Jenis Investasi Syariah Modal Kecil

Jenis Investasi Syariah Modal Kecil

Mochamad Ikhwana

Jenis investasi untuk pemula modal kecil syariah menggunakan sistem syariah saat menjalankannya. Oleh karena itu, jenis investasi modal kecil syariah dinilai lebih menguntungkan dan bebas riba, khususnya bagi umat Islam.

Di bawah ini adalah daftar jenis investasi syariah yang halal untuk pemula karena sistem dan konsepnya berdasarkan ajaran Islam dan mungkin bisa menjadi pilihan investasi tanpa riba bagi yang ingin menggunakannya. Jika Anda menyimak dengan seksama, Anda dapat melihat perbedaan dengan metode investasi konvensional.

Jenis Investasi Syariah Modal Kecil

1. Sukuk Tabungan

Jenis investasi pemula modal kecil syariah yang pertama adalah sukuk tabungan atau obligasi syariah. Sukuk adalah suatu bentuk jaminan hutang yang diterbitkan oleh negara atau perusahaan kepada calon pemegang obligasi sesuai dengan prinsip Syariah.

Sementara itu, kreditur secara teratur menerima manfaat dalam bentuk bagi hasil. Namun sayangnya, banyak masyarakat yang tidak tertarik dengan jenis sukuk tabungan ini karena dinilai rendah hasilnya. Namun bagi yang berminat, saat ini sudah banyak bank syariah yang menawarkan jenis investasi ini, bahkan beberapa aplikasi investasi menawarkan sukuk tabungan sebagai salah satu jenis investasi yang bisa dipilih.

2. Deposito Syariah

Jenis investasi pemula modal kecil syariah selanjutnya adalah deposito syariah yang setara dengan deposito konvensional. Namun, deposito syariah memiliki sistem bagi hasil yang biasanya diatur secara presentase. Misalnya, deposito syariah disimpan di Bank A selama 12 bulan dengan rasio bagi hasil 44%: 56%. Artinya, semua keuntungan yang diperoleh akan dibagi 44% untuk Anda dan 56% untuk bank.

Deposito adalah jenis investasi yang baik bagi siswa untuk belajar bagaimana berinvestasi. Hal ini karena deposito adalah sistem yang sama dengan tabungan. Deposito juga bisa menjadi pintu gerbang kita untuk belajar tentang investasi lainnya.

3. Reksa Dana Syariah

Jenis investasi pemula modal kecil syariah selanjutnya adalah reksa dana syariah. Pengertian reksa dana syariah sebenarnya sama dengan reksa dana konvensional, namun sistem pelaksanaannya menggunakan sistem syariah. Anda juga bisa membedakan reksa dana syariah dan konvensional dengan sangat mudah. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat keberadaan kata ‘sharia/syariah’, sederhana itu.

4. Emas

Emas adalah salah satu investasi modal yang lebih kecil dengan hasil keuntungan harian atau bulanan terukur yang bisa digunakan antara tahun 2021 dan 2022. Pasalnya, dalam investasi konvensional, emas juga sebenarnya tersedia sebagai salah satu jenis investasi. Namun, ada perhitungan bahwa emas investasi syariah harus bebas dari riba. Daya tarik emas sebagai investasi juga karena stabilitas dan retensi nilainya. Oleh karena itu, emas adalah investasi jangka pendek yang merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula.

5. Saham Syariah

Jenis investasi modal kecil syariah yang terakhir adalah saham syariah. Mirip dengan jenis investasi konvensional, berinvestasi di saham syariah menggunakan sistem Syariah Islam. Ada banyak listing saham syariah yang bisa dipilih di bursa efek Indonesia. Namun, menggunakan saham sebagai sarana investasi berisiko, bahkan dengan sistem saham syariah pun membutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk menggunakannya.

Saat berinvestasi, jangan lupa lindungi keuangan Anda dengan membeli asuransi syariah dan konvensional terbaik sekarang juga!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment