Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng Cair April 2022

Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng Cair April 2022

Mochamad Ikhwana

Pemerintah telah mengumumkan akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat pada April 2022. Untuk memverifikasi penerima bantuan sosial BLT minyak goreng, Anda dapat masuk ke situs cekbansos.kemensos.go.id

Bantuan Sosial BLT Minyak Goreng 2022 akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan gorengan.

Target penerima BLT minyak goreng adalah 23 juta orang. Rinciannya, 20,5 juta keluarga masuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima yang menjual gorengan.

Sebelumnya, Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) mengatakan distribusi BLT minyak goreng kepada masyarakat dilakukan seiring dengan mahalnya harga produk pangan tersebut.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi harganya akibat melonjaknya harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban pada masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Presiden Jokowi dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengungkapkan, bantuan BLT minyak goreng akan diberikan sebesar Rp. 100.000 per bulan. Bantuan sosial BLT minyak goreng diberikan selama tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei dan Juni dan dibayarkan di awal pada bulan April 2022 sebesar Rp 300 ribu.

“Saya instruksikan kepada Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI, serta Polri untuk berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Cara cek penerima bansos BLT minyak goreng

Disampaikan Presiden Jokowi, bantuan sosial BLT minyak goreng diberikan kepada keluarga penerima BPNT, PKH, dan PKL. Untuk mengetahui apakah Anda penerima Bantuan Sosial BPNT atau Bantuan Kartu Sembako, ada baiknya Anda mengecek langsung dengan 3 cara yang mungkin.

Berikut cara mengecek penerima bansos yang diberikan Kemensos

1. Cara untuk cek penerima bantuan sosial (bansos) 2022 di laman cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima bansos tahun 2022 yang pertama adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima bansos 2022 di laman cekbansos.kemensos.go.id:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  • Isi data yang diperlukan, dimulai dengan wilayah dan nama Anda
  • Masukkan kode yang terdiri dari huruf 8 digit, sertakan juga spasi
  • Klik “Cari Data”
  • Jika nama Anda muncul, Anda sudah terdaftar di DTKS. Namun, untuk menentukan apakah Anda penerima BPNT 2022, pastikan kolom status BPNT bertuliskan “Ya”.
  • Ke halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya

2. Cara cek penerima BPNT 2022 di aplikasi Cek Bansos

Cara cek BPNT 2022 yang kedua adalah melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh di PlayStore atau AppleStore. Cara pengecekan penerima BPNT 2022 di aplikasi Cek Bansos sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi diunduh dan diinstal di ponsel Anda
  • Pilih menu “Cek Bansos”
  • Masukkan data pribadi seperti wilayah dan nama sesuai KTP
  • Klik “Cari Data”
  • Cek data yang akan ditampilkan untuk mengetahui apakah Anda salah satu penerima BPNT 2022.

3. Cara Cek Penerima BPNT 2022 di Dinas Sosial

Cara terakhir untuk mengecek penerima BPNT 2022 adalah dengan mengunjungi kantor Dinas Sosial setempat. Di sana, Anda bisa menanyakan kepada petugas apakah Anda terdaftar di DTKS dan merupakan penerima BPNT 2022 atau Bantuan Kartu Sembako.

Demikian informasi mengenai penyaluran bansos BLT minyak goreng dan cara pengendaliannya melalui Cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment