Dinamo mobil listrik

Berbagai Dinamo Mobil Listrik Kategori Skala Kecil

Mochamad Ikhwana

Dinamo mobil listrik merupakan salah satu komponen penting yang ada dan harus ada dalam bagian-bagian mobil listrik. Pada mobil listrik, dinamo biasanya juga disebut dengan nama motor traksi.

Peran dari dinamo sendiri sangatlah penting karena berfungsi sebagai pemberi daya yang akan memutar transmisi serta juga memutar roda sehingga pada akhirnya mobil bisa melaju.

Hingga saat ini terdapat cukup banyak jenis maupun tipe dari mobil traksi yang ada di pasaran. Namun sejauh ini jenis motor traksi Brushless DC Traction Motor atau BLDC adalah salah satu jenis motor traksi yang paling banyak teraplikasikan di mobil listrik.

Tetapi kali ini kami akan mengulas mengenai dinamo mobil listrik yang ada pada kendaraan roda empat khususnya mobil listrik skala kecil. Pada umumnya mobil listrik berskala kecil ini wujudnya seperti Gokart atau kendaraan yang biasanya ada di wahana dan sejenisnya.

Namun sebelum itu mari kita simak pembahasan mengenai kelas kecil dan kelas sedang terlebih dahulu.

Kelas Kecil dan Sedang dengan Bobot 100 Hingga 200 KG (Termasuk Penumpang)

Ulasan untuk kelas kecil ini hanya cocok bagi kendaraan listrik berupa gokart yang memiliki bobot sekitar 100 sampai 200 kg. bobot tersebut harus sudah termasuk dengan penumpang. Adapun model kendaraan lainnya bisa masuk juga asalkan memenuhi ketentuan dan bobonya sesuai.

Masih banyak orang yang salah paham mengenai daya motor yang cocok mereka gunakan. Misalnya pada daya 800W itu bukan berarti kecepatannya 80 km/jam. Kemudian ada pula yang salah paham bahwa motor 800W mampu untuk menggerakkan mobil CRV, ini tidaklah tepat.

Oleh karena itu agar lebih pahamnya, Anda bisa menyimak beberapa pembahasan singkat dari Techsbright mengenai dinamo mobil listrik berikut ini.

1.    Motor Brushed DC 250W

Pertama ada dinamo mobil listrik skala kecil yang berjenis motor brushed DC yang memiliki daya kurang dari 250W. Kebanyakan dinamo ini penggunaannya untuk dinamo mobil listrik anak atau mainan anak-anak karena hanya memiliki kecepatan sekitar 25-30 km/jam saja.

Motor brusher DC ini merupakan dinamo mobil listrik yang kurang cocok jika untuk kendaraan dengan kecepatan 40 km/jam ke atas dengan torsi sangat rendah di 10Nm ke bawah, rpm-nya 200-800 rpm.

Harga dinamo Motor brusher DC ini mulai dari 500 ribuan di harga terandahnya hingga harga 700 ribu yang paling bagus. Sedangkan untuk kontrollernya mulai harga 400 ribuan.

2.    Motor BLDC Hub 350W

Jenis yang satu ini cukup unik karena motor BLDC hub 350W yang menyatu langsung dengan velg roda. Hal ini memberikan keuntungan karena lebih simple juga praktis dalam pemasangannya. Selain itu juga memiliki tingkat efisiensi yang cukup tinggi. Torsi pada dinamo mobil listrik model hub motor juga lebih besar.

Dengan daya-nya yang sebesar 350W ini sebenarnya umum untuk penggunaan di sepeda listrik. Jika kendaraan memiliki bobot 200 kg maka dianjurkan untuk sebaiknya menggunakan dua buah motor hub 350W dan wajib dengan dua controller-nya.

Dari segi harga, motor hub 350W ini harga barang barunya kisaran 1,8 jutaan. Sedangkan untuk pasar seken atau bekasnya berkisar mulai harga 950 ribuan.

Motor BLDC hub 350W memiliki top speed hingga 40-45 km/jam. Untuk torsinya sekitar 20-30 Nm sedangkan putarannya sekitar 350-400 rpm.

Penggunaan motor jenis ini kebanyakan umum untuk mobil listrik prototype sebuah perlombaan seperti SEM dan KMHE demi mengejar efisiensinya.

Agar menghasilkan perform yang bagus dan maksimal, sebaiknya motor BLDC hub 350W ini Anda pasang dengan posisi di tengah, lalu gunakanlah gir dan rantai.

3.    Motor BLDC Hub 800W

Selanjutnya ada dinamo mobil listrik jenis motor BLDC hub 800W. Jika kita lihat secara umum, antara motor BLDC hub 500W dengan motor BLDC hub 800W memiliki banyak kemiripan bahkan hampir sama. Hal ini karena ada beberapa pabrik yang memproduksi motor hub 800W dan motor hub 500W dengan spesifikasi yang sama.

Motor ini memiliki top speed 45-50 km/jam, dengan 500 rpm serta torsi di 40 Nm. Harga untuk motor BLDC hub 800W ini kurang lebih 2,6 jutaan. Sedangkan untuk pasar seken/bekasnya harga dinamo mobil listrik ini berada di harga 1,3 jutaan.

Jika bobot kendaraan Anda mencapai 200 kg, maka kami anjurkan untuk sebaiknya menggunakan motor ini minimal dua unit agar kinerjanya lebih maksimal.

4.    Motor BLDC Hub 1000W

Untuk motor BLDC hub 1000W ini biasanya kita gunakan untuk mobil listrik pada keperlan KMLI. Controller yang kita pakai berdaya 2000W atau bahkan lebih besar lagi.

Harga dari motor BLDC hub 1000W pada kelas mobil sudah terbilang mulai tinggi harganya. Harga motor hub 1000W baru sekitar 3 jutaan. Adapula yang sampai 6,5 jutaan sudah dapat komplit beserta kontrollernya juga

Sedangkan untuk pasar bekasnya masih jarang kita temui saat ini. Hal ini karena penyebabnya masih sedikit jumlahnya orang yang memiliki motor listrik dengan watt yang besar.

Dinamo mobil listrik jenis Motor BLDC hub 1000W ini memiliki top speed mencapai 60 km/jam. Sedangkan putarannnya bisa mencapai 600 rpm dan torsinya sekitar 50 Nm.

5.    Motor BLDC Disk Motor 800W-1000W

Jika sebelumnya adalah motor 1000W model hub, kali ini motor 800W-1000W model disk. Model motor ini merupakan motor yang model poros tengahnya yang berputar.

Kendaraan yang cocok dengan jenis motor ini adalah seperti mobil cargo, mobil golf, rick saw, motor beroda tiga dan mobil lainnya yang sejenis serta memerlukan power yang cukup besar namun tidak menuntut kecepatan yang tinggi.

Walaupun motor BLDC disk ini adalah dinamo mobil listrik yang memiliki power watt sebesar 800W-1000W, tetapi top speednya hanya bisa mencapai 15-25 km/jam sebagai kecepatan maksimalnya.

Akan tetapi motor ini memiliki power torsi yang sangat kuat. Memang rancangan motor ini cocok untuk penggunaan di mobil golf yang memiliki bobot 300 Kg lebih. Maka dari itu mesin mobil listrik bisa tetap kuat bergerak walau naik turun bukit dan jalanannya berupa rumput atau pun tanah.

Harga dari motor BLDC disk 800W-1000W masih berada di kisaran harga 2,6 jutaan dalam kondisi baru. Sedangakan untuk harga kontrollernya adalah kisaran 700 ribu hingga 1,2 jutaan.

Penggunaan motor ini hanya cukup satu unit saja dalam 1 mobil wahana seperti mobil golf. Walaupun cukup berat kapasitasnya, motor ini sudah mampu meggerakkan hanya dengan satu unit saja.

Demikianlah beberapa jenis dinamo mobil listrik skala kecil, seperti yang kita gunakan untuk gokart hingga mobil wahana lainnya. Semoga membantu Anda untuk sedikit memahami mengenai dinamo mobil listrik roda empat berskala kecil.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment