dinamo motor listrik

Simak, Tips Membedakan dan Merawat Dinamo Motor Listrik agar Awet

Mochamad Ikhwana

Mungkin Anda sudah mendengar tentang Penggunaan motor listrik yang saat ini sedang popular di tengah masyarakat. Akan tetapi, masih banyak orang yang kesulitan membedakan kualitas hingga tidak mengetahui cara merawat dinamo motor listrik.

Padahal motor listrik ini sudah hadir sejak lama dengan banyak merek dan jenis yang menarik serta harga yang berbeda-beda. Tentu motor listrik akan mudah mengalami kerusakan jika tidak paham cara merawatnya dengan baik dan benar.

9 Cara Membedakan Kualitas Dinamo Motor Listrik

Apakah motor listrik pakai dinamo? Tentu saja motor listrik menggunakan dinamo untuk menggerakan mesin pada motor listrik. Sudah banyak merek dan jenis dinamo untuk motor listrik yang beredar sehingga Anda harus tahu cara membedakan antara dinamo berkualitas atau tidak.

1.      Torsi

Tips untuk membedakan kualitas generator pada motor listrik bisa Anda lihat dari nilai torsi atau besaran Nm pada generator tersebut. Perlu Anda ketahui, setiap generator memiliki model atau bentu dan watt yang sama tetapi nilai Nm berbeda-beda.

Generator yang bagus dan berkualitas adalah dinamo motor listrik yang memiliki nilai torsi Nm yang lebih besar. Anda bisa melihat nilai besaran Nm dari datasheet motor listrik atau informasi spesifikasi dari produk tersebut

2.      Efisiensi

Meskipun sudah banyak merek dan model generator khusus motor listrik yang beredar di pasaran tetapi tidak bisa membeli secara sembarangan. Tentu Anda harus tahu cara membedakan kualitas dinamo agar mendapat yang terbaik untuk motor listrik kesayangan.

Anda bisa membedakan dari efisiensi dinamo, semakin tinggi nilai efisiensi pada generator motor listrik tentu semakin bagus kualitasnya. generator dengan kualitas bagus adalah generator yang memiliki nilai output power yang mendekati nilai input power.

3.      Ketahanan Kerja Amper

Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk membedakan kualitas generator sehingga tidak perlu khawatir salah pilih. Terlebih saat ini sudah ada banyak merek dan model generator yang menawarkan kualitas terbaik dengan harga termurah.

Dinamo motor listrik yang bagus dan berkualitas bisa terlihat dari ketahanan kerja amper yang tercantum pada datasheet. Pasalnya, nilai ketahanan kerja amper yang tinggi menunjukkan bahwa generator tersebut bagus untuk motor listrik.

4.      Tinggi Magnet

Memiliki motor listrik tentu menjadi idaman sebagian besar orang karena bentuknya yang unik hingga bahan bakar yang irit. Namun, motor listrik akan lebih mudah rusak jika salah memilih generator yang murah dan tidak berkualitas.

Sebelum membeli generator untuk motor listrik tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti tinggi magnet dinamo. Semakin tinggi angka magnet, maka semakin bagus kualitas dari generator tersebut sehingga tidak mudah merusak motor listrik.

5.      Nilai KV

Nilai Kv juga bisa menjadi bahan untuk menentukan kualitas suatu generator yang akan Anda pasangan pada motor listrik. Pasalnya, Kv menjadi nilai satuan dari performa motor BLDC ECS yang bisanya berguna untuk aeromodeling.

Cara menghitung nilai Kv tergolong mudah, dengan membagikan nilai maksimal RPM generator dengan volt tegangan kerja dinamo motor listrik. Nilai Kv yang tinggi menunjukkan bagus atau berkualitas dan cara ini sangat akurat untuk membandingkan dua BLDC serupa.

6.      E RPM

E RPM atau electronic RPM bisa membantu Anda dalam membedakan kualitas generator pada motor listrik sehingga tidak salah pilih. Cara untuk mendapatkan E RPM adalah dengan mengkalikan RPM maksimal motor dengan jumlah pole pair.

Jika generator beda RPM dan beda pole pair masih boleh Anda lakukan komparasi, cara tersebut termasuk cara akurat membedakan kualitas dinamo. Generator yang memiliki pope pair banyak dan RPM tinggi memang paling bagus sehingga wajar jika harganya mahal.

7.      Bahan inner Core

Untuk membedakan kualitas generator pada motor listrik Anda bisa melihat dari beberapa aspek penting, salah satunya bahan inner core. Bahan inner core terbagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu besi plat, alumunium, dan alumunium core dan laminasi kumparan luas.

Dinamo motor listrik yang bagus adalah yang menggunakan bahan alumunium core dan laminasi kumparan luas. Dan untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa meminta pabrik atau dealer melihat bagian dalam generator tersebut.

8.      Volume dan Bobot

Dengan menganalisa bobot dan volume juga bisa Anda lakukan untuk menentukan kualitas dari generator tersebut. Pasalnya, dengan menganalisa tentu Anda akan lebih tahu mengenai banyak atau sedikitnya bahan yang tertuang dalam produk.

Dinamo berkualitas baik jika menggunakan banyak bahan sehingga wajar jika harganya cukup tinggi di pasaran. Akan tetapi, cara ini tidak terlalu akurat dalam membedakan kualitas generator karena baterai lithium ion harganya mahal tetapi bobotnya ringan.

9.      Seri N

Kualitas magnet bisa menjadi faktor yang mempengaruhi performa dari generator, bahkan berlaku untuk semua jenis generator. Seperti magnet yang menggunakan bahan biasa akan berbeda dengan magnet yang menggunakan bahan Neodymium.

Meskipun sama-sama menggunakan bahan Neodymium belum tentu juga kualitas generator tersebut sama. Anda bisa melihat dari tinggi nilai seri N yang tertera pada produk, semakin tinggi nilai serimaka semakin bagus dinamo motor listrik tersebut.

3 Tips Merawat Dinamo pada Motor Listrik

Tidak hanya bisa membedakan kualitas dari generator sehingga mendapatkan yang terbaik dan bagus untuk motor listrik. Akan tetapi, Anda juga harus paham cara merawat generator dengan benar agar lebih awet.

1.      Menjaga Kebersihan Dinamo

Tips merawat dinamo sebenarnya mudah apalagi pada motor listrik, Anda cukup perhatikan kebersihan pada komponen tersebut. Biasanya orang-orang menganggap remeh masalah kebersihan yang ternyata dapat memicu kerusakan pada generator.

Pasalnya, akan banyak ancaman yang dapat menyerang kondisi kesehatan mesin pada motor elektrik jika tidak menjaga kebersihan generator. Cara sederhana agar generator tidak mudah kotor adalah memberikan penutup atau segel pada komponen.

2.      Periksa Komponene Secara Rutin

Untuk menjaga dinamo motor listrik agar tetap awet untuk pemakaian jangka panjang tentu Anda harus memperhatikan berbagai hal. Pasalnya, dalam generator terdapat beberapa komponen yang berperan penting dalam menjaga kinerja generator.

Komponen tersebut tentu saja mudah rusak jika tidak Anda periksa secara rutin hingga membuat komponen usang. Komponen akan lebih mudah usang jika Anda lebih sering menggunakan motor listrik sehingga harus memeriksakan secara rutin.

3.      Perhatikan Sabuk Motor Listrik

Sabuk yang terdapat pada generator bisa menjadi pemicu kerusakan lebih cepat baik pada generator atau komponen di dalamnya. Tidak hanya mengancam usia generator atau komponen tetapi bisa mengakibatkan berbagai hal buruk sehingga periksa sabu motor secara berkala.

Sekian cara yang mudah dan benar dari techsbright.com dalam menentukan dinamo motor listrik yang berkualitas serta sesuai dengan enis motor. Selain itu, Anda juga harus merawat motor listrik dengan tepat untuk penggunaan jangka panjang agar tidak mudah rusak.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment