Harganya Murah, Beginilah Cara Kerja Teknologi Hybrid di Yamaha Fazzio

Harganya Murah, Beginilah Cara Kerja Teknologi Hybrid di Yamaha Fazzio

Mochamad Ikhwana

Yamaha Fazzio yang diluncurkan dengan teknologi hybrid cukup mengejutkan karena dijual dengan harga terjangkau.

Bisa dikatakan murah karena harga resmi Fazzio berada di kisaran harga yang sama dengan kompetitornya yang masih menggunakan teknologi mesin konvensional.

Lantas apa sebenarnya yang membuat teknologi hybrid yang tergabung dalam Yamaha Fazzio dijual dengan harga murah?

Antonius Widiantoro selaku Humas, YRA dan Community Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penjelasan.

“Jadi sebenarnya teknologi Yamaha Fazzio itu Hybrid Power Assist. Harganya bisa murah karena kita memanfaatkan teknologi yang sebelumnya ada di mesin Blue Core Yamaha,” kata Anton, panggilan akrabnya.

Menurut Anton, yang membuat teknologi Hybrid Power Assist pada Yamaha Fazzio terjangkau, salah satunya karena masih menggunakan satu baterai atau aki pada motornya.

“Ini berbeda dengan teknologi hybrid pada mobil atau hybrid konvensional lainnya yang menggunakan dua baterai terpisah. Yamaha Fazzio ini hanya menggunakan satu baterai dan baterai yang digunakan sama dengan baterai yang digunakan pada motor Yamaha lainnya,” kata Anton.

Dengan tidak menggunakan baterai tambahan tentunya dapat menekan harga produksi dan harga jual Yamaha Fazzio.

Selain itu, bahkan teknologi Hybrid Power Assist pada Yamaha Fazzio tidak menggunakan suku cadang tambahan untuk menjalankan teknologi baru ini.

“Jadi tenaga tambahan yang keluar saat mesin berakselerasi berasal dari komponen Smart Motor Generator (SMG) yang sebenarnya sudah ada di mesin sebelumnya,” tambah Ferry Nurul Fajar, Technical & Education PT YIMM.

“Kalau motor SMG sebelumnya bekerja hanya sebagai starter elektrik, di Yamaha Fazzio ini dimaksimalkan untuk menghasilkan tenaga tambahan saat mesin berakselerasi,” ujar Ferry.

Karena tidak adanya perangkat tambahan yang terintegrasi, maka Yamaha Fazzio memiliki harga jual yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan sepeda motor hybrid konvensional yang sudah ada.

Nah, kini terjawab sudah, karena harga Fazzio bisa terjangkau meski berteknologi hybrid.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment