contoh penerapan artificial intelligence

Apa Saja Contoh Penerapan Artificial Intelligence?

Mochamad Ikhwana

Perkembangan teknologi begitu pesat. Tak heran banyak sekali pekerjaan manusia yang tergantikan oleh mesin. Sebuah mesin menggunakan kecerdasan buatan untuk mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan. Lantas, apa saja contoh penerapan artificial intelligence?

Penggunaan Artificial Intelligence

Menurut techsbright.com Terciptanya artificial intelligence atau kecerdasan buatan memiliki tujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari. Maka dari itu banyak industri yang menaruh banyak permintaan pada kemampuan ajaib ini.

Pada layanan kesehatan, kecerdasan buatan dapat memberi pengobatan dan pembacaan sinar X. selain itu, asisten layanan kesehatan pribadi juga dapat bertingkah seperti seorang pelatih yang rajin mengingatkan waktu olahraga, makan makanan sehat, minum pil, hingga jadwal pergi ke dokter.

Sedangkan, pada perbankan artificial intelligence dapat meningkatkan presisi, keefektifan, dan kecepatan upaya manusia. Di lembaga keuangan ini, teknik kecerdasan buatan mampu mengidentifikasi mana transaksi yang berpotensi penipuan, hingga mengadopsi skor kredit akurat.

Jenis Artificial Intelligence

Setelah memahami tentang penjelasan di atas, maka Anda pun juga harus memahami beberapa pembagian jenis. Kecerdasan buatan ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu konvensional dan kecerdasan komputasional (computational intelligence).

Pertama konvensional, ini menggunakan metode yang masuk ke klasifikasi sebagai pembelajaran mesin dengan tanda adanya analisis statistik. Artificial intelligence konvensional juga memiliki nama lain sebagai artificial intelligence simbolis, murni, tingkah laku, dan lainnya.

Sedangkan komputasional, yaitu ditekankan pada pengembangan atau pembelajaran literatif. Pembelajaran tersebut menaruh dasar pada data empiris yang berasosiasi dengan artificial intelligence non-simbolis, kecerdasan buatan tidak teratur, dan perhitungan lunak.

Berikut Ini Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Artificial intelligence adalah perangkat lunak canggih yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan preferensi manusia. Kemampuan ini bertujuan untuk memudahkan aktivitas manusia serta menyelesaikan permasalahan harian. Berikut ini beberapa contoh penerapannya:

1.      Filter Email

Perusahaan Google memakai kecerdasan buatan untuk memastikan bahwa semua email yang masuk ke kotak masuk bersifat asli. Filter email akan berupaya mengurutkan email ke dalam beberapa kategori seperti utama, promosi, sosial, forum, pembaruan, dan spam.

Untuk pola kerjanya adalah Gmail akan mengurutkan email menjadi 4 kategori yang berbeda serta menaruh email spam ke folder terpisah. Selain itu, Google juga mengklaim bahwa filter berbasis artificial intelligence dapat mencegah lebih dari 99% spam yang masuk ke kotak masuk email.

2.      Discovery Weekly

Bagi pecinta musik tentu sudah tidak asing dengan Spotify. Aplikasi pemutar lagu ini menggunakan kemampuan kecerdasan buatan pada sistemnya. Spotify meliris Playlist Discover Weekly pada tahun 2015 yang mampu menggabungkan berbagai rekomendasi lagu.

Artificial intelligence akan menganalisis lagu yang telah didengarkan sebelumnya. Setelah itu, Discover Weekly di aplikasi Spotify akan menampilkan berbagai pilihan rekomendasi musik sesuai selera pendengarnya. Tentunya setiap akun memiliki rekomendasi berbeda pula, ya.

3.      Kinerja Sosial Media

Contoh penerapan artificial intelligence berikutnya ada pada sosial media. Di zaman sekarang, semua orang tentu memainkan sosial media. Maka secara tidak langsung mereka telah berhadapan dengan kecerdasan buatan yang mampu mempermudah pencarian teman.

Kecerdasan buatan akan membantu pengguna menemukan dan berkomunikasi dengan teman melalui sosial media. Contohnya pada aplikasi LinkedIn dimana artificial intelligence akan mencocokkan kandidat dengan pekerjaan yang sesuai dengan harapan terjadinya kecocokan tinggi.

4.      Navigasi

Navigasi dan travel memiliki sangat banyak pengguna di zaman sekarang, terutama transportasi online. Google ataupun Apple bersama dengan layanan navigasi lain memakai kemampuan kecerdasan buatan untuk menerjemahkan ratusan ribu titik data yang mereka terima.

Tentunya hal tersebut memiliki tujuan untuk memberi pengguna data lalu lintas secara waktu nyata. Ketika seseorang memesan ojek online, harga dan kendaraan yang cocok dengan permintaan juga akan artificial intelligence tentukan. Inilah mengapa kecerdasan buatan berperan sangat penting.

5.      Asisten Virtual

Saat ini, ada banyak sekali penyedia asisten virtual seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant. Manusia dapat melakukan interaksi dengan asisten virtual mereka dengan mudah. Selain itu, mereka akan mencatat kapan pemiliknya memiliki janji atau acara dan mengingatkan ketika waktunya tiba.

Tak hanya itu, asisten virtual juga bisa menerima perintah untuk melakukan pengiriman pesan, membuka aplikasi, memutar musik, dan lain sebagainya. Bentuk kecerdasan buatan tersebut akan terus mengenali apa yang pemiliknya suka dan apa yang biasa mereka lakukan sehari-harinya.

6.      DeepFace

DeepFace merupakan fitur milik Facebook yang juga menggunakan kemampuan artificial intelligence. Mereka mampu mengenali wajah orang dari sebuah postingan foto saja. Maka dari itu pengguna Facebook tidak perlu lagi menandai seseorang pada foto secara manual.

Artificial intelligence mampu mengenali setiap foto karena telah terlatih berdasarkan data. Data tersebut tersimpan ketika pengguna Facebook menandai orang di foto sebelumnya dari hasil saran. Setelah kecerdasan buatan tersebut menyimpan banyak data, mereka mampu mengidentifikasi foto.

7.      E-Commerce

Sekarang, orang bebas berbelanja tanpa perlu berjalan keluar rumah. Dengan bermodalkan hp, mereka bisa dengan mudah memesan daftar barang belanjaan melalui e commerce saja. Nah ternyata, e-commerce juga menggunakan kemampuan artificial intelligence, lho.

Konsep penerapan penggunaan kecerdasan buatan pada e-commerce adalah adanya rekomendasi produk yang tampil di halaman e-commerce. Apabila pengguna sering berbelanja di salah satu toko online, akan muncul berbagai tampilan produk rekomendasi untuk mereka.

8.      Layanan Konsumen

Pada bisnis, artificial intelligence berperan penting dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dengan memberi pelayanan terbaik secara maksimal. Caranya yaitu dengan membuka layanan konsumen secara waktu nyata selama 24 jam satu hari.

Dengan adanya layanan tersebut, kebutuhan konsumen dapat terpenuhi kapan saja tanpa perlu mengeluarkan kocek berlebih. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu menggunakan karyawan tambahan.

9.      Peningkatan Penjualan

Bagi pemilik usaha, untuk meningkatkan penjualan juga dapat memanfaatkan kemampuan artificial intelligence, lho. Salah satu contoh kecerdasan buatan dalam penjualan adalah dengan optimalisasi iklan menggunakan Google Ads Express. Cara tersebut mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak dana.

Dalam penerapannya, kecerdasan buatan akan membantu pemilik usaha dalam berbagai hal. Di antaranya yaitu menambah keterikatan konsumen dengan produk, meningkatkan jumlah pelanggan, memperluas pasar, meningkatkan loyalitas, hingga memperbanyak jumlah penjualan.

10.  Pengolahan Data

Setiap perusahaan tentu perlu analisis dan mengolah data dengan sebaik mungkin. Hal tersebut diperlukan demi meningkatkan produksi dan penjualan yang akan mendatangkan keuntungan berlebih. Mengingat kedua hal tersebut cukup rumit, artificial intelligence hadir untuk mempermudah.

Kecerdasan buatan mampu membantu tercapainya target perusahaan dalam melakukan analisis dan pengolahan data. Mereka bisa membantu dalam hal mempelajari tren pasar, mengumpulkan data perilaku pelanggan, menghitung peluang belanja konsumen, dan masih banyak lagi.

Nah itu dia beberapa contoh penerapan artificial intelligence yang sebenarnya sangat dekat dengan kegiatan sehari-hari. Dari berbagai uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kecerdasan buatan dapat sangat membantu kehidupan manusia.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment