang Lebih Baik

Penggunaan set-top box sebagai antena televisi digital juga meningkatkan kualitas siaran televisi. Pengguna tidak akan menemukan gambar buram, bergaris, atau bahkan buram.

Memasang set-top box di atas televisi memungkinkan menangkap sinyal dalam bentuk 0 atau 1 bit. Dalam istilah awam, sinyal ini dikenal dengan gelombang persegi yang memiliki tingkat akurasi lebih tinggi.

Karena televisi analog didasarkan pada sinyal kontinu atau sinyal yang dikirimkan secara terus menerus dan langsung. Oleh karena itu, cara ini bisa membantu dalam kegiatan menonton televisi.

Saat cuaca sedang hujan atau penuh petir, sinyal pada TV analog biasanya lebih mudah terganggu. Dalam hal ini STB berfungsi sebagai penangkap sinyal dari saluran TV dan satelit ke TV.

4. Lebih Banyak Acara TV

Jika biasanya kamu hanya menemukan beberapa acara TV, set-top box dapat membantu mendapatkan lebih banyak acara lokal. Banyak dari acara televisi ini yang tentunya gratis dan bisa ditonton setiap hari.

Kehadiran lebih banyak acara TV juga membuat kamu tidak mudah bosan saat menonton TV. Ini karena pengguna dapat memindahkannya ke acara lain yang diinginkan dengan mengetahui cara menggunakan MeeCast.

Leave a Comment