harga dinamo penggerak mobil listrik

Berapa Harga Dinamo Penggerak Mobil Listrik?

Mochamad Ikhwana

Tahukah Anda, berapa harga dinamo penggerak mobil listrik yang ada di pasaran? Benarkah komponen ini menjadi aset termahal dari sebuah mobil listrik? Kira-kira kenapa ya?

Seperti yang kita tahu, mobil listrik adalah kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil. Sebagai gantinya, kendaraan ini menggunakan baterai yang dapat diisi ulang meggunakan daya listrik.

Lantas, apa kaitan antara baterai dengan dinamo penggerak pada mobil listrik? Tentu saja dinamo punya peran krusial. Dinamo motor adalah alat penggerak yang bertugas merubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menjumpai dinamo penggerak. Contoh sederhananya pada peralatan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, kipas angin dan lain sebagainya.

Dinamo penggerak hampir digunakan dalam setiap peralatan yang membutuhkan energi mekanik sebagai sumber daya utamnya. Industri-industri besar sudah sejak lama memanfaatkan alat ini guna mempermudah pekerjaan, contohnya mengangkat beban yang berat.

Pada dasarnya, dinamo penggerak bekerja dengan prinsip mengandalkan gaya dari arus listrik dalam medan magnet.

Dalam dinamo terdapat motor yang memiliki dua sisi loop pada sudut kanan medan magnet yang menghasilkan gaya pada arah berlawanan. Kedua pasangan gaya ini menghasilkan tenaga putar atau torsi untuk menggerakkan kumparan.

Dengan ini dapat kita ketahui bagaimana dinamo penggerak berperan penting pada mobil listrik sebagai alat merubah energi listrik menjadi energi mekanik. Harga dinamo penggerak mobil listrik yang beredar di pasaran beragam dan relatif mahal.

Ini pula yang jadi penyebab mengapa sejauh ini mobil listrik di Indonesia dijual dengan harga melambung. Supaya lebih jelas, berikut Berita Teknologi Techsbright bagikan informasi yang memuat alasan mengapa harga jual dinamo mobil listrik mahal di Indonesia.

Harga Dinamo Penggerak Mobil Listrik di Indonesia Masih Mahal? Ternyata Ini Alasannya!

Ada sejumlah alasan mengapa harga dinamo penggerak mobil listrik di Indonesia masih sangat mahal. Berikut beberapa diantaranya.

1.               Harga Tergantung Baterai

Menurut keterangan dari Kementerian Perindustrian alasan utama mengapa harga jual mobil listrik di Indonesia melambung tinggi adalah baterainya. Berdasarkan penjelasan dari Bloomberg New Energy Finance atau NEF, 50% dari harga mobil listrik untuk katoda.

Katoda terdiri dari lithium, kobalt, nikel dan mangan. Masing-masingnya menentukan kapasitas dan daya yang dapat tersimpan pada sebuah baterai mobil listrik. Kemudian terdapat komponen lain bernama anoda yang menyumbang hingga 12%.

Selain kanoda dan anoda, ada yang namanya separator yakni komponen pemisah keduanya yang menyumbang harga sekitar 7%. Secara keseluruhan, harga baterai mobil listrikadalah USD 209 per kWH, atau sekitar 281,7 juta dalam rupiah. Mahal sekali bukan?

2.               Mengandalkan Impor

Kendala lain yang terjadi di Indonesia yang kemudian menjadikan harga dinamo penggerak mobil listrik mahal adalah ketidakmampuan memproduksinya mandiri. Dengan kata lain masih mengandalkan impor dari negara luar seperti China.

Kira-kira, itulah dua alasan utama mengapa harga mobil listrik sangat mahal untuk saat ini. Komponen penyusunnya memiliki teknologi tinggi yang rata-rata belum mampu di produksi oleh produsen tanah air.

Mengenal Komponen Penyusun Mobil Listrik

Guna menambah wawasan terkait mobil listrik, berikut turut kami sajikan informasi komponen apa saja yang ada pada mobil listrik.

1.               Baterai Traksi

Ini adalah komponen utama dalam mobil listrik. Baterai traksi memiliki fungsi menyimpan dan mengalirkan arus DC menuju inverter. Arus inilah yang nantinya menggerakkan motor traksi.

Baterai traksi ini terbuat dari struktur yang kokoh sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, desainnya dibuat supaya mampu diisi ulang berkali-kali. Jenis baterai traksi yang paling sering digunakan adalah lithium-ion.

2.               Inverter

Selain baterai traksi, komponen mobil listrik berikutnya adalah iverter. Inverter bertugas mengubah aliran DC menjadi AC. Ketika controller mengirim sinyal kepada baterai, baterai akan mengirimkan arus DC menuju inverter.

Selanjutnya, inverter bekerja dengan merubah arus tersebut menjadi AC untuk menggerakan motor. Ketika terjadi pengereman, inverter bekerja kembali dengan merubah arus AC menjadi DC. Tujuannya supaya baterai dapat mengisi daya.

3.               Motor Traksi

Komponen selanjutnya adalah motor traksi atau dinamo penggerak yang sudah kita bahas sebelumnya. Dinamo ini berfungsi menggerakkan transmisi dan roda pada mobil listrik. Dapat kita simpulkan bahwa motor traksi atau dinamo adalah komponen paling penting dalam kendaraan ini.

Mengingat bagaimana pentingnya komponen ini, jangan heran apabila harga dinamo penggerak mobil listrik sangat mahal, apalagi mengandalkan impor luar negeri.

4.               Controller

Controller adalah komponen dari mobil listrik yang fungsinya mengatur daya listrik supaya dapat tersalurkan kepada inverter. Ia bekerja sebagai pengirim sinyal. Sinyal tersebut bersumber dari pedal yang diinjak oleh pengemudi.

5.               Auxiliary Battery

Guna menunjang kemampuan, ternyata mobil listrik tak cuma menggunakan satu buah baterai, lho! Ada media penyimpanan daya lainnya yang bernama auxiliary battery. Fungsi utamanya adalah menyediakan daya untuk menyalakan aksesoris pada mobil, seperti SC, wiper, lampu dan sebagainya.

Selain menyalakan aksesoris, auxiliary juga bekerja sebagai baterai cadangan apabila terjadi masalah tidak terduga pada baterai utama.

6.               Charger

Komponen yang satu ini tentu terdengar familiar bagi kita. Charger adalah alat untuk mengisi ulang daya baterai mobil listrik. Sifatnya adalah pendukung. Kenapa? Karena beberapa tipe mobil listrik dapat melakukan pengisian daya tanpa charger, contohnya All New Nissan Kicks e-Power.

Charger bekerja dengan mengalirkan arus listrik AC dari sumber utama PLN. Kemudian merubah arus tersebut menjadi DC dan menyimpannya pada baterai traksi. Charger pada mobil listrik terbagi jadi dua macam.

Pertama on-board charger, terpasang dalam interior, dan off-board charger yang terpasang pada eksterior mobil.

7.               Sistem Termal

Komponen lain yang ada pada mobil listrik adalah sistem termal. Bekerja untuk menjaga supaya komponen lain tetap dingin ketika suhu mobil berubah jadi panas akibat berkendara. Jadi, tak perlu risau ketika berkendara dengan waktu lama menggunakan mobil listrik, ya.

8.               DC Converter

Terakhir ada yang namanya DC converter. Fungsinya adalah mengubah arus DC bertegangan tinggi menjadi arus bertegangan rendah. Apa tujuannya?

Supaya arus listrik tersebut dapat dimanfaatkan komponen lain yang butuh arus tegangan rendah. DC converter juga berfungsi sebagai alat untuk melakukan pengisian daya pada baterai.

Kira-kira, itulah beberapa komponen utama yang menyusun sebuah mobil listrik. Dengan komponen utamanya adalah baterai dan dinamo penggerak. Melihat komponen-komponen tadi, tak heran jika harga jual mobil listrik sangat mahal.

Terlebih belum mampunya produsen lokal memenuhi kebutuhan komponen tersebut sehingga mengandalkan impor dari luar negeri. Kedepannya, semoga industri mobil listrik tanah air dapat mengejar ketertinggalan.

Indonesia memiliki sumber daya nikel terbesar di dunia, ini adalah potensi yang besar bagi kemajuan industri ini di masa depan. Demikianlah rincian informasi yang dapat kami bagikan.

Semoga dengan ini terjawab sudah pertanyaan Anda, mengapa harga mobil listrik saat ini lebih mahal daripada mobil konvensional. Tak lain tak bukan, karena harga komponen khususnya harga dinamo penggerak mobil listrik yang sangat mahal.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment