instalasi motor listrik

Bengkel Instalasi Motor Listrik Terbaik dan Terpercaya

Mochamad Ikhwana

Bagi setiap pemilik kendaraan, melakukan perawatan hingga modifikasi adalah hal yang penting. Agar mesin kendaraan, baik motor maupun mobil tetap awet hingga bertahun-tahun. Begitu pun dengan melakukan instalasi motor listrik.

Jika Anda ingin melakukan instalasi motor listrik, sebaiknya jangan sembarangan memilih bengkel motor. Karena tidak jarang terjadi kecurangan oleh oknum bengkel, seperti menaikkan harga suku cadang atau lainnya.

Tentunya Anda tidak mau mengalaminya, bukan? Nah, Agar Anda tidak kecewa dalam melakukan instalasi motor listrik, silakan simak ulasannya di sini sampai selesai.

Cara Mengubah Motor Bensin Menjadi Motor Listrik

Jika Anda ingin memiliki motor listrik, tidak perlu buru-buru membelinya. Karena Anda bisa melakukan konversi dari motor bensin ke listrik.

Bukan hal yang tidak mungkin, karena sudah banyak pemilik kendaraan klasik, baik roda dua maupun roda empat yang melakukannya.

Keunggulan Motor Listrik

Saat ini Anda mungkin sudah memiliki niat untuk membeli motor listrik atau mengubah motor bensin ke listrik, namun masih ragu. Itu adalah hal yang wajar, karena motor listrik tergolong barang baru bagi sebagian orang.

Perlu Anda ketahui bahwa motor listrik hadir ke dalam dunia otomotif dengan menawarkan berbagai keunggulan. Agar Anda tidak penasaran, berikut ini beberapa keunggulan motor listrik menurut techsbright.com :

1. Akselerasi Responsif

Ketika Anda mengendarai motor listrik, Anda akan merasakan akselerasi yang responsif. Karena motor listrik mempunyai karakter torsi instan.

Lain halnya dengan motor dengan mesin pembakaran internal yang torsi puncaknya baru dapat tercapai pada putaran mesin tertentu. Sedangkan pada motor listrik, torsi puncaknya sudah tersedia sejak pertama kali tuas akselerator diputar.

2. Suara Lebih Senyap

Bunyi mesin atau knalpot yang keras membuat sebagian orang lebih menyukai motor mesin pembakaran internal. Suara motor listrik yang lebih hening tentu memiliki manfaat.

Suara kendaraan yang lebih senyap akan membuat aktivitas berkendara menjadi tidak cepat lelah. Selain itu, heningnya suara yang motor listrik miliki juga membawa dampak positif bagi lingkungan yang lebih tenang.

3. Cocok Pengguna Pakai di Perkotaan

Motor listrik sangat cocok pengguna bawa untuk berkendara di daerah perkotaan, terutama yang sudah mendukung regenerative braking. Karena baterai mendapatkan daya tambahan saat motor melakukan pengereman.

Sedangkan motor konvensional tidak terlalu bersahabat bagi pengguna saat melintasi jalan perkotaan yang sering macet. Karena kondisi jalan seperti itu akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

4. Perawatannya Lebih Murah

Menggunakan motor listrik memang lebih hemat, karena perawatannya lebih murah. Motor listrik hanya sedikit menggunakan komponen bergerak dan tidak memerlukan oli, busi, rantai dan komponen lain yang umumnya terdapat pada motor biasa.

Hal tersebut membuat perawatan motor listrik menjadi lebih mudah. Bagian yang perlu mendapatkan perhatian terbatas pada ban, timing belt, kampas rem dan sistem hidrolik dari pengereman itu sendiri.

Cara Mengubah Motor Bensin ke Listrik

Saat ini sudah semakin banyak di internet cara mengubah motor bensin ke listrik. Bahkan tutorialnya juga sudah banyak di video yang bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Walau demikian, sebaiknya Anda melakukan instalasi motor listrik di bengkel profesional. Hal itu agar hasilnya memuaskan, karena konversi dilakukan secara do it yourself (DIY) yang sudah melalui proses trial and error.

Selain membuang-buang waktu, juga menghabiskan dana dan tenaga. Tetapi, jika Anda tetap ingin mencoba, bisa mengikuti tutorialnya.

Hal yang perlu Anda lakukan, yaitu melepas kepala silinder dan blok silinder, lalu memotong leher stang dan piston. Setelah itu, membuat adaptor untuk memasang dinamo, kemudian menghubungkannya dengan rantai keteng.

Langkah selanjutnya, memasang baterai dan memastikan semua baut sudah terpasang dengan kencang.

Memilih Jasa Instalasi Motor Listrik Terbaik

Tidak semua orang mampu memasang instalasi motor listrik sendiri, karena memang itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda saat ini mungkin sedang membutuhkan teknisi instalasi motor listrik terbaik dan dapat Anda percayai.

Nah, berikut ini beberapa tips memilih bengkel instalasi motor listrik terbaik dan terpercaya:

1. Profesional Dalam Bekerja

Ketika akan memilih jasa instalasi motor listrik, pastikan terlebih dahulu bahwa jasa tersebut benar-benar profesional dalam bekerja. Anda bisa melihat rekam jejaknya yang sudah konsumen percayakan. Saat ini banyak penyedia jasa abal-abal yang hanya memanfaat konsumen.

Penyedia jasa yang profesional biasanya akan cepat tanggap terhadap panggilan konsumen dan tidak akan mengulur-ulur waktu untuk mengerjakannya. Selain itu, penyedia jasa instalasi motor listrik tersebut juga akan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya.

2. Memiliki Keahlian dalam Bidang Motor Listrik

Carilah jasa instalasi motor listrik yang benar-benar ahli dalam menangani permasalahan tersebut. Hal ini sangat penting, karena jika Anda memilih yang bukan ahlinya maka hasil kerjanya pasti bisa mengecewakan Anda.

Salah satu yang menjadi indikator keahlian penyedia jasa, yaitu adanya sertifikat resmi. Apabila menggunakan perusahaan instalasi, pilihlah yang perusahaannya resmi dan berpengalaman.

Sertifikat tersebut dapat membuktikan bahwa mekaniknya benar-benar mampu mengatasi masalah yang sering pengguna motor keluhkan. Selain itu, pastikan pula mekaniknya jujur, karena tidak jarang terjadi kecurangan yang oknum bengkel lakukan sehingga merugikan konsumen.

Adapun bengkel yang memang sudah mendapatkan sertifikat resmi dalam melakukan konversi motor listrik yaitu yang sudah memenuhi persyaratan berikut:

  • Memiliki paling sedikit satu orang teknisi perawatan dan satu orang teknisi instalatur yang kompeten memegang kendaraan bermotor.
  • Teknisi tersebut memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bidang teknologi otomotif, elektronika dan berpengalaman minimal 2 tahun sebagai teknis kendaraan bermotor.
  • Mempunyai peralatan khusus untuk instalasi motor listrik pada sepeda motor.
  • Mempunyai peralatan tangan dan peralatan bertenaga.
  • Memiliki peralatan uji perlindungan sentuh listrik.
  • Mempunyai peralatan uji hambatan isolasi.
  • Mempunyai mesin fabrikasi komponen pendukung instalasi.
  • Bengkel punya fasilitas keamanan dan keselamatan kerja secara lengkap.

3. Menjamin Keamanan dan Keselamatan Pengguna Motor

Tidak sedikit bengkel-bengkel yang menawarkan jasa instalasi motor listrik, namun menggunakan baterai abal-abal. Mereka menggunakan baterai yang dirakit dari baterai laptop bekas.

Apabila baterai jenis seperti ini yang dipakai, akan sangat berbahaya. Karena baterai tersebut berpotensi menjadi bom yang bisa membunuh pengendara.

Itulah beberapa informasi mengenai instalasi motor listrik. Perlu juga Anda ketahui bahwa bengkel resmi yang sudah ter verifikasi dalam mengonversi motor menjadi motor listrik tidak hanya aman dari sisi bahan atau komponen yang dipakai. Melainkan juga bisa membantu pemiliknya dalam mengurus surat-surat menjadi plat biru.

Plat biru sendiri adalah plat khusus untuk motor listrik. Tentu sebagai pemilik motor listrik, Anda harus memiliki plat biru tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih bengkel instalasi untuk motor listrik. Pilihlah yang memang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya. Agar nantinya Anda tidak kecewa karena tidak mendapatkan pelayanan terbaik atau bahkan malah tertipu.

Demikian informasi mengenai bengkel instalasi motor listrik terbaik dan terpercaya. Selamat menikmati segala kemudahan dan keunggulan dari motor listrik.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment