rekomendasi mobil listrik

Rekomendasi Mobil Listrik Paling Murah di Indonesia

Mochamad Ikhwana

Tahukan Anda jika penggunaan mobil listrik di Indonesia semakin gencar sejak terbentuknya regulasi di tahun 2021? Dulu, mobil listrik memang terkenal mahal. Namun sekarang, Anda bisa menemukan rekomendasi mobil listrik dengan harga di bawah Rp 1 M.

Ketertarikan pada mobil listrik pun semakin besar sejak adanya kenaikan harga BBM. Apakah Anda juga mulai berpikir untuk beralih ke mobil listrik?

Sebaiknya simak pilihan mobil listrik yang tersedia agar dapat menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5 Rekomendasi Mobil Listrik Paling Murah di Indonesia

Berbagai produsen mobil listrik mulai memasarkan produknya di Indonesia. Hal ini merupakan kabar baik. Dengan demikian, pengguna mobil jadi punya lebih banyak pilihan untuk menentukan mobil listrik mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dari Wuling hingga Nissan, semua mengeluarkan produk unggulan mereka. Terlebih, spesifikasi dan rentang harganya pun cukup bervariatif. Berikut ini Berita Teknologi Techsbright  akan memberikan rekomendasi mobil listrik yang telah dipasarkan di Indonesia.

1.      Wuling Air EV

Mobil buatan China ini adalah rekomendasi mobil listrik pertama menghadirkan unit dengan harga yang termurah. Karena Anda bisa mendapatkan harga Wuling Air EV hanya Rp 238 juta untuk varian Standard Range dan Rp295 untuk Long Range.

Meskipun harganya paling murah, Anda tetap dapat merasakan berbagai kemewahan. Mulai dari pintu yang kokoh hingga dasbor yang terkesan moderen. Hal ini berkat dukungan dengan dua layar besar yang berfungsi sebagai instrument cluster dan head unit.

Sementara itu mengenai performanya, mobil listrik ini sangat cocok untuk area perkotaan. Sebab tarikannya terasa sangat halus. Ditambah dengan cara penambahan kecepatan yang terjadi secara bertahap.

Hal ini juga sesuai dengan dimensinya yang sangat mungil, yakni lebar 1,5 meter dan panjang kurang dari 3 meter. Cocok untuk berkendara di tengah kemacetan atau area perumahan dengan jalan yang sempit.

Di sisi keamanannya, fitur keamanan mobil berkapasitas 4 orang ini sudah mencukupi. Yakni adanya 2 airbags, sertifikasi water resistant IP67 untuk baterai, rem ABS dan EBD, serta Wuling Indonesian Command (WIND). Lengkap dengan teknologi internet of vehicle (IoV).

2.       Nissan Kicks e-Power

Rekomendasi mobil listrik ini mulai memasuki pasar Indonesia sejak tahun 2020 dengan harga Rp432 juta. Meskipun bertenaga baterai, teknologi e-power memungkinkan tenaganya terisi otomatis dengan bantuan mesin bensin berkapasitas 1,2 L tiga silinder.

Motor listrik yang menggerakkan dua roda depannya bertenaga 127 dk dan torsi 260 Nm. Baterainya sendiri memiliki kapasitas sebesar 1,5 kWh. Dengan demikian, pengecasan motor listrik dari bensin berjalan otomatis oleh sistem, baik saat mobil diam maupun berjalan.

Anda dapat merasakan kemewahan di dalam rekomendasi mobil listrik ini dengan dasbornya yang terkesan simpel dan bersih. Interiornya dominan berwarna hitam tanpa guratan garis tajam yang mencolok.

Ruangan dalam mobil ini terasa lega. Anda akan mendapat cukup legroom dan headroom yang memadai. Kerebahan bangku pun cukup untuk membuat penumpang belakang tetap nyaman dalam perjalanan jauh.

Bagasi belakangnya pun cukup lega. Bentuknya luas dan memanjang sehingga mampu menampung banyak barang. Bila masih kurang, Anda bisa menambahkannya dengan melipat bangku belakang. Secara keseluruhan, mobil listrik ini sangat nyaman dan fleksibel.

3.      DFSK Gelora E

Sebagai mobil minibus yang bertenaga listrik, DFSK Gelora E mungkin belum ada tandingannya di antara rekomendasi mobil listrik lain. Mobil ini merupakan produksi China yang mengisi pasar dalam negeri dengan harga Rp 480 juta – Rp 510 juta.

Sesuai dengan muatannya yang besar, mobil ini memiliki desain kotak dengan dimensi tinggi mencapai 2 meter. Selain baris depan, bagian belakang memiliki 2 baris jok untuk penumpang.

Di bagian dasbor, Anda akan menemukan Multi Information Display (MID) yang menyatu dengan cluster speedometer. Informasi dalam tampilan adalah sisa jarak yang dapat ditempuh, kapasitas baterai, dan jam.

Mengenai keamanan, mobil ini telah memiliki rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Ada juga sistem double anti collision yang dapat menyerap benturan yang menjamin keamanan pengemudi dan penumpang depan.

Sumber daya DFSK Gelora E adalah baterai Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWh dengan dinamo Permanent Magnet Synchronous Motor yang berkekuatan 9.000 rpm. Outputnya 60 kWh atau 80,46 Hp dengan torsi 200 Nm yang tersalur ke roda belakang.

4.      Hyundai Ioniq Electric

Hyundai Ioniq Electric merupakan rekomendasi mobil listrik dengan tenaga listrik secara penuh. Namanya berasal dari kata ion dan unique.

Dari luar, desain mobil ini tampak tak terlalu menarik perhatian. Namun, Anda akan merasakan kemewahannya di dalam. Bagian dasbornya terlihat futuristis dengan segala instrumen digital. Konsol tengahnya pun tak menggunakan tuas melainkan tombol.

Ada empat mode berkendara dalam mobil ini. Eco, Eco+, Normal, dan Sport. Saat mode Eco dan Eco+, lampu indikasi akan berwarna hijau, mode Normal dengan warna biru, dan mode Sport berwarna merah.

Motor listriknya bertenaga 134 Hp dengan torsi luar biasa, yakni mencapai 140 – 150 Nm yang menggerakkan dua roda depan. Sumber dayanya adalah baterai berkapasitas 38,3 kWh yang dapat menempuh jarak di atas 300 km.

Segala fitur modern juga dapat Anda nikmati di mobil ini. Joknya dilengkapi sistem elektrik. Posisi berkendara ergonomis berkat dukungan stir dengan pengaturan tilt dan telescopic. AC-nya pun digital dengan panel sentuh.

Remnya lengkap dengan sistem regenerative braking. Saat Anda menginjak rem, energi kinetik roda akan dipakai untuk memutar generator yang menghasilkan listrik dan disimpan ke baterai untuk menambah daya.

Pengisian daya baterai hingga penuh memerlukan waktu sekitar 6 – 7 jam. Sedangkan dengan mode fast charging 100 kWh hanya perlu sekitar 1 jam. Kemewahan ini dapat Anda dapatkan dengan harga antara Rp 627 juta – Rp 677 juta.

5.      Nissan Leaf

Nissan Leaf turut meramaikan rekomendasi mobil listrik di Indonesia. Produk ini memiliki baterai berkapasitas 40 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 311 km.

Tampilan luarnya tampak ramping dan tajam. Pas untuk mengusung konsep dinamis dan aerodinamis. Kombinasi warna two tone di bagian samping juga menegaskan kesan ini. Apalagi dengan velg berukuran 17 inci dengan Diamond-Cut Turbine.

Konsep rancangan bagian dalamnya adalah interior yang elegan. Meskipun begitu, fitur dasbor, kontrol panel, dan AC-nya masih menggunakan tombol.

Ada layar hiburan berukuran 8 inci dengan head unit yang terkoneksi dengan Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Setirnya juga lengkap dengan audio steering switch sehingga pengemudi dapat tetap konsentrasi ke depan.

Dengan kapasitas lima orang, kenyamanan pengemudi dan penumpang terjamin dengan jok berlapis Kulit Alcantara. Suasana terasa tenang karena tak ada suara bising dari mesin. Bagasi mobil ini juga cukup luas dengan kapasitas 435 liter.

Fitur keamanan mobil ini juga sangat terjamin. Terdapat 6 buah airbag untuk mengurangi dampak benturan pengemudi dan penumpang. Masih ada banyak fitur keamanan lain seperti Forward Emergency Braking sampai Intelligent Around View Monitor.

Segala kecanggihan fitur Nissan Leaf tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp 728 juta.

Kelima rekomendasi mobil listrik tersebut dapat menjadi acuan untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan semakin berkembangnya teknologi, tak menutup kemungkinan akan semakin banyak fitur modern yang tersedia.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment