spesifikasi mobil listrik Tesla

Intip Model dan Spesifikasi Mobil Listrik Tesla, Mobil Paling Hits Masa Kini

Mochamad Ikhwana

Tesla menjadi salah satu mobil yang menarik untuk Anda miliki karena sudah menggunakan tenaga listrik yang ramah lingkungan.  Meskipun memiliki harga yang cukup fantastis, tapi spesifikasi mobil listrik Tesla sangat canggih dan gahar.

Mobil listrik ini semakin banyak yang mengincarnya karena perawatannya cukup mudah dan simpel.  Ada 4 jenis mobil listrik Tesla yang dijual di pasaran yaitu model S, model 3, model Y, dan Tesla Model X, masing-masing memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda.

Sekilas Tentang Mobil Tesla

Tesla adalah perusahaan yang memproduksi mobil dari Amerika dan menjadi salah satu developer mobil listrik yang harus masuk daftar mobil masa depan. Saat ini, peminatnya meningkat cukup pesat karena fitur dan spesifikasi mobil listrik Tesla yang canggih.

Dibangun oleh Elon Musk di tahun 2004 dan menjadi market leader produk mobil listrik. Kehadiran mobil ini menjadi simbol sosial bagi pemiliknya dengan harga yang tidak murah. Jumlah unit yang tidak banyak membuat namanya semakin melambung.

Mobil ini memiliki tampilan yang cukup mewah dengan desain yang futuristik yang memperkuat eksistensinya dalam dunia otomotif. Umumnya, mobil listrik Tesla menggunakan baterai dengan tipe lithium ion.

Meskipun ditenagai oleh baterai, mobil listrik Tesla bisa menghasilkan torsi dan tenaga yang besar. Jadi, tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena setiap tipe memiliki baterai yang irit dan bisa menempuh ratusan kilometer untuk satu kali isi baterai.

Spesifikasi Mobil Listrik Tesla

Masing-masing model Tesla memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda dan akan menentukan harga setiap model yang tersedia. Berikut Techsbright akan membahas spesifikasi lengkap dari mobil listrik Tesla yang tersedia di pasaran:

1.        Spesifikasi Mobil Listrik Tesla Model S

Mobil listrik Tesla model S menggunakan sistem pada motor penggerak depan dan belakang. Membuat mobil ini bisa menghasilkan tenaga belakang 503 HP dan tenaga depan 259 HP. Kombinasi keduanya adalah 680 HP.

Kursi depan dan torsi belakang dari mobil secara berurutan adalah 376 nm dan 712 nm. Kombinasi keduanya adalah 1073 nm, menggunakan transmisi otomatis 1 speed.

Dengan harga sekitar Rp 4.4 miliar, mobil Tesla model S menjadi mobil listrik tercepat yang bisa melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 2.28 detik.

Bagian interior mobil ini memiliki nuansa modern dan minimalis karena tidak ada banyak tombol. Layar sentuhnya cukup besar sekitar 17 inci yang mengontrol semua fitur di dalam mobil. Tesla model S bisa membawa 5 penumpang sekaligus.

Model ini mengedepankan aerodinamika dan dapat menembus udara dengan mulus. Memiliki banyak komponen premium seperti lampu LED hemat energi, atap yang bisa menggunakan roof rack. Handle pintu yang memberikan kesan detail mewah.

Spesifikasi mobil listrik Tesla bagian baterai adalah ditenagai oleh baterai lithium ion kekuatan 100 KWH. Dalam kondisi penuh bisa berjalan sejauh 506 km.

Di sisi keamanannya, model ini terdiri dari Passenger Airbag, Child Safety Locks, Driver Airbag, Side Airbag-Front, Brake Assist, Anti-Lock Braking System, Ebd, Rear Seat Belts, Parking Sensor, Crash Sensor, Rear Camera, Engine Check Warning, dan lainnya.

2.        Tesla Model 3

Spesifikasi mobil listrik Tesla model 3 tidak kalah gahar dari model S. Model ini menjadi salah satu mobil listrik dengan harga termurah yaitu sekitar Rp 1.5 miliar.

Dengan harga segitu, mobil ini bisa berakselerasi mulai dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6 detik. Kecepatan maksimalnya adalah 210 km/jam dengan jarak tempuh hingga 381 km.

Bagian interior mobil sangat minimalis karena tidak memiliki tombol sama sekali. Anda bisa menjalankan semua fungsi melalui monitor yang berada di bagian tengah. Semua bisa Anda atur, kecuali mengatur kaca spion samping, jok elektrik, dan posisi kemudi.

Terdapat fitur hiburan dengan ukuran lebih kecil dan posisinya dibuat menjadi landscape. Di sini bisa melakukan streaming musik melalui internet browser atau update lalu lintas.

Tesla model 3 bagian eksteriornya kalem dan tidak memiliki ventilasi udara di bagian depan. Mobil ini mirip dengan BMW 3 series G20. Desainnya lebih cocok untuk Anda gunakan sendiri.

Mobil listrik Tesla model 3 memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar cukup tinggi.  Cukup membayar sekitar Rp 70.000, sudah bisa membawa mobil ini sejauh 400 km.

Untuk keamanannya, model ini terdiri dari Passenger Airbag, Child Safety Locks, Driver Airbag, Side Airbag-Front, Brake Assist, Anti-Lock Braking System, Ebd, Rear Seat Belts, Parking Sensor, Crash Sensor, Rear Camera, dan lainnya.

3.        Tesla Model X

Tesla model X adalah mobil listrik jenis SUV yang dikeluarkan pada tahun 2015 dan sudah mengalami beberapa perkembangan hingga saat ini. Mobil dengan harga sekitar Rp 2.5 miliar ini memiliki spesifikasi mobil listrik Tesla yang cukup lengkap.

Mobil listrik ini bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6 detik dengan kecepatan maksimal 210 km/jam dan jarak tempuh hingga 381 km. Tesla model X memiliki kekencangan yang baik tapi juga aman dan nyaman.

Pada bagian dalam mobil terdapat layar sentuh 17 inci di bagian tengah dasbor yang menjadi pusat komando fitur hiburan. Mirip dengan laptop canggih dan sistemnya bisa di update over-the-air melalui koneksi internet.

Mobil yang muat untuk 7 orang ini memiliki filter udara yang dijamin bebas polusi dan bakteri. Bisa melakukan wireless charging, lampu LED ambien, menggunakan USB port. Terdapat 12 kantong udara yang membuat penumpang merasa aman dan nyaman.

Bagian luarnya didesain dengan atap belakang yang cukup landai dan pintu yang bisa terbuka normal. Lampunya sudah berteknologi LED dengan kamera dan sensor tersembunyi. Handle pintu juga tersembunyi, hanya muncul saat kunci mendekat.

Spesifikasi mobil listrik Tesla model X menyatukan kekuatan teknologi baterai dan power train untuk memilki performa yang luar biasa.  Bisa di charger lebih cepat hingga mendapatkan tenaga lebih banyak dan ketahanan di berbagai macam kondisi.

Fitur keamannya terdiri dari Passenger Airbag, Child Safety Locks, Driver Airbag, Side Airbag-Front, Brake Assist, Anti-Lock Braking System, Ebd, Rear Seat Belts, Parking Sensor, Crash Sensor, Rear Camera, dan lainnya.

4.        Tesla Model Y

Spesifikasi mobil listrik Tesla model Y tidak kalah canggih dari model lainnya. Mobil berjenis crossover ini dipasarkan pada Maret 2020 sebagai penyempurna model 3 yang masuk segmen SUV.

Tesla model Y menawarkan fitur canggih yang bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3.5 detik dengan kecepatan maksimal 241 km/jam.

Bagian dalamnya mirip dengan model 3 yang terbebas dari tombol dengan sebagian besar tergantung pada tampilan infotainment 15 inci di dasbor. Atap kacanya memberikan kesan lega dan mewah, tapi tetap memberi kesan sejuk.

Desainnya sekilas mirip dengan Tesla model 3. Model ini memberikan tampilan front end yang mulus. Ada sedikit gril di bagian bawah dan lekukan di bawah lampu kabut.

Jangkauan mengemudinya sekitar 244 mil setiap satu kali pengisian daya. Mobil dengan harga sekitar Rp 2 miliar ini membawa bekal mesin HyperHybrid, motor elektrik, dan mesin range extender.

Kelebihan utama dari mobil listrik adalah ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Ini membantu mengurangi pencemaran udara memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar.

Jika berbicara mengenai spesifikasi mobil listrik Tesla, maka mobil ini memiliki tenaga yang cukup tangguh dan gahar. Bahkan sebagian pengguna mengatakan mobil listrik jauh lebih cepat. Jadi, tertarik dengan mobil listrik Tesla model mana?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment