Arti Keynote Speaker dan Cara Melakukannya

Belakangan banyak orang yang menanyakan arti keynote speaker. Tidak bisa dipungkiri, setiap industri memiliki terminologi tersendiri yang seringkali tidak dipahami, salah satu contohnya adalah keynote speaker.

Rata-rata orang masih menganggap kata ini aneh dan belum paham lebih dalam mengenai pengertian keynote speaker. Faktanya, mungkin banyak orang yang masih belum mengetahui apa itu keynote speaker.

Kenyataannya, mereka dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk memeriahkan, memicu, dan bahkan memberdayakan audiens, yang dapat membuat kesuksesan suatu acara. Namun apa yang sebenarnya dilakukan oleh keynote speaker?

arti keynote speaker
arti keynote speaker

Mengenal Lebih Lanjut Arti Keynote Speaker

Perlu diketahui bahwa arti dari keynote speaker juga dapat dianggap sebagai pembicara utama. Dalam dunia musik, not yang membentuk “kunci” di mana sebuah lagu dibawakan disebut sebagai “keynote”.

Itu artinya, sangat penting untuk menggunakan keynote dengan benar karena mengatur nada untuk sisa presentasi. Mirip dengan itu, arti keynote speaker bisa menentukan suasana acara.

Pembicara utama menetapkan tema menyeluruh, isyarat kunci, dan pesan utama yang akan memandu semua hal lain dalam acara tersebut. Oleh karena itu, keynote speaker harus dijadwalkan pada awal acara.

Maka dari itu, keynote speaker adalah pembicara yang menetapkan tema utama dalam konferensi. Sebagai pakai dibidangnya, pembicara utama dapat berbicara secara luas mengenai subjek atau industri tertentu.

Cara Menjadi Keynote Speaker yang Baik

Karena kamu sudah mengetahui arti keynote speaker, maka kami akan menguraikan cara menjadi pembicara utama yang baik. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Baca Juga :  Grab Bikin Peta Digital Sendiri Namanya Grab Maps, Pesaing Google Maps?

1. Nilai dari Entertainment

Cara menjadi keynote speaker yang pertama adalah humor dan pesannya tersampaikan dengan baik. Tidak terlalu grafis, tapi menarik untuk semua penonton.

Di sisi lain, kamu juga harus menghasilkan hiburan yang dapat membuat pemirsa penasaran, menyebabkan mereka meragukan pernyataanmu, dan mengajukan pertanyaan tambahan.

Jika audiens cukup berani untuk bertanya, itu menunjukkan bahwa pesanmu telah menyentuh hati mereka. Oleh karena itu, semoga berhasil dengan pekerjaanmu dan buatlah presentasi sekuat mungkin.

2. Membuat Pesan Call To Action yang Sederhana

Biasanya, sumber atau motivator menyampaikan pesan tertentu untuk memotivasi audiens. Tetapi jika arti keynote speaker yang menanganinya, mungkin akan berbeda.

Kamu harus mampu memberikan presentasi yang kuat dan menginstruksikan audiens tentang informasi apa yang akan digunakan. Jika audiens telah memahami pesan dan menanggapi ajakan untuk bertindak, ini adalah tanda bahwa pidato mu berhasil.

3. Kurangi Penggunaan Props

Mungkin beberapa dari kamu menikmati kumpulan besar pembicara, spreadsheet yang rumit, dan tumpukan data. Ini mungkin tidak selalu terjadi untuk audiens yang berbeda.

Hal ini disebabkan bahwa sebagian besar individu lebih suka memahami informasi yang kompleks ketika disajikan dengan jelas. Oleh karena itu, kurangi alat peraga dan tingkatkan kualitas kata-katamu jika ingin menjadi keynote speaker yang kompeten.

4. Memahami Tujuan Diadakan Konferensi atau Seminar

Arti keynote speaker adalah menjadi seseorang yang inspirasional, pragmatis, global, dan tersusun. Jangan menyimpang dari tema yang dipilih, jadi kamu harus benar-benar menguasai segalanya.

Dalam hal itu, kamu tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi pembicara utama karena posisimu tidak lagi “relevan dengan topik”. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi keynote speaker, segeralah merencanakannya.

Baca Juga :  VR Untuk Kesehatan, Pasien Membutuhkan Lebih Sedikit Anestesi

Pentingnya Memilih Keynote Speaker yang Tepat

Perencana acara sangat menyadari betapa sulitnya mempertahankan minat tamu selama durasi konferensi, terutama jika pertemuan berlangsung lama.

Jika acara tersebut akan menyertakan keynote speaker, ucapan mereka dapat membantu mengatur suasana hati, tempo, dan ekspektasi untuk sisa acara. Selain itu, ketenaran keynote speaker mungkin cukup untuk memikat orang banyak ke suatu acara.

Untuk bisa membujuk lebih banyak orang untuk menghadiri suatu acara, seorang keynote speaker ternama perlu memiliki basis penggemar yang cukup besar atau setidaknya banyak orang yang mengenalnya.

Intinya, arti keynote speaker untuk melibatkan audiens dapat menciptakan atau menghancurkan antusiasme mereka begitu mereka datang. Oleh karena itu, memilih keynote speaker yang tepat sangatlah penting.

Dibutuhkan keterampilan untuk memilih keynote speaker yang ideal untuk pembahasan tertentu. Setiap pembicara utama yang luar biasa memiliki irama dan gaya yang berbeda.

Saat mencari keynote speaker yang hebat untuk memberikan pidato utama di sebuah acara, carilah seseorang yang memiliki filosofi dan gaya pribadi yang sesuai dengan tujuan acara.

Pembicara utama yang baik juga harus memenuhi serangkaian persyaratan akademik tertentu. Demikian arti keynote speaker dan peran penting didalamnya. Jika kamu ingin menjadi pembicara utama yang baik, sebaiknya pelajari setiap langkahnya secara mendalam.

Leave a Comment