kelebihan mobil listrik

9 Kelebihan Mobil Listrik daripada Mobil Konvensional

Mochamad Ikhwana

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat yang sangat nyaman dan sedang populer dengan kehadiran mobil listrik. Pasalnya, banyak kelebihan mobil listrik yang dapat memberi rasa nyaman hingga keuntungan bagi pemiliknya.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kehadiran mobil listrik yang sedang menjadi perbincangan hangat. Bahkan mobil ini tengah menjadi incaran seluruh kalangan masyarakat, tentu hal tersebut akan membuat Anda penasaran dengan kelebihannya.

9 Kelebihan Mobil Listrik yang Wajib Diketahui

Melihat banyaknya peminat terhadap mobil listrik tentu membuat Anda penasaran dan tertarik dengan mobil tersebut. Pasalnya, mobil listrik yang banyak orang-orang perbincangkan juga sudah hadir di tanah air dan beberapa kalangan sudah memilikinya.

Akan tetapi, ada baiknya untuk mengetahui berbagai aspek penting terkait mobil listrik yang menjadi incaran saat ini. Seperti keunggulan mobil listrik tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan.

1.      Hemat

Bukan rahasia umum kalau alat transportasi darat seperti mobil tergolong memiliki harga pasaran yang mahal. Dengan begitu, tidak semua orang bisa memiliki dan menjadikan motor sebagai alternatif alat transportasi yang lebih mudah.

Namun, salah satu kelebihan mobil listrik ini adalah lebih hemat untuk penggunaan jangka panjang. Meskipun tergolong harga mobil listrik mahal, tetapi Anda bisa memikirkan aspek lain yang justru bisa menguntungkan.

Pasalnya, mobil listrik tidak menggunakan bahan bakar bensin tetapi listrik sehingga Anda tidak perlu membeli bahan bakar bensin. Selain itu, perawatan mobil listrik juga lebih murah ketimbang mobil konvensional yang sudah beredar terlebih dahulu.

2.      Lebih Tenang

Mobil merupakan salah satu alat transportasi darat yang nyaman dan bisa menampung penumpang dalam jumlah banyak. Ada beragam jenis mobil dengan merek dan harga yang berbeda sehingga bisa menjangkau seluruh masyarakat.

Dan saat ini sufah ada mobil listrik yang siap menjadi transportasi masa depan yang canggih dan ramah lingkungan. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda temukan pada mobil listrik dan tidak terdapat pada mobil konvensional.

Kelebihan mobil listrik lainnya adalah tidak ada suara yang dihasilkan oleh mesin sehingga lebih tenang atau tidak berisik. Berbeda dengan jenis mobil konvensional yang biasanya tetap mengeluarkan suara meskipun lembut.

3.      Ramah Lingkungan

Mengapa mobil listrik banyak peminat? Tidak jarang pertanyaan tersebut kerap muncul di benak dan membuat penasaran. Pasalnya, sebagian besar masyarakat kalangan menengah ke atas sudah memiliki atau menggunakan mobil listrik ini.

Seperti para pejabat, artis, pengusaha, dan lainnya kerap terlihat menggunakan mobil listrik saat bepergian. Tidak heran jika peminat mobil listrik ini semakin banyak dan menyeluruh meskipun ketersediaan barangnya masih terbatas.

Pasalnya, mobil listrik terkenal ramah lingkungan sehingga aman untuk Anda kendarai setiap hari dan sangat nyaman. Mobil satu ini lebih sedikit menghasilkan CO2 dan CO karena tidak menggunakan bensin sebagai bahan bakar.

4.      Gesit

Tentu Anda harus menyurvei berbagai kekurangan dan kelebihan mobil listrik sebelum membelinya agar lebih efisien. Akan tetapi, Anda tidak bisa melihat salah satu saja tetapi mempertimbangkan antara keduanya sehingga lebih tepat.

Tentu ada alasan saat memilih kendaraan tertentu, salah satunya karena mobil konvensional memiliki kinerja yang lebih gesit. Meskipun terkenal gesit, namun kinerja mobil listrik tidak kalah gesit dari mobil konvensional.

Mobil listrik tidak menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki keterbatasan jarak hingga kecepatan. Tentu hal tersebut tidak mempengaruhi kegesitan pada mobil listrik yang mampu membuat Anda terkagum-kagum.

5.      Teruji Aman

Ada berbagai kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan mobil listrik sebagai alat transportasi yang praktis. Tidak hanya perihal ramah lingkungan ataupun hemat biaya pemeliharaan saja sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bahkan dalam fitur keselamatan, mobil listrik memiliki fitur keamanan yang sudah teruji secara detail seperti mobil konvensional. Memiliki fitur keselamatan yang sudah teruji aman menjadi salah satu kelebihan mobil listrik yang bisa Anda pertimbangkan.

Mobil listrik memiliki kantong udara yang langsung terbuka ketika terjadi kecelakaan, serta pemutusan listrik ke baterai secara otomatis. Tentu fitur tersebut dapat mencegah penumpang mobil mengalami luka atau cedera parah hingga berakibat fatal.

6.      Bebas Ganjil Genap

Di balik beberapa kekurangan yang terdapat pada mobil listrik tentu lebih banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh. Tidak hanya masalah keselamatan, namun banyak kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengendarai mobil listrik.

Anda tentu sudah paham tentang peraturan ganjil genap yang terkadang cukup menyusahkan masyarakat saat beraktivitas. Terutama bagi masyarakat DKI Jakarta, namun peraturan tersebut tidak berlaku bagi pengguna mobil listrik yang sedang populer.

Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan mobil listrik yang paling banyak orang sukai hingga berkeinginan untuk memilikinya. Dengan begitu, penggunaan mobil listrik tidak perlu membuat pusing lagi tentang peraturan ganjil genap.

7.      Memiliki Torsi Instan

Mobil listrik termasuk mobil jenis baru yang masih terbatas di tanah air sehingga menjadi barang rebutan berbagai kalangan masyarakat. Bahkan saat ini sudah banyak himbauan untuk menggunakan mobil listrik yang memiliki beragam kelebihan.

Meskipun tergolong baru, namun Anda tidak bisa meremehkan mobil jenis ini yang tidak kalah dengan mobil konvensional. Pasalnya, mobil listrik sebagai transportasi masa depan yang ramah lingkungan ini memiliki torsi instan sehingga lebih gesit.

Pada mobil pembakaran internal, torsi puncak akan tersedia pada putaran mesin tertentu sehingga membutuhkan sedikit waktu. Sedangkan pada mobil yang menggunakan listrik ini bisa langsung tersedia setelah menginjak pedal akselerator.

8.      Perawatan Minim

Kelebihan mobil listrik yang lain tentu bisa Anda lihat dari segi perawatan mobil yang lebih minim ketimbang mobil konvensional. Mungkin sekilas Anda berpikir bahwa memiliki mobil listrik bisa membuat pengeluaran lebih boros.

Pasalnya, harga mobil tersebut tergolong mahal dan masih jarang tersedia sehingga beberapa sparepart susah ditemukan. Akan tetapi, jika berpikir jangka panjang tentu mobil listrik bisa menghemat pengeluaran.

Perawatan untuk mobil listrik tergolong minim karena memiliki sedikit komponen bergerak dan tidak memerlukan pelumas mesin. Namun, komponen-komponen fast moving tetap membutuhkan perawatan hingga pergantian rutin.

9.      Pajak Murah

Yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli mobil biasanya terkait pajak tahunan yang tergolong mahal. Bahkan pajak mobil konvensional biasanya di atas 1 juta rupiah setiap tahunnya sehingga cukup menguras kantong.

Namun, mobil listrik memiliki tarif pajak yang lebih murah bahkan tidak mencapai 1 juta rupiah per tahun. Oleh karena itu, memiliki mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional dari berbagai segi.

Dengan mengetahui berbagai kelebihan mobil listrik tentu menambah rasa penasaran dan tidak sabar untuk memilikinya. Sekian uraian dari techsbright.com tentang keunggulan mobil listrik yang tidak banyak orang ketahui sehingga lebih nyaman dan paham saat memilikinya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment