harga mobil listrik Aglis

Harga Mobil Listrik Aglis Angkutan Motor Roda Tiga

Mochamad Ikhwana

Dalam gempuran kemajuan teknologi, khususnya mobil listrik, Indonesia menyatakan siap untuk memasuki era ini. Salah satu bentuk kesiapan tersebut diwujudkan dengan beredarnya mobil listrik roda tiga bernama Aglis di kota Solo. Seiring dengan kemunculannya, harga mobil listrik Aglis sontak saja jadi pertanyaan banyak orang.

Sebelum kemunculan Aglis, Indonesia punya mobil listrik terdahulu bernama Esemka. Sayangnya, produk buatan dalam negeri ini tak kunjung menampakkan diri ke hadapan publik.

Dampaknya, keberadaan Esemka terlupakan seiring berjalannya waktu. Sebagai gantinya, munculah mobil listrik unik bernama Aglis. Mengapa dikatakan unik? Sebab mobil satu ini punya bentuk yang tidak biasa.

Warga Ibukota tentunya familiar dengan Bajaj, angkutan umum yang punya roda tiga. Sekilas, mobil listrik Aglis punya wujud mirip dengan bajaj. Inilah kenapa kendaraan satu ini menarik perhatian banyak orang.

Sekalipun bentuknya mirip bajaj, nyatanya Aglis benar mobil listrik yang punya kemampuan seperti mobil pada umumnya. Mobil ini adalah rakitan PT Prosan Alam Hijau yang bekerjasama dengan Solo Technopark.

Saat ini, mobil listrik Aglis sudah dijual kepada masyarakat umum. Kira-kira berapa ya harga mobil listrik khas wong Solo ini? Berikut informasi yang kami dapatkan terkait rincian harga mobil listrik Aglis ketika berhasil terjun ke pasar otomotif.

Kisaran Harga Mobil Listrik Aglis Kendaraan Listrik Asal Indonesia

Mobil listrik Aglis yang sempat terlihat melintas di jalanan Kota Solo ternyata sudah dijual kepada masyarakat umum. Menurut suatu sumber, harga mobil listrik Aglis mulai dari 45 juta rupiah.

Harga yang cukup bersahabat bukan? Dengan harga yang terjangkau, Aglis akan menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin beralih menggunakan moda transportasi ramah lingkungan.

Fakta Unik Mobil Listrik Aglis

Sebagai bukti kesiapan Indonesia memasuki era mobil listrik adalah berhasilnya industri lokal mengembangkan mobil listrik sendiri. Contohnya adalah Esemka dan mobil listrik Aglis.

Meskipun produksi dalam negeri, kemampuan Aglis tidak bisa kita pandang sebelah mata. Berikut adalah fakta menarik yang berhasil techsbright.com rangkum seputar mobil listrik Aglis.

1.   Produksi Dalam Negeri

Aglis adalah kendaraan listrik hasil produksi dalam negeri. Tepatnya atas kerjasama antara PT Prosan Alam Hijau dan Solo Technopark. Kendaraan ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan bajaj.

Bentuknya mungil dengan dua buah pintu di sebelah kiri dan kanan. Meskipun bentuknya mungil, Anda tak bisa meremehkan kekuatan kendaraan listrik yang satu ini. Ketika dikendarai Aglis tidak bergoyang sekalipun membelah jalanan dari paving blok.

Ketika mesin menyala, speedometer digital ikut menyala dan menampilkan sejumlah informasi penting. Seperti kecepatan, kapasitas baterai, tuas gas dan informasi lainnya. Selain speedometer digital, terdapat pula tombol pada bagian kiri yang befungsi untuk mengatur gigi.

Pada saat tombol ini ditekan, kendaraan nyaris tidak mengeluarkan suara karena memang sangat tenang. Ketika tuas gas diputar, barulah desingan akibat dinamo bisa terdengar oleh telinga.

2.   Aglis Adalah Motor Mirip Mobil

Fakta unik mobil listrik Aglis lainnya adalah wujudnya yang seperti motor, namun fiturnya adalah mobil. Makanya tepat sekali kalau kita menyebutnya motor tapi mobil. Mengapa dikatakan mobil? Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan ini.

Pertama, fiturnya lengkap seperti mobil. Ada dua buah pintu di bagian kiri dan kanan mobil. Penumpang bisa masuk melalui pintu tersebut. Selain dua buah pintu, kendaraan ini juga memiliki power window seperti mobil.

Alasan kedua, Aglis memiliki atap semacam sunroof yang bisa dibuka ataupun ditutup. Mirip mobil sungguhan bukan? Sunroof ini adalah siasat dari Aglis supaya penumpang tidak merasakan gerah selama berkendara. Karena memang kendaraan ini tidak memiliki sistem penyejuk, hanya sebatas blower dan kipas saja.

Alasan ketiga adalah perangkat audio. Aglis memiliki perangkat audio yang bisa memanjakan telinga selama berkendara. Anda bisa memainkan cakram digital ataupun flashdisk dengan perangkat audio ini.

Selayaknya mobil, Aglis pun mampu berjalan mundur. Ada sebuah monitor yang terhubung dengan kamera mundur, sehingga pengemudi tidak perlu melihat spion lagi. Sudah benar-benar mirip seperti mobil sungguhan kan?

Itulah beberapa alasan mengapa kendaraan yang bentuknya mirip bajaj ini dikatakan sebagai mobil. Karena memang fiturnya lengkap sebagaimana mobil listrik produksi luar negeri.

3.    Harga Jual Terjangkau

Fakta mobil listrik Aglis berikutnya adalah harganya yang terjangkau. Harga mobil listrik Aglis mulai dari 45 juta sampai dengan 100 juta. Dengan harga tersebut, mobil ini mampu bersaing dengan merek luar negeri. Bahkan kabarnya, mobil listrik Aglis akan menjadi pengganti kendaraan golf di masa depan.

4.   Bukti Indonesia Siap Memasuki Era Mobil Listrik

Kemunculan mobil listrik Aglis adalah bukti bahwa Indonesia benar-benar siap memasuki era mobil listrik. Saat ini, komponen Aglis memang masih mengandalkan ekspor dari China. Produsen lokal masih berusaha untuk melakukan perakitan dan pengembangan yang sesuai kebutuhan.

Kendati demikian, tentunya produksi Aglis tidak bergantung kepada China selamanya. Tetap saja ini menjadi bukti kemajuan industri mobil listrik tanah air. Mobil listrik Aglis memiliki masa depan yang cerah.

Secara perlahan masyarakat akan mulai memikirkan kendaraan ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil. Aglis adalah jawaban untuk hal tersebut.

5.   Punya Kekuatan Melaju yang Mumpuni

Meskipun bentuknya mungil, kemampuan mobil listrik satu ini patut mendapat acuan jempol. Aglis mampu membelah jalanan dengan kecepatan maksimal 35 km/jam. Jika terbiasa dengan mobil konvensional, tentunya ini bukan rekor baru, Aglis tergolong kendaraan yang tidak mampu melaju kencang.

Meski demikian, kendaraan ini telah menyiapkan keunggulan lain, yakni teknologi yang ramah lingkungan. Baterai pada Aglis umumnya berkapasitas 45 Ampere dengan tegangan 60 Volt.

Menurut keterangan dari juru bicara PT Prosa Alam Hijau, Aglis mampu melaju 60-80 km apabila baterainya terisi penuh. Pengisian baterai hingga penuh memakan waktu sekitar 8 jam.

6.  Menawarkan Kenyamanan Seperti Mengendarai Mobil

Bukan cuma fiturnya yang membuat kendaraan ini mirip seperti mobil. Tetapi pengalaman ketika mengendarainya pun perlu kita berikan apresiasi. Mengendarai Aglis membuat Anda terhindar dari hujan maupun panas.

Hal ini tentu jauh lebih baik daripada mengendarai sepeda motor, kan? Harga mobil Aglis relatif terjangkau, ramah lingkungan, kaya fitur yang menyerupai mobil, punya kemampuan melaju hingga 35 km/jam, cocok sekali dengan kebutuhan masyarakat perkotaan bukan?

Karena menawarkan kenyamanan yang menyerupai mobil, kendaraan listrik yang satu ini akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin membeli mobil namun belum kesampaian.

Itulah 6 fakta unik mobil listrik Aglis yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Melihat fakta-fakta tadi, tidakkah Anda tertarik untuk memboyong kendaraan satu ini ke halaman rumah masing-masing?

Harga mobil listrik Aglis mulai dari 45 juta saja, terjangkau bukan? Ini adalah waktunya kita mulai beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Terlebih dalam situasi seperti sekarang, perekonomian sedang awut-awutan, belum lagi harga jual BBM yang melonjak. Dengan mobil listrik kita turut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment