penemu mobil listrik

Penemu Mobil Listrik: Sejarah dan Perkembangannya

Mochamad Ikhwana

Penemu mobil listrik melibatkan banyak pihak dalam perkembangannya sehingga agak sulit dalam mengungkap sebenarnya pihak manakah yang menjadi pelopor dari mobil listrik ini.

Kita tidak bisa hanya melihat kemajuan hal ini melalui peran dari satu orang saja atau pun dari satu negara saja. Hadirnya mobil listrik ini merupakan serangkaian dari terobosan. Mulai dari terobosan baterai hongga berkembang terhubung oleh motor listrik.

Kehadiran mobil listrik ialah penemuan yang revolusioner bagi kita semua. Apalagi dengan klaimnya sebagai mobil ramah lingkungan. Ada beberapa nama penting yang berada di balik sejarah mobil listrik, yakni Alessandro Volta, Michael Faraday sampai dengan Robert Anderson yang dianggap sebagai penemu mobil listrik.

Dalam waktu beberapa tahun belakang ini, banyak negara maju maupun berkembang termasuk Indonesia yang sedang gencar melakukan percepatan untuk merealisasikan penggunaan mobil listrik. Mobil listrik ini adalah mobil yang berbasis baterai serta low karbon.

Percepatan peralihan ke mobil listrik ini juga terkait dengan usaha kita mengurangi polusi. Penggunaan mobil listrik yang ramah lingkungan dan lebih praktis serta juga jauh lebih hemat jika kita bandingkan dengan mobil konvensional.

Selain itu, mobil listrik juga hadir membawa sebuah harapan baru bagi kita dalam hal pencegahan pemanasan global yang mulai mengkhawatirkan.

Meskipun berita kemunculan mobil listrik ini baru hype dalam beberapa tahun belakangan, jika melihat kembali sejarah mobil listrik sudah ada mulai abad ke 18. Untuk mengetahui sejarah singkat mengenai mobil listrik, Anda bisa menyimak artikel techsbright.coma ini lebih lanjut.

Awal Mula Penemu Mobil Listrik

Meskipun mobil modern yang pertama ada pada tahun 1885 yang dibuat oleh Karl Benz, namun sejarah mobil listrik ada sejak awal abad ke 18. Pada saat itu telah banyak ilmuwan maupun innovator yang berasal dari beberapa Negara seperti Hungaria, Belanda hingga Amerika Serikat yang mulai melakukan penelitian.

Mereka mulai berfokus menggarap konsep kendaraan dengan tenaga baterai dan juga mulai menciptakan sejumlah mobil listrik berskala kecil.

1.    Penemu Mobil Listrik Robert Anderson

Seorang pria Inggris di tahun 1832 mulai mengembangkan sebuah mobil roda tiga, ia bernama Rober Anderson.

Mobil yang ia kembangkan menggunakan penggerak yang berasal dari baterai listrik. Temuan ini dianggap sebagai mobil listrik yang pertama di dunia. Sehingga banyak yang menobatkan Anderson sebagai penemu mobil listrik di dunia.

Kemudian keberadaan mobil listrik ini terus mengalami perkembangan yang bagus. Hingga pada akhir abad ke 18 muncul mobil listrik buatan William Morrison.

Ia adalah seorang yang terkenal sebagai ahli di bidang kimia. William Morrison sukses memulai debut di tahun 1890 dengan kendaraan listrik buatannya yang mampu melaju hingga kecepatan 22 km/jam dan memuat penumpang hingga 6 orang.

Hingga mulai muncul beberapa model kendaraan listrik di New York City beberapa tahun berikutnya. Bahkan pada saat itu jumlah mobil listrik yang muncul hingga mencapai 60 buah taksi bertenaga listrik.

Meski demikian, penggunaan kuda masih umum dan menjadi transportasi utama di abad 19an. Kemudian seiring berkembangnya perekonomian Amerika, peralihan transportasi mulai banyak yang menggunakan motor maupun mobil temuan Henry Ford.

Kendaraan baru temuan Henry Ford ini menggunakan bahan bakar berupa tenaga uap dan juga bensin bahkan listrik pula untuk menjalankannya.

2.    Penemu Mobil Listrik Generasi Porsche P1

Penemu mobil listrik Porsche P1 bernama Ferdinand Porsche di tahun 1898. Pada waktu bersamaan ia juga menciptakan kendaraan mobil hybrid yang pertama di dunia yang dapat melaju menggunakan bahan bakar listrik maupun bensin.

Eksistensi mobil listrik terus mengalami peningkatan yang baik. Hingga pada tahun 1973 sebuah produsen mobil, General Motors tertarik membuah prototype mobil listrik dan terus mengembangkannya.

Kemudian hasilnya di tahun 1988 General Motors berhasil membuat mobil listrik EV1 dan mulai memproduksinya di tahun 1996 sampai 1999.

Dalam kurun waktu yang bersamaan juga ada produsen mobil lainnya yang turun meramaikan industri mobil listrik ini, seperti Toyota.

Mobil Listrik di Era yang Baru oleh Elon Musk

Perkembangan mobil listrik mengalami era baru setelah pada tahun 2003. Di tahun itu General Motors mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memproduksi mobil listriknya yaitu EV1.

Selang beberapa tahun kemudian muncullah Elon Musk dengan perusahaan Tesla Motor yang memperkenalkan mobil listriknya bernama Tesla Roadster di pameran International Auto Show dengan harga mulai dari 98.950 dollar.

Sejak saat itu secara tidak langsung Tesla Motor berperan penting membangkitkan industri mobil listrik yang sempat redup. Mulai banyak negara-negara yang mendukung dengan menggunakan mobil listrik, seperti Israel salah satunya.

Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia

Setelah menyimak dengan saksama mengenai penemu mobil listrik dan juga sejarah panjang perkembangan mobil listrik, lalu pertanyaan yang muncul ialah bagaimana dengan sejarah mobil listrik di Indonesia?

Di tengah naiknya minat terhadap penggunaan mobil listrik di berbagai Negara, Indonesia juga mulai berminat untuk mengembangkan mobil listrik dalam negeri.

Perkembangan mobil listrik di Indonesia pertama kali dimulai pada tahun 2012. Pada saat itu Indonesia masih di bawah pimpinan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Pengadaan mobil listrik pada saat itu terprakarsai oleh Menteri BUMN yang saat itu menjabat yaitu Dahlan Iskan. Beliau yang berinisiatif untuk melakukan pengembangan mobil bertenaga listrik.

Pak Dahlan Iskan tidak melakukannya sendirian, beliau kemudian meminta kepada seorang anak muda bernama Ricky Elson untuk mengembangkan mobil listrik. Ricky Elson ini ialah seorang anak muda yang memiliki keahlian dalam bidang motor listrik. Oleh karena itu Sang Menteri mentugaskannya proyek ini.

Usaha Ricky Elson dalam mengembangkan mobil listrik buatan Indonesia oleh anak negeri berhasil membuahkan unit mobil listrik bernama Selo. Hasil ini juga dianggap sebagai mobil listrik pertama di Indonesia buatan sendiri.

Selain itu mobil listrik Selo ini juga tampil di pamerkan pada saat KTT APEC yang terselenggara di Bali tepatnya tahun 2013.

Melanjutkan proyek mobil listrik ini, Ricky Elson selanjutnya berhasil membuat mobil listrik bernama Tucuxi sebagai lanjutan dari Selo. Dengan kerja kerasnya dalam mengembangkan mobil listrik dalam negeri, Ricky Elson kita anggap sebagai Pelopor Mobil Listrik Nasional. Karena berhasil menjadi penemu mobil listrik buatan nasional.

Meskipun produk mobil listrik ini pada akhirnya tidak untuk kita produksi secara komersial karena membutuhkan banyak pengembangan lagi. Kini alat peraga mobil listrik tersebut yaitu mobil listrik EVINA ada di Museum Listrik dan Energi Baru sebagai hibah dari PT. PLN (Persero)

Semoga kedepannya Indonesia mampu menghasilkan produk mobil listrik sendiri dan menjadi penemu mobil listrik masa depan yang lebih modern lagi dan ramah lingkungan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment