Berkah Ramadhan, Pencairan Bansos Berikut Akan Dicairkan Pada April 2022

Berkah Ramadhan, Pencairan Bantuan Sosial Berikut Akan Dicairkan Pada April 2022

Mochamad Ikhwana

Keberkahan di bulan Ramadhan datang dengan penyaluran bantuan sosial pada bulan April 2022.

Diketahui, pada bulan April 2022 yang juga bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan, pemerintah akan mengucurkan serangkaian dana bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Diduga, ada berbagai jenis bantuan sosial pemerintah yang akan disalurkan pada April ini, yakni BLT PKL mulai Rp600ribu hingga PKH.

Berikut ini merupakan pencairan bantuan sosial yang akan dicairkan pada April 2022, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

1. BLT PKL Rp600 ribu

Bantuan sosial pertama yang akan disalurkan pada April 2022 adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), yang memiliki Warung dan para Nelayan.

Diduga, penyaluran bansos ini akan berlangsung pada Maret dan awal April 2022 atau bertepatan dengan masuknya bulan puasa Ramadhan.

Bantuan ini akan disalurkan di 212 kabupaten/kota dengan lebih dari 2 juta penerima manfaat dan disalurkan oleh TNI.

2. Tambahan BPNT/ BPNT Ekstra

Bantuan sosial berikutnya yang akan disalurkan pada April 2022 adalah tambahan BPNT sebesar Rp 200 ribu.

Diduga, bantuan sosial ini akan dicairkan pada bulan April yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada 13 Maret 2022 mengatakan akan ada bantuan sosial untuk BPNT/kartu sembako yang dibagikan sebelum bulan Ramadhan, atau sebelum April 2022.

3. PKH Tahap 2

Bantuan selanjutnya yang akan dikucurkan pemerintah pada April 2022 adalah PKH tahap kedua.

PKH tahap kedua akan disalurkan pada bulan April hingga Juni dan diharapkan dapat dicairkan pada minggu ketiga bulan April.

Sebagai informasi, pencairan dana bansos PKH 2022 akan dicairkan setiap tiga bulan dengan besaran BLT yang berbeda untuk setiap kategori.

Selanjutnya, penyaluran bansos PKH akan dilakukan dalam empat tahap selama tahun 2022, yaitu Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember.

4. BPNT

Bantuan Sosial (Bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako 2022 terus disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk bansos ini dikabarkan akan dicairkan kembali pada April 2022 dengan penyaluran pada Januari, Februari dan Maret dengan nilai nominal Rp. 600 ribu.

Selain itu, bansos diberikan kepada masyarakat yang mengalami risiko sosial dan ekonomi.

Sedangkan bantuan sosial dapat diberikan dalam bentuk uang tunai atau barang yang diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Demikian informasi rangkaian bansos yang akan disalurkan pada April 2022 tepat di bulan suci Ramadhan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment