spesifikasi motor listrik Honda

7 Spesifikasi Motor Listrik Honda Terbaru 2022, Yuk Intip!

Mochamad Ikhwana

Motor listrik Honda merupakan alternatif menarik dengan tingginya bbm, sekaligus ramah lingkungan. Produsen otomotif raksasa asal Jepang ini kini telah memiliki beberapa model dengan spesifikasi motor listrik Honda berbeda satu dan lainnya.

Inovasi Honda di ranah motor listrik memang masih banyak yang beredar di pasaran di luar negeri, seperti Tiongkok dan Singapura. Sedangkan di Indonesia, ada beberapa model motor listrik seperti Honda U-GO dan U-Bee yang rilis belum lama ini.

Spesifikasi Motor Listrik Honda: 7 Model Terbaru 2022, Rilis / Unrilis, Pasaran Indonesia Dan Mancanegara

Penasaran dengan model motor listrik Honda yang techsbright.com rekomendasikan 2022 ini? Berikut adalah deretan produk lengkap dengan spesifikasi motor listrik Honda 2022, baik yang sudah rilis, ataupun masih tahap perencanaan:

1. Honda V-Go

Honda V-Go merupakan motor listrik bernuansa futuristik kental dengan baterai lithium kualitas tinggi, Tesla S, dan bisa pengguna lepas. Mesinnya handal, berdaya 2000 Watt, yang mampu melaju dengan kecepatan 25-55 km/jam.

V-Go mampu melakukan perjalanan berjarak 60 menit di medan biasa, semakin berat medan, semakin berkurang waktu operasional baterai. Apabila baterai Anda ganti dengan baterai li-ion, maka jarak tempuhnya bisa mencapai 90 menit pada medan biasa.

Skuter ini memiliki teknologi tahan air IPX5, sehingga dapat melewati air, dan memungkinkan menerobos banjir. V-Go juga membawa bekal bahan yang kuat, hingga unggul terhadap guncangan jalan off road, dan memiliki rem cakram depan dengan CBS.

Meski tampilannya minimalis, namun V-Go skuter pintar yang bisa pengguna hubungkan ke ponsel pintar pengguna. Tersedia banyak fitur seperti navigasi GPS, fitur anti-pencurian canggih, dan konfigurasi kunci pintar tanpa kunci fisik.

Dengan demikian pengguna dapat berbagi skuter jarak jauh dengan keluarga atau teman. Honda V-Go ini harga pasarannya ada di kisaran 16 juta Rupiah.

2. Honda U-GO

Honda U-GO rilis di Jepang Agustus 2021 lalu, sudah dipasarkan di Tiongkok, dan akan menuju India dalam waktu dekat. Sayangnya, belum terdengar kabar kapan akan rilis di Indonesia.

Desain motor imut namun memiliki lekukan yang futuristik, dengan bobot 83 kilogram, serta baterai     Lithium Ion 1,44 kW.

Lampu utama dan DRL (Daytime Running Light) berteknologi LED, sehingga bersinar terang meski lampu rem serta sein bagian belakang kecil. Skuter ini tersedia dalam 2 varian, standar dan low.

Untuk varian standar, spesifikasi motor listrik Honda U-GO memiliki mesin berdaya 1.200 W, dan mengklaim bertenaga 1.8 kw. Jarak tempuh skuter hingga 130 km dengan kecepatan maksimal 53 km/jam.

Sedangkan varian low mesin memiliki daya 800 Watt dan tenaga 1.2 kw. Motor dapat melaju dengan kecepatan maksimal 43 km/jam, dan jarak tempuh 65 km. Honda U-GO untuk varian standar dibanderol sekitar 17,3 juta Rupiah.

3. PCX Electric

Honda PCX populer dengan desain mewah dan mesin ramah lingkungan, dan PCX Electric adalah versi tenaga listrik-nya.  Bentuk fisik elektriknya mirip versi konvensional, dengan sedikit sentuhan sporty dan trendy pada desainnya.

Untuk lampu utama, sein, daytime running light dan stop lamp, sudah berteknologi LED. Skuter ini memiliki dua unit baterai lithium-ion portable masing-masing 50,4V yang dipasang serial dengan densitas tinggi.

Kedua baterai tersebut memiliki sebutan Honda Mobile Power Pack dengan daya tempuh 69 km dalam sekali pengisian penuh. Mesin memiliki daya 4.200 watt, dengan kecepatan 60 km/jam.

Sayangnya, PCX Electric baru melewati tahap uji coba dengan Gojek, layanan transportasi online untuk mengangkut penumpang.

Meski motor ini belum beredar di pasar Indonesia, namun sudah tersedia dalam bentuk penyewaan. Kisaran harga sewa 1,9 juta Rupiah per bulan, dan minimal masa sewa satu tahun.

4. Honda MS01

Honda MS01 rencananya ada di pasar khusus di Tiongkok, dan baru hadir model versi produksinya pada event Tokyo Motor Show tahun 2022.

Mengambil basis motor dengan konsep EV-Cub, motor ini mendapat julukan Honda Cub masa depan karena memiliki bentuk unik, seunik namanya.

Tampilan mungil dan rampingnya memang cocok untuk membelah jalanan perkotaan Tiongkok dengan kemacetannya, atau jalan alternatifnya yang sempit.

Meski Honda belum memberikan spesifikasi motor listrik Honda tipe ini secara resmi, namun kecepatan maksimal MS01 bisa mencapai 25 km/jam. Sementara daya tempuh mencapai 65 km ketika baterai terisi penuh.

Honda MS01 memiliki banderol dengan kisaran harga Rp11 jutaan di Tiongkok.

5. Honda U-Bee Cross 2022

Spesifikasi motor listrik Honda U-Bee Cross 2022 juga belum resmi resmi rilis, namun rencananya akan dipasarkan di Tiongkok. Skuter ini mengklaim mampu untuk off road, keluar  dari jalanan ibu kota yang identik dengan aspal mulus.

Desainnya kompak namun tetap garang dengan ban dual purpose, seolah menantang penggunanya untuk berpetualang ke pelosok.

Bobotnya yang hanya 54 kg, skuter ini tergolong ringan. Dengan baterai terisi penuh, daya tempuh mencapai 85 km dan kecepatan 25 km/jam. Honda U-Bee Cross 2022 ini juga memiliki banderol pada kisaran 11 juta Rupiah.

6. Spesifikasi Motor Listrik Honda CR Electric

Honda CR Electric merupakan motor trail Honda CRF versi listrik, dimana konsepnya sudah dikenalkan sejak tahun 2019 lalu.

Belum ada keterangan resmi dari Honda mengenai detail spesifikasi motor listrik Honda CR Electric, waktu rilis, juga kisaran harganya.

Meski demikian, Honda CR Electric merupakan bentuk pengembangan sepeda motor listrik on-road dan off-road performa tinggi.

Desain motor bahkan rangka alumuniumnya tampak serupa dengan Honda CRF konvensional model CRF 250cc dan 450cc, hanya berganti mesin listrik.

Tampilan bodi plastik dengan kombinasi warna merah-biru-putih yang khas tetap mereka pertahankan. Bahkan rantai, gear penggerak, upside-down, monoshock showa terlihat menopang kedua roda.

Di jantung pacu ada kepala silinder dan crankcase, berisi baterai Maxwell Li-ion yang bisa pengguna lepas-pasang. Namun rumornya, teknologi dapur pacu sama seperti superbike Mugen Shinden, motor listrik pada ajang Isle of Man TT 2017 lalu.

Baterai yang motor gunakan adalah lithium-ion 370 volt dengan tenaga 160,9 daya kuda dan torsi 210 Nm. Honda CR Electric sudah melalui proses tes di track milik Honda dan hasilnya cukup  memuaskan serta berfungsi sebagaimana mestinya.

7. Honda Benly e:

Seri e: Business Bike Honda ini memiliki penulisan nama yang unik, juga bentuk dan kegunaan yang berbeda dari lainnya. Seri e: baru akan rilis di Tiongkok dan Thailand dalam waktu dekat, namun belum ada informasi resmi mengenai rilis di Indonesia.

Honda Benly e: merupakan motor listrik khusus yang diperuntukkan mengantar paket. Tersedia empat varian dan spesifikasi motor listrik Honda yang berbeda, Benly e: I, Benly e: I Pro, Benly e: II dan II Pro Sport.

Benly e: I dan Benly e: I Pro sudah membawa motor listrik 2,8 kW dan torsi maksimum 12 Nm. Dengan kondisi baterai penuh, daya tempuhnya 87 km, dan kecepatan maksimum 30 km/jam.

Sedangkan Benly e: II dan II Pro Sport mengusung motor listrik 4,2 kW dan torsi maksimum 15 Nm. Daya tempuh model ini lebih pendek, hanya 43 km, namun kecepatan maksimalnya mencapai 60 km/jam.

Seri e: diprediksi akan memiliki nilai pada kisaran harga 76-80 juta Rupiah.

Spesifikasi motor listrik Honda di atas memang belum semuanya rilis atau dijual di Indonesia, tapi bisa Anda jadikan referensi. Tak ada salahnya mempersiapkan tabungan dari sekarang, bukan?

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment