spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV

Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Air EV

Mochamad Ikhwana

Pada hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Wuling meluncurkan mobil listrik terbarunya. Meskipun menarik perhatian karena harga yang paling terjangkau, spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV penuh dengan fitur kelas premium.

Berita Teknologi Techsbright sudah memastikan bahwa Wuling Air EV dibuat menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). Artinya, kendaraan ini memiliki gabungan elemen yang membuatnya menjadi kendaraan modern.

Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Air EV, Mobil Mini dengan Fitur Premium

Wuling Air EV dirancang untuk memenuhi kebutuhan keluarga modern yang tinggal di area padat. Karena itu, mobil ini hanya berkapasitas 4 orang. Dimensinya pun mungil, yakni panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dengan tinggi 1.631 mm. Wheelbase-nya 2.010 mm.

Eksterior

Bagian eksterior mobil ini menonjolkan konsep “futuristic tech” yang membuatnya terlihat sebagai mobil dari masa depan. Konsep tersebut paling terlihat dengan adanya Extended Horizon LED Daytime Running Light (DRL) pada bagian depan.

Aksen garis yang melintang dari spion kanan hingga kiri mempertegas kesan futuristiknya. Garis yang sama juga juga terlihat di bagian belakang. Jangan lupakan pula Illuminous Wuling logo di bagian depan yang bisa menyala saat mobil dalam keadaan aktif.

Pilihan warna yang tersedia untuk mobil ini juga sangat modern. Anda dapat memilih antara pristine white, avocado green, lemon yellow, peach pink, dan galaxy blue. Pilihan warna yang sangat cocok dengan tren terkini.

Interior

Tak kalah dengan bagian eksterior, spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV di bagian interior pun penuh dengan suasana modern. Di depan pengemudi ada cluster full color berukuran 7 inci TFT.

Di sebelah kiri pengemudi terdapat knop untuk mengatur transmisi dengan bentuk bulat. Kemudian ada tuas rem tangan elektrik dan pengaturan buka-tutup jendela mobil. Semua dengan warna metalik yang terkesan modern.

Saat berkendara, Anda juga dapat menikmati hiburan dengan fitur yang tersedia seperti AM/FM radio, USB port, dan koneksi Bluetooth. Anda dapat menggunakan semua fitur tersebut dengan mudah.

Mesin dan Daya

Spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV didukung dengan daya yang bersumber dari baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 17,3 kWh. Motor listriknya memiliki daya maksimal 30 kW. Pada kondisi baterai penuh, kendaraan dapat menempuh jarak sejauh 200 km.

Kendaraan ini memiliki konsep Easy Home Charging. Anda dapat mengisi daya dengan mudah di rumah. Pengisian baterai hingga penuh memerlukan waktu 8,5 – 11 jam dengan daya 2,0 kW atau 4 jam dengan daya 6,6 kW.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat berkendara dengan kecepatan mencapai 100 kpj. Kecepatan yang cukup untuk berkendara di jalanan perkotaan yang padat.

Keselamatan

Mengenai fitur keselamatan, spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV ini memiliki High-Strength Steel Body Structure yang dipastikan kuat untuk menjaga keamanan penumpang di dalam.

Untuk menahan benturan, tersedia 2 airbag di bagian depan. Selain itu, ada rem dengan Auto-lock Braking System dan Brakeforce Distribution (ABS dan EBD). Kedua fitur ini sangat berguna saat pengendara terpaksa harus mengerem dengan mendadak dalam jarak dekat.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Dengan fitur ini, Anda bisa selalu mengetahui kondisi tekanan ban dengan mudah. Keamanan Anda juga semakin terjamin dengan fitur Auto Door Lock Upon Impact.

Karena tak ada suara mesin yang terdengar, mobil ini juga memiliki sound module. Fungsinya adalah membuat suara mesin buatan agar pengguna jalan lain menyadari saat kendaraan ini melintas sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur IoV dan WIND

Wuling juga melengkapi mobil ini dengan fitur Internet of Vehicle (IoV). Anda dapat menghubungkan mobil dengan smartphone, kemudian menikmati beberapa fungsi sekaligus.

Setelah mobil terhubung dengan smartphone, Anda dapat menggunakan fitur Vehicle Location & Geo-Fencing Alarm. Anda juga dapat mengunci pintu dan jendela dari HP. Sisa daya baterai dan jarak tempuh yang tersisa juga terlihat.

Kecanggihan spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV juga semakin lengkap dengan Wuling Indonesian Command (WIND). Pengemudi dapat menggunakan suara untuk mengaktifkan fitur-fitur yang tersedia menggunakan bahasa Indonesia.

Pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, musik, radio, melakukan panggilan telepon, hingga menjalankan aplikasi Wuling Link dan TPMS bisa aktif dengan suara. Begitu juga dengan meminta informasi waktu dan tanggal.

Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Air EV Versi Long Range

Mobil ini memiliki dua variasi, yakni tipe standar dan tipe long range. Spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV versi long range memiliki beberapa perbedaan dari tipe lain. Bagian eksterior, interior, hingga performanya berbeda.

Dari tampilan luar, variasi long range tampak berbeda dengan adanya aksen biru yang melintang dari spion kanan ke kiri. Semua lampu depan dan belakang pun semua menggunakan LED, berbeda dengan tipe standard yang masih menggunakan bohlam.

Bagian interior variasi long range juga tampak berbeda dengan jok berbalut kulit sintetis berwarna carbon black. Meter cluster-nya pun lebih besar, yakni berukuran 10,25 inci. Informasi yang tersedia pun dapat terlihat dengan lebih jelas.

Baterai Wuling Air EV tipe Long Range memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 26,7 kWh. Daya jelajahnya pun menjadi lebih jauh, yakni mencapai 300 km dalam kondisi baterai penuh.

Tambahan fitur lain untuk varian ini adalah adanya sistem keyless entry. Anda dapat masuk ke dalam mobil tanpa menggunakan kunci, melainkan remote.  Fitur ini juga memiliki fungsi untuk menyalakan mobil dengan mudah.

Ada pula fitur Electronic Stability Control (ESC), Electric Parking Brake, Hill Hold Control (HHC), dan Auto Vehicle Hold. Semua fitur tersebut berguna untuk semakin menjamin keamanan pengendara.

Pada fitur IoV-nya juga terdapat fitur tambahan. Ada pengaturan AC jarak jauh dan Remote Car Search, Online Navigation, Music, and Messaging.

Harga Wuling Air EV

Semua spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV tersebut dapat Anda dapatkan dengan harga Rp 238 juta. Versi Long Range-nya seharga Rp 295 juta. Harga tersebut belum termasuk charging pile. Produsen menjualnya secara terpisah dengan harga Rp 16 juta.

Dengan semua spesifikasi tersebut, mobil Wuling Air EV ini memiliki beberapa kelebihan. Dimensinya yang kecil membuat radius putarannya sangat kecil, yakni sekitar 4,3 meter. Putar balik di jalanan sempit pun tak menjadi masalah.

Selain itu, panjang kap mesin yang pendek dan ukuran dasbor yang rendah membuat penglihatan pengemudi semakin luas. Anda dapat melihat segala sudut dengan lebih leluasa.

Hanya saja, Anda harus berhati-hati saat berputar dengan tajam. Dimensi tinggi mobil yang lebih besar daripada lebarnya membuat risiko limbung lebih besar. Sesuai penggunaannya yang lebih cocok di dalam perkotaan, maka manuver seperti ini tidak banyak diperlukan.

Dengan harga yang paling murah dari mobil listrik lain, Anda sudah dapat menikmati segala spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV yang penuh dengan fitur canggih. Bagaimana, tertarik mencoba?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment