10 Aplikasi Android Terbaik untuk Produktivitas

Mochamad Ikhwana

Perkembangan zaman membuat kebutuhan aplikasi di masyarakat kian marak dibutuhkan, salah satunya adalah untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Sebagian masyarakat sekarang sudah mempunyai ponsel pintar atau yang dikenal dengan smartphone. Ada yang memakai Android namun ada juga pengguna iOS.

Banyaknya aplikasi Android dan juga iOS pada smartphone serta laptop tentu mempunyai banyak keuntungan tersendiri. Masyarakat sendiri lebih banyak menggunakan Andorid dibandingkan dengan pengguna iOS.

Tanpa sadar aplikasi-aplikasi tersebut berguna untuk produktivitas dalam pekerjaan, pembelajaran, hingga aktivitas lainnya. Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan usaha atau bisnis agar bisa mengoptimalkan keuntungan dari hasil bisnisnya dan juga mencapai target penjualan yang jauh lebih efisien.

Mengapa Harus Mempunyai Aplikasi Android untuk Produktivitas?

Banyak orang yang bertanya-tanya alasan harus mempunyai berbagai macam aplikasi Android yang berguna untuk produktivitas harian.

Pertama dan tujuan utamanya sendiri adalah untuk mempermudah tugas bisnis yang terus berulang setiap harinya. Selain itu aplikasi-aplikasi ini bertujuan untuk membangun kolaborasi yang lebih baik antar tim.

Tidak lupa aplikasi Android yang Anda unduh juga bisa mengetahui kapasitas pekerjaan Anda yang sedang berlangsung. Lalu aplikasi tersebut juga bisa melacak setiap progres pencapaian tim secara real-time dan juga memberikan pengalaman customer yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, aplikasi Andorid ini dapat digunakan setiap orang untuk melihat update pekerjaan lebih cepat dan detail.

Macam-macam Aplikasi Android untuk Produktivitas

Dengan era yang sudah serba digital, banyak aplikasi yang dibuat dan didesain khusus dalam mengatasi produktivitas dan membantu pekerjaan Anda secara maksimal.

Lantas aplikasi Android apa saja yang harus ada di smatphone Anda guna meningkatkan produktivitas harian Anda? Berikut rekomendasinya.

1. Google Drive

Siapa yang tidak kenal dengan Google Drive? Aplikasi ini dapat digunakan untuk memindahkan serta menyimpan berbagai macam file besar maupun kecil dari smartphone dan juga PC.

Berkat aplikasi ini, Anda bisa menjadi lebih produktif lagi untuk mengerjakan sesuatu. Kelebihan dari Google Drive sendiri yakni bisa diakses dalam perangkat mobile apapun sehingga Anda bisa bekerja di mana saja dan kapan saja.

2. Dropbox

Selain Google Drive, ada juga aplikasi Dropbox yang bisa Anda gunakan juga untuk membagikan file. Sama seperti Google Drive, Dropbox dapat memudahkan berbagi file berukuran besar secara virtual secara efisien serta cepat.

Aplikasi ini juga bisa mengundang banyak orang untuk bisa berkolaborasi. Dropbox sendiri bisa diakses baik itu melalui tablet, smartphone, maupun browser apapun. Jadi semua orang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini dan bisa menggunakannya dengan mudah.

3. Canva

Tentu Anda sudah tidak asing dengan aplikasi Canva. Aplikasi ini ternyata dapat menolong Anda dalam pembuatan desain grafis yang profesional dan juga menarik. Hal itu melalui berbagai macam template hingga elemen-elemen desain yang bisa digunakan secara maksimal.

Canva memudahkan Anda untuk membuat infografis, poster, presentasi, hingga portofolio yang sangat menarik, kreatif, dan profesional.

4. HootSuite

HootSuite adalah salah satu aplikasi media sosial yang membuat penggunaan dan pengelolaan media sosial Anda menjadi lebih optimal. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur berupa jadwal posting media sosial, pemberitahuan atau notifikasi mengenai presensi online perusahaan, dan analisis media sosial itu sendiri.

Aplikasi HootSuite bisa mempermudah pekerjaan dalam mengelola platform media sosial milik Anda dan juga perusahaan Anda. HootSuite menyediakan bentuk aplikasi versi Pro yang membuat kinerja media sosial Anda lebih baik dan lebih optimal lagi.

5. Slack

Aplikasi Android untuk produktivitas selanjutnya adalah Slack. Slack adalah aplikasi yang dapat digunakan agar bisa membangun kolaborasi tim yang bagus dan baik. Aplikasi ini membantu Anda agar bisa berkomunikasi dan merespon lebih cepat dan efisien dengan rekan kerja dibandingkan melalui email.

Di sini Anda bisa membuat berbagai macam channel dan grup-grup diskusi terkait pembasan dan pekerjaan yang berbeda. Hal ini dimaksudkan agar bisa lebih terstruktur dan lebih cepat selesai lagi.

Aplikasi Slack menyediakan berbagai fitur seperti notifikasi atau pemberitahuan, chat, dan integrasi dengan aplikasi lainnya yang tetap terhubung dengan rekan kerja Anda. Aplikasi ini bisa digunakan di website maupun smartphone berbasis Android dan iPhone.

6. Evernote

Evernote bisa menjadi aplikasi Android Anda selanjutnya untuk produktivitas harian. Aplikasi ini berguna sebagai pengingat dan catatan yang dapat membantu Anda dalam menyimpan dan juga mengelola informasi yang dibutuhkan. Contohnya saja dokumen, catatan, hingga kabar.

Selain itu semua, Evernote juga bisa menyimpan momen pribadi hingga protek bisnis yang dijalankan. Jangan khawatir, semua catatan yang tersimpan dalam Evernote bakal aman dan bisa diakses dalam dua perangkat yang berbeda.

7. Qontak.com

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik yang ada di Indonesia. Aplikasi ini dapat membantu sebagian tugas berulang yang berkaitan tentang marketing, penjualan, dan customer service secara otomatis.

Aplikasi Qontak.com dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda dan memudahkan tim pengakses data pelanggan dari semua bisnis tanpa harus pindah aplikasi. Tentu ini bisa mendorong peningkatan performa tim secara garis besar.

8. Zoom

Semua orang pasti mengetahui tentang aplikasi ini? Zoom populer pada saat zaman pandemic covid-19 merajalela di mana-mana. Saat itu zoom sering digunakan semua orang bersamaan dengan istilah WFH (work from home).

Zoom sangat membantu Anda dalam melakukan meeting dengan cara videoconference bersama rekan kerja baik itu di kantor maupun di luar kantor. Fitur-fitur yang ada di Zoom dapat berupa chat, screen sharing, rekaman, dan berbagai fitu lainnya yang bisa melakukan kolaborasi secara online.

Baca Juga: 5 Aplikasi Cek Layar HP Terbaik 2023

9. Forest

Forest merupakan aplikasi selanjutnya yang dapat membantu Anda agar bisa meningkatkan konsentrasi dan mengamankan Anda dari distraksi apapun termasuk notifikasi ponsel.

Ketika menggunakan Forest maka pohon virtual akan tumbuh. Namun jika keluar dari aplikasi tersebut maka pohon itu akan mati begitu saja. Hal ini mengharuskan Anda agar lebih termotivasi untuk tetap fokus pada pekerjaan yang sedang Anda jalani.

10. Grammarly

Aplikasi Android terakhir untuk produktivitas harian Anda adalah Grammarly. Grammarly dapat memperbaiki kesalahan tata bahasa hingga ejaan dalam dokumen yang sedang Anda buat.

Pemakaian Grammarly ini juga menyediakan berbagai fitur untuk mendukung penulisan Anda yang lebih efektif dan juga persuasif.

Tingkatkan Produktivitas Melalui Aplikasi Android Ini

Dari kesepuluh aplikasi ini, masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang menunjang pekerjaan dan produktivitas harian Anda.

Apalagi dengan era yang serba digital dan modernisasi, aplikasi-aplikasi tersebut dapat menunjang bisnis dan pekerjaan Anda terlebih bisa dikerjakan di mana saja dan tidak perlu datang ke perusahaan.

Melalui aplikasi itu pula dapat menyederhanakan segala kegiatan dan proses bisnis yang berulang dan penuh kompleks. Terkadang banyak rintangan dan halangan yang membuat bisnis tidak mencapai target penjualan yang baik.

Tentu aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas merupakan aplikasi terbaik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment