spesifikasi motor listrik Viar

Spesifikasi Motor Listrik Viar New Q1, Lengkap dengan Harga

Mochamad Ikhwana

Seiring dengan gencarnya gerakan ramah lingkungan, brand otomotif asal Indonesia, Viar menggandeng Bosch untuk merilis sepeda motor listrik. Meski sudah ada sejak 2017, tetapi baru-baru ini kembali viral spesifikasi motor listrik Viar, lengkap dengan harga.

Salah satu motor listrik Viar yang booming di pasaran adalah tipe Q1 yang sempat mendapat perombakan di tahun 2019 lalu. Setelah proses pembaruan tersebut, kini motor listrik ini lebih dikenal dengan sebutan New Q1.

Spesifikasi Motor Listrik Viar Versi Terbaru

Sesuai harapan, New Q1 mendapat respon cukup positif dari para penggemar sepeda motor, terutama berbasis listrik. Daripada penasaran, Berita Teknologi Techsbright akan akan memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi dan keistimewaan pada motor listrik Viar tersebut:

1.      Desain

Saat pertama kali melihat New Q1, kesan yang tersampaikan adalah simpel, lucu, dan imut. Ukurannya yang tidak terlalu besar, yakni hanya 1680 x 690 x 1220 milimeter saja. Jarak sumbu rodanya juga hanya 1060 mm membuat bagian body tampak lebih ramping.

Tenang, meski terbilang motor imut, tetapi kesannya tidak terlalu feminin. Sebab, Viar juga melengkapi New Q1 dengan kesan retro dan stylish, sehingga tetap cocok untuk pengendara pria.

2.      Pilihan Warna

Jika dulu Viar Q1 hadir hanya dengan warna putihnya yang netral, pada versi terbarunya ini sudah lebih variatif. Dalam spesifikasi motor listrik Viar ada 6 pilihan warna, yakni snow white, shining red, prestige black, bright yellow, royal blue, dan terakhir sweet green.

Setiap warna tersebut mempunyai keunikan tersendiri, tinggal sesuaikan saja dengan warna favorit. Dengan begitu, sepeda motor dan pengendara menjadi terlihat lebih matching. Namun apapun pilihan warnanya, Viar New Q1 tetaplah memesona.

3.      Roda dan Kaki-Kaki

Demi melengkapi kenyamanan, Viar membekalinya sepasang roda tubeless dengan ukuran 90/90-10 berikut velg racing. Di spesifikasi motor listrik Viar tertera, jika bagian kaki-kaki New Q1 menggunakan suspensi tipe Telescopic di bagian depan.

Suspensi ini mempunyai beberapa kelebihan, seperti perawatan yang lebih mudah serta mampu melalui medan offroad dengan anggun. Selain itu, dari segi kekuatan pun sangat baik, sehingga motor dapat menopang bobot yang lumayan berat.

Sementara itu, suspensi belakang menggunakan Double Swing Shock Absorber.  Dari segi ketahanannya dalam menahan guncangan, tentu bukan lagi tandingan.

Biasanya, double shock membuat tampilan motor jadi terkesan jadul, tetapi berbeda dengan New Q1. Di tangan-tangan terampil, suspensi ini terbukti tidak memengaruhi penampilan, tetapi justru menambah kesan retro modern yang tidak berlebihan.

4.      Performa

Tak kalah menarik dari bagian desain, spesifikasi motor listrik Viar juga menunjukkan performanya yang juara. Dalam kondisi baterai penuh, New Q1 bisa melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Hal ini berkat mesinnya yang bermodalkan motor Bosch, sehingga mampu menempuh jarak 60 kilometer untuk satu baterai. Dengan performa sebagus ini, Viar New Q1 cocok untuk menemani aktivitas harian.

5.      Sistem Pengereman

Dari sisi keamanan, motor listrik ini memiliki sistem pengereman Hydrolic Disk Brake atau cakram, baik di bagian depan maupun belakang.  Jenis rem ini termasuk ringan, ekonomis, dan lebih efisien.

Bentuknya yang ringkas mampu membuat penampilan sepeda motor semakin tampak stylish dan sporty. Pada sepeda motor Viar New Q1, rem cakram tersebut terlihat begitu pas dan serasi dengan ukuran roda beserta velg-nya.

6.      Spesifikasi Motor Listrik Viar: Baterai

Sebagai motor listrik, tentu saja sumber dayanya tidak mengandalkan bahan bakar minyak, melainkan energi listrik. Untuk menyuplai kebutuhan energi tersebut, Viar membekalinya dengan dua buah baterai Lithium-ion battery 60v 23AH.

Baterai tersebut mempunyai kapasitas maksimal 2 Kwh dengan daya ketahanan mulai dari 800 sampai 1000 siklus pengisian. Kedua baterai tersebut mendapat dukungan dari teknologi BMS atau Battery Management System.

Teknologi ini akan memantau arus listrik, tegangan, serta suhu baterai dalam waktu bersamaan. Satu baterai mampu menempuh jarak 60 kilometer, maka saat keduanya terisi penuh total tempuh menjadi 120 km.

Untuk mengisi daya sendiri, motor sudah dilengkapi dengan charger khusus. Dari kondisi baterai benar-benar kosong (0%), hanya butuh waktu sekitar 4 sampai 5 jam untuk mengisinya sampai 100%.

Adapun cara mengecasnya, yakni sambungkan kabel charger ke soket pengisian baterai yang ada di motor terlebih dahulu. Pastikan sambungannya sudah benar, baru colokan kepala charger ke stop kontak.

7.      Fitur-Fitur Bawaan

Spesifikasi motor listrik Viar mencatat ada beberapa fitur bawaan yang sangat membantu pengendara. Sebagai salah satu pemula di bidang motor listrik, hal ini memang patut untuk diapresiasi. Nah, berikut adalah beberapa fitur unggulannya:

  • Emergency throttle position: tombol pengganti tuas gas, apabila versi aslinya rusak
  • Tombol P atau parking: memberi tahu bahwa motor sedang parkir, sehingga tidak akan bisa dijalankan
  • USB charging port: berfungsi untuk mengisi baterai gadget
  • Full digital indicator: menunjukkan kecepatan serta daya sisa baterai

Harga Viar New Q1

Melansir dari laman resmi Viar, kini banderol sepeda listrik New Q1 mencapai harga 18 hingga 20 juta rupiah. Sementara untuk harga bekasnya sendiri, belum tercantum dalam spesifikasi motor listrik Viar.

Banderol di atas merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta, sehingga kemungkinan terjadi perbedaan di lapangan pasti ada. Apalagi jika pembeliannya menggunakan sistem kredit, tentu harganya akan lebih tinggi.

Selain itu, konon nilai pajak tahunan dari Viar New Q1 lebih ringan daripada motor pada umumnya. Menurut informasi yang beredar di berbagai media, tarifnya hanya sekitar 200 sampai 300 ribuan saja setiap tahun.

Kelebihan Viar New Q1

Jika bersanding dengan motor matic biasa, mungkin Viar New Q1 akan tampak lebih mahal. Namun sebenarnya harga tersebut masih sangat terjangkau, apalagi menurut spesifikasi motor listrik Viar ini mempunyai beberapa kelebihan, seperti:

  • Tidak terdapat knalpot, karena memang tidak mengeluarkan gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan dan aman untuk anak-anak
  • Handling sangat ringan dan cukup mudah untuk bermanuver di jalanan, karena bodinya sendiri memang compact
  • Pengisian ulang baterai praktis, tidak memerlukan alat tambahan apapun
  • Lampu depan serta belakang motor sudah menggunakan LED, sehingga menambah kesan stylish dan tentu saja lebih terang
  • Daya tahan roda lebih lama dan perawatan juga mudah, karena menggunakan tubeless
  • Sistem pengereman sudah cakram, baik di bagian depan maupun belakang
  • Aman untuk melintas saat hujan, karena setiap komponennya sudah tersertifikasi IP 4 (waterproof)
  • Dalam genangan banjir, motor masih mampu melaluinya dengan maksimal ketinggian air 30 centimeter
  • Minim perawatan, penggantian oli, maupun sparepart seperti rantai, busi, kampas kopling, dan lain-lain
  • Nyaman untuk berkendara, karena tidak ada getaran dan bobotnya lebih ringan

Selain berbagai kelebihan di atas, setiap pembelian 1 unit sepeda motor Viar New Q1. Pembeli akan mendapatkan garansi pabrik selama satu tahun untuk komponen motor, charger, baterai, dan ECU.

Jika melihat spesifikasi motor listrik Viar di atas, New Q1 memang high recommended untuk pemakaian di sekitar lingkungan saja. Sebab, untuk jarak jauh pengendara perlu bolak-balik mengisi daya dan ini akan memperpendek usia baterai.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment