cara mengendarai mobil listrik

Begini Cara Mengendarai Mobil Listrik dengan Benar, Jangan Sampai Salah Ya!

Mochamad Ikhwana

Saat ini, belum banyak yang tahu bagaimana cara mengendarai mobil listrik dengan benar. Sebaiknya, Anda segera belajar mengendarai kendaraan yang satu ini. Mengapa demikian?

Jika kita perhatikan, menemukan mobil listrik saat ini bukan perkara sulit. Apalagi di kawasan perkotaan pesat seperti Jakarta. Mobil listrik bisa kita temukan berlalu-lalang setiap harinya membelah jalanan kota.

Artinya, sudah banyak masyarakat Indonesia yang melek terhadap transportasi satu ini. Mobil listrik diyakini memiliki peluang besar dan mampu menggeser peran transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi.

Buktinya saja, jumlah pengguna mobil listrik terus bertambah. Dibarengi dengan pengembangan yang terus dilakukan. Teknologi pada mobil listrik terus saja mengalami penyempurnaan, untuk menyediakan transportasi yang dapat menjawab kebutuhan kita semua.

Bagi yang belum tahu, mobil listrik adalah inovasi yang menciptakan transportasi roda empat tanpa bahan bakar minyak bumi. Sebagai gantinya, kendaraan ini menggunakan baterai listrik isi ulang.

Sebagai alternatif pengganti kendaraan bahan bakar minyak bumi, mobil listrik menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya ramah lingkungan. Tanpa bahan bakar minyak bumi, tidak terjadi pembakaran yang menghasilkan emisi berbahaya bagi lingkungan.

Dengan alasan peduli akan lingkungan, sudah saatnya kita meninggalkan kendaraan bahan bakar minyak bumi dan beralih menggunakan mobil listrik.

Sebagai langkah awal, perlu adanya edukasi terkait cara mengendarai mobil listrik dengan benar. Berikut, Berita Teknologi Techsbright menyajikan secara khusus informasinya untuk Anda.

Ini Cara Mengendarai Mobil Listrik dengan Benar

Cara mengendarai mobil listrik perlu Anda ketahui dengan benar supaya tidak terjadi kesalahan fatal nantinya. Berikut adalah cara mengendarai mobil listrik yang dapat Anda pelajari.

1.               Nyalakan Mesin

Sama seperti kendaraan bermotor pada umumnya, langkah awal adalah menyalakan mesin. Apakah mesin mobil listrik dapat menyala seperti mesin pada mobil biasanya? Disini, ada sedikit perbedaan yang Anda temukan ketika menyalakan mesin.

Pada mobil listrik, mesin dapat menyala ketika Anda menekan tombol start-stop berbarengan dengan menginjak pedal rem. Dengan begini, mesin akan menyala ditandai dengan layar digital yang menyala. Jika layar sudah menyala, artinya Anda siap melaju.

2.               Geser Tuas Transmisi

Setelah mesin menyala ditandai dengan layar indikator yang sudah siap, selanjutnya Anda harus menggeser tuas transmisi terlebih dahulu. Geser tuas transmisi ke arah kanan, kemudian geser lagi ke arah bawah.

Pastikan ketika menggeser tuas kaki Anda menginjak pedal rem. Jika sudah benar, instrumen akan menunjukkan huruf D yang artinya posisi gigi.

3.               Switch Rem dan Mulai Berkendara

Sebelum melaju dengan mobil listrik, lepaskan rem tangan terlebih dahulu. Sembari melepaskan rem tangan, silahkan injak pedal rem supaya mobil tidak maju ataupun mundur. Dengan demikian, Anda sudah bisa berkendara dengan mobil listrik.

Kendalikan kemudi, pedal gas dan juga rem dengan baik supaya terhindar dari hal-hal buruk selama berkendara.

Itulah tadi rincian singkat bagaimana cara mengendarai mobil listrik dengan benar. Cara ini tentunya menjadi lebih mudah ketika Anda sudah memiliki mobil listrik sendiri yang terparkir di rumah.

Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Anda Temukan Pada Mobil Konvensional

Saat ini masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga memutuskan mengganti kendaraan mereka dengan mobil listrik.

Ternyata ada beberapa keunggulan mobil listrik yang membuatnya melekat di hati penggemar. Berikut beberapa kelebihan yang dapat Anda temukan pada mobil listrik.

1.               Lebih Hemat

Alasan pertama, mobil listrik lebih hemat daripada mobil bahan bakar minyak. Baterai mobil listrik memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Secara umum, kemampuannya menyimpan daya sebanding bahkan lebih hemat dari kendaraan bahan bakar minyak.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa, biaya kendaraan konvensional relatif sama bahkan dua kali lipat lebih mahal daripada mobil listrik dengan durasi waktu penggunaannya yang relatif sama.

2.               Ramah Lingkungan

Kelebihan mobil listrik berikutnya adalah ramah lingkungan. Penggunaan baterai tidak menyebabkan pembakaran pada mesin yang menghasilkan emisi berbahaya. Emisi inilah yang menjadi penyumbang pencemaran udara sejauh ini.

Selain dua hal tersebut, masih banyak sekali kelebihan yang ditawarkan mobil listrik. Dalam beberapa tahun ke depan, bukannya mustahil mobil ini menggantikan peran mobil konvensional.

Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda belajar bagaimana cara mengendarai mobil listrik yang benar. Keterampilan tersebut pasti Anda butuhkan nantinya.

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Mobil Listrik

Meskipun klaimnya ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi buruk, nyatanya membeli mobil listrik pun butuh pertimbangan matang. Berikut ini, beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil listrik.

1.               Jarak Tempuh Kendaraan

Pertama sekali, Anda harus memperhitungkan jarak tempuh. Seberapa jauh Anda akan berkendara dengan mobil nantinya? Jarak menjadi perhitungan paling krusial, mengingat mobil listrik bergerak dengan baterai bukan bahan bakar minyak.

Baterai perlu di isi ulang supaya dapat menggerakkan mesin, waktu pengisian ulangnya pun relatif lama, tidak seperti mengisi bahan bakar minyak. Selain waktu yang lama, stasiun pengisian ulang daya baterai pun tidak tersedia di setiap tempat.

Lain halnya dengan port pengisian bahan bakar minyak yang tersebar hampir di setiap sudut wilayah Indonesia. Artinya, mobil listrik belum mampu mengakomodasi kebutuhan transportasi jarak jauh.

Akan menyulitkan dalam pengisian daya baterai nantinya. Namun, permasalahan ini ternyata sudah ada solusinya, lho! Saat ini telah hadir mobil listrik hybrid yang memiliki dua sumber energi, yakni bahan bakar minyak dan baterai listrik. Jadi kebutuhan transportasi jarak jauh dapat terpenuhi dengan mobil listrik jenis yang satu ini.

2.               Infrastruktur Daerah

Selain memperhitungkan jarak tempuh, Anda perlu melihat insfrastruktur daerah sebelum membeli mobil listrik. Infrastuktur yang dimaksud adalah ketersediaan port atau tempat untuk isi ulang baterai.

Kalau port tidak tersedia, bagaimana mungkin Anda bisa berkendara dengan mobil listrik. Tentunya merepotkan ketika harus mengisi ulang daya baterai. Persoalan pengisian daya bisa disiasati dengan memanfaatkan aliran listrik di rumah masing-masing.

Jika demikian, tentu saja mobil listrik tidak mampu menemani Anda berkendara dengan jarak tempuh yang jauh.

3.               Biaya

Aspek terakhir yang patut jadi pertimbangan ketika ingin membeli mobil listrik adalah biaya. Biaya dalam hal ini adalah biaya pengisian daya baterai, perawatan dan sejenisnya. Karena jumlahnya masih terbatas di Indonesia, tentu biaya ini lebih mahal daripada kendaraan bahan bakar minyak pada umumnya.

Itulah tadi hal yang patut jadi pertimbangan sebelum membeli mobil listrik. Jika kondisi memang tidak mendukung, lebih baik Anda menunda pembelian mobil listrik untuk sementara.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait mobil listrik. Mulai dari cara mengendarai mobil listrik, kelebihan yang membuatnya melekat di hati penggemar, juga hal apa saja yang patut Anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment